• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jadi Orangtua Baru, Ini Tips Rawat Bayi Kembar

Jadi Orangtua Baru, Ini Tips Rawat Bayi Kembar

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Momen kelahiran anak pertama memang menjadi momen yang indah bagi keluarga baru. Apalagi jika bayi yang dilahirkan kembar, kebahagiaan rasanya semakin lengkap. Namun, pada kenyataannya menjadi orangtua baru bukan hal yang mudah. Karena masih awam, orangtua bisa kewalahan mengurusnya sehingga menyebabkan kesehatan anak atau bahkan orangtuanya sendiri menurun.

Inilah yang terjadi pada pasangan selebriti Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda. Akibat cuaca yang belakangan ini sedang tidak cukup baik, beberapa waktu lalu kesehatan bayi kembarnya, Zayn dan Zunaira, juga ikut menurun. Bayi kembar mereka terpaksa harus dirawat di rumah sakit akibat terserang flu

Baca juga: Inilah Proses Terbentuknya Anak Kembar

Tidak hanya Syahnaz dan suami saja yang pernah merasakan repotnya mengurus anak kembar. Banyak orangtua baru di luar sana yang juga menghadapi masalah yang sama. Oleh karena itu, ini tips yang mungkin bisa dilakukan untuk meringankan beban selama mengurus bayi kembar.

Buat Jadwal

Jika orangtua dengan bayi tunggal bisa dengan menentukan waktu untuk mandi, menyusui, atau tidur, hal ini tidak berlaku untuk bayi kembar. Melansir Web MD, Jennifer Walker, perawat anak asal Atlanta dan penulis buku The Moms on Call Guide to Basic Baby Care mengatakan saat memiliki anak kembar, segalanya harus sesuai jadwal.

Jika orangtua ingin agar bayi makan dan tidur di saat yang sama, mereka harus dibiasakan untuk itu. Dengan menerapkan jadwal pun, orangtua nanti lebih mudah untuk istirahat dan mengurus dirinya sendiri. 

Berikan ASI Kedua Bayi Sekaligus 

Ibu, berikanlah ASI pada bayi kembar secara bersamaan. Meskipun butuh koordinasi dan kesabaran yang besar, tetapi dengan begini orangtua bisa menyingkat waktu. Jika merepotkan, ibu bisa memberikan ASI yang sudah dipompa dan dimasukkan ke dalam botol susu ke satu bayi, dan satu bayi lagi mendapatkannya langsung melalui payudara ibu. 

Baca juga: 4 Fakta Menarik Seputar Anak Kembar yang Belum Diketahui

Tempatkan Mereka dalam Satu Tempat Tidur

Anak kembar yang baru lahir tentu diperbolehkan untuk berada di dalam  satu tempat tidur yang sama selagi mereka bisa sama-sama tidur dengan nyenyak. Bayi kembar juga bisa tidur lebih nyenyak karena ia tahu bahwa saudaranya dekat.

Jika bayi sudah mulai berguling, banyak bergerak, dan membangunkan satu sama lain, maka sebaiknya tempat tidur mereka segera dipisah. Sementara untuk kursi mobil dan kereta dorong ganda adalah keharusan mutlak untuk bayi kembar yang baru lahir.

Jaga Kebersihan Bayi Kembar dengan Lebih Ekstra 

Faktanya, bayi kembar akan berbagi hampir banyak hal, bahkan kuman. Jika salah satu sakit, bayi yang satunya juga mudah tertular. Orangtua dapat mempertimbangkan untuk memisahkan keduanya jika salah satu bayi terserang penyakit menular setelah lahir. Hal ini karena mobilitas bayi baru lahir sangat kecil sehingga kuman, virus, bakteri untuk berpindah. Orangtua memang tidak bisa mengurangi risiko menjadi nol, tetapi orangtua dapat mengendalikannya dengan lebih baik.

Namun, jika gejala penyakit semakin parah dan bayi makin rewel, jangan tunda untuk memeriksakan mereka di rumah sakit. Supaya tidak repot, ibu bisa terlebih dahulu buat janji dengan dokter anak menggunakan aplikasi Halodoc. Penanganan yang dilakukan sejak dini akan menghindarkan bayi kembar dari kondisi yang tidak diinginkan. 

Lama Kelamaan Akan Jadi Lebih Mudah 

Manju Monga, Direktur Kedokteran Ibu dan Bayi dari University of Texas mengatakan bahwa anak kembar lambat laun akan lebih mudah untuk dirawat. Ini karena mereka memiliki satu sama lain untuk bermain, dan beraktivitas. Biasanya ini dimulai saat anak menginjak usia dua tahun. Jadi, orangtua harus lebih ekstra sabar untuk membesarkan bayi kembar pada masa-masa awal. 

Baca juga: Agar Tumbuh Cerdas, Terapkan 4 Kebiasaan Ini pada Anak

Itulah tips merawat bayi kembar baru lahir yang bisa ibu terapkan. Salah satu yang penting juga adalah untuk selalu meminta bantuan saat mulai merasa kewalahan dalam mengurus anak. Sebab orangtua juga harus tetap sehat, baik fisik dan mentalnya dalam merawat bayi baru lahir.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Things You Didn't Know About Raising Newborn Twins.
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. Carng for Twins.