• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Merawat Kesehatan Kuping Anjing

Tips Merawat Kesehatan Kuping Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai pemilik hewan peliharaan, menjaga kebersihan telinga anjing adalah bagian penting dari perawatannya. Namun, membersihkan telinga anjing bisa susah-susah gampang, apalagi jika kamu baru pertama kali merawat anjing. Beberapa anjing secara alami memiliki telinga yang sehat dan bersih dan mungkin hampir tidak pernah perlu dibersihkan telinganya. Sementara anjing lain perlu dibersihkan telinganya secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi telinga. 

Beberapa anjing ras yang memiliki jenis telinga yang menggantung panjang, seperti Basset Hounds dan Cocker Spaniel adalah contoh ras yang berisiko tertinggi terkena infeksi telinga. Kendati demikian, semua jenis anjing tetap punya risiko infeksi telinga ketika kesehatan kupingnya tidak terjaga. Berikut tips merawat kesehatan kuping anjing yang perlu kamu ketahui. 

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Tips Merawat Kuping Anjing

Memeriksa kesehatan telinga anjing adalah hal yang perlu kamu lakukan secara rutin. Anjing kesayangan kamu mungkin senang jika telinganya digosok saat sehat, tetapi jika ia tiba-tiba menarik diri, bisa jadi kupingnya sedang sakit. Oleh sebab itu, kamu harus mulai belajar untuk menilai kondisinya dengan memijat lembut telinganya. Berikut tips merawat kuping anjing lainnya:

1. Periksa Kondisi Telinga Secara Rutin

Periksa telinga anjing secara teratur setelah mandi. Hubungi dokter hewan apabila kamu curiga anjing kesayanganmu mengalami mengalami infeksi telinga. Kalau kamu butuh bertanya soal hal ini, kini kamu bisa langsung menghubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, lho! Hanya dengan smartphone yang kamu miliki, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja tanpa harus bertemu di klinik. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Selain mencegah infeksi, pemeriksaan telinga secara teratur bertujuan untuk mengidentifikasi masalah lain, seperti tungau telinga dan mencegahnya berkembang semakin buruk.

2. Pilih Pembersih yang Sudah Disetujui Dokter

Hindari membersihkan telinga anjing dengan cairan sembarangan. Larutan pembersih telinga yang disetujui dokter hewan adalah pilihan teraman. Sebagian besar klinik dokter hewan umumnya menyediakan pembersih telinga untuk anjing. Jangan termakan iklan yang sering muncul di media sosial, karena ada beberapa larutan pembersih telinga yang justru mengandung bahan berbahaya, sehingga dapat mengiritasi kuping anjing atau tidak membersihkan kotoran secara efektif. Hindari pula membersihkan telinga terlalu sering karena justru dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga: 3 Penyakit Anjing yang Bisa Menular ke Manusia

3. Bersihkan dengan Cara yang Tepat

Membersihkan kuping anjing tidak boleh dilakukan sembarangan. Membersihkan kupingnya dengan cara yang sembarangan justru bisa membahayakan anjing dan berisiko menyebabkan infeksi. Berikut beberapa trik membersihkan kuping anjing yang perlu kamu ketahui: 

  • Bersihkan telinga anjing saat ia tenang. Hal ini akan membantu proses pembersihan menjadi lebih mudah. 
  • Gunakan camilan atau mainan kesukaannya untuk menarik perhatian anjing dan membuatnya lebih tenang.
  • Gunakan larutan pembersih telinga yang dianjurkan dokter hewan untuk mengisi saluran telinga anjing.
  • Pijat dasar telinga dengan lembut selama sekitar 30 detik. Kamu mungkin akan mendengar suara desisan saat produk mengeluarkan kotoran. 
  • Jangan biarkan ujung aplikator menyentuh telinga anjing karena dapat menularkan bakteri.
  • Biarkan anjing menggelengkan kepalanya. Nah, di sinilah kamu dapat menggunakan handuk supaya terlindung dari semburan kotoran dan menyeka wajahnya. 
  • Ambil bola kapas atau kain kasa dan seka dengan lembut lubang telinganya. Hindari menyeka lebih dalam, kamu bisa menyekanya tidak lebih dalam dari kedalaman satu buku jari. 
  • Jika anjing tampak kesakitan selama proses pembersihan, hentikan dan konsultasikan dengan dokter hewan.

4. Hindari Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hindari menggunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan kuping anjing. Produk rumah tangga biasa ini justru bisa menyebabkan iritasi pada sel kulit yang sehat. Telinga mengandung jaringan yang sangat sensitif dan penggunaan hidrogen peroksida dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan telinga. Hanya gunakan pembersih yang disetujui dokter hewan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memberikan Vaksin pada Anjing?

Itulah beberapa tips merawat kesehatan anjing yang wajib kamu ketahui. Pemilik anjing umumnya cenderung memperhatikan kesehatan bulu anjingnya, terlebih jika anjing yang dipelihara adalah anjing ras. Padahal, semua bagian tubuh anjing wajib kamu perhatikan kesehatannya, termasuk kesehatan kupingnya. 

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Clean a Dog’s Ears.
VCA Hospitals. Diakses pada 2020. Instructions for Ear Cleaning in Dogs.