• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Luka Bakar karena Sinar Matahari? Ini 7 Tips Mengatasinya

Luka Bakar karena Sinar Matahari? Ini 7 Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bagi kamu yang gemar berjemur di pantai, sebaiknya jangan pernah abai dengan ancaman teriknya sinar matahari. Alasannya jelas, sinar matahari bisa menimbulkan beragam masalah pada kulit. Salah satunya bisa menyebabkan kulit terbakar. 

Bukan cuma berjemur di pantai saja, seseorang yang sering terpapar sinar matahari juga perlu waspada. Sebab terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko kulit terbakar. 

Nah, andaikan kondisi ini terjadi, bagaimana sih cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari? 

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

1. Dinginkan Kulit

Mendinginkan kulit dengan segera bisa menjadi cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari. Hal yang perlu ditegaskan, ketika kulit mulai terbakar, segeralah dinginkan kulit selama beberapa waktu. Bagaimana caranya?

Simpel kok, kamu bisa masuk ke dalam kolam dingin, air laut, atau mandi dengan shower untuk meredakan panasnya sengatan matahari pada kulit. Setelah mendinginkan kulit dengan air, kemudian kompreslah luka dengan air dingin. Kamu bisa melakukannya selama 15 menit hingga merasa nyaman. Lalu, segeralah lindungi tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung. 

2. Cukupi Cairan Tubuh

Jangan salah, ternyata luka bakar bisa menarik cairan ke permukaan kulit menjauh dari bagian tubuh lainnya. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, segeralah kembali hidrasi tubuh dengan air putih. Kamu juga bisa mengonsumsi cairan elektrolit agar proses hidrasi berlangsung makin efektif.

3. Lembabkan Kulit

Selain dua hal di atas, cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari juga bisa dengan melembabkan kulit. Kamu bisa kok menggunakan lotion pelembap yang lembut selama beberapa hari ke depan. 

Ingat, jangan sekali-kali melembapkan kulit dengan minyak atau bahan lainnya yang bisa memerangkap panas di dalam kulit atau membuat luka bakar makin memburuk. 

Baca juga: Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

4. Kompres dengan Yoghurt, Teh, atau Susu

Ketiga bahan ini bisa mengatasi luka bakar akibat sinar matahari. Caranya juga mudah. Rendam atau basahi kain bersih dengan susu, teh, atau yoghurt. Kemudian, tempelkan pada bagian kulit yang terbakar. Kompres ini akan menghasilkan lapisan protein yang bisa membantu meringankan rasa perih pada kulit. 

  1. Gunakan Krim atau OBat

Cara mengatasi luka bakar karena sinar matahari juga bisa melalui obat-obatan.  Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin, bisa membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat peradangan kulit. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan, cobalah diskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dihindari saat Mengobati Luka Bakar

Selain obat NSAID, kamu juga bisa menggunakan krim seperti cortisone untuk membantu meringankan pembengkakan pada kulit. Enggak cuma itu, bahan seperti aloe vera juga bisa meredakan luka bakar ringan dan aman bagi kulit. 

  1. Timun yang Dihaluskan

Sayur-sayuran seperti timun kaya akan antioksidan dan antinyeri yang bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar akibat sinar matahari. Bagaimana cara menggunakannya? 

Gampak kok, pertama-tama dinginkan timus lalu haluskan dengan blender. Setelah itu, oleskan timur yang telah dihaluskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Selain timun, kamu juga bisa menggunakan sayur-sayuran lainnya yang banyak mengandung antioksidan.

7. Segera Temui Dokter

Andaikan cara-cara di atas tidak ampuh, segeralah temui dokter, apalagi bila luka bakar disertai demam, menggigil, pusing, dan bingung. Di samping itu, cobalah untuk tidak menggaruk kulit yang melepuh karena dapat menyebabkan infeksi. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi luka bakar akibat sinar matahari? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:

Skin Cancer Foundation. Diakses pada 2020. Sunburn & Your Skin.
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Sunburn.  
Medicine Net. Diakses pada 2020. 30 Natural Home Remedies for Sunburn Treatment.