• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Trik Agar Anak Selalu Semangat Masuk Sekolah

4 Trik Agar Anak Selalu Semangat Masuk Sekolah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Beberapa anak yang rasa ingin tahunya sangat tinggi biasanya lebih semangat untuk bersekolah, bahkan sejak usianya masih belum cukup. Sementara beberapa yang lainnya mungkin kurang antusias ketika waktu masuk sekolah sudah tiba. Namun, jangan hakimi jika anak tampak kurang antusias dan semangat masuk sekolah, ya.

Bukan berarti ia malas, kok. Terkadang ada hal-hal yang mungkin membuatnya merasa kurang nyaman. Misal ketika baru masuk sekolah dasar (SD), terbiasa hanya bermain saja tentu membuatnya merasa canggung jika harus lebih disiplin, mengikuti aturan sekolah, belum lagi berhadapan dengan hal-hal baru di hidupnya. Namun, itulah yang namanya proses. Tugas kamu sebagai orangtua, tentu adalah membuatnya kembali bersemangat lagi.

Baca juga: Jangan Asal, Ketahui Ini Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Buat Anak Semangat Masuk Sekolah dengan Trik Ini

Ada banyak hal yang mungkin membuat anak merasa tidak semangat masuk sekolah. Namun, orangtua jangan lantas “lembek” dan menyerah ketika anak merajuk tidak ingin sekolah. Sebab, tetap saja menempuh pendidikan dan mencari ilmu itu penting bagi bekalnya menuju dewasa. 

Agar anak semangat masuk sekolah, kamu bisa coba trik ini:

1. Banyak Terlibat dalam Urusan Sekolah Anak

Sebenarnya, saat anak akan mulai masuk sekolah, orangtua mau tak mau memang terlibat dalam urusan ini itu yang menyangkut sekolah anak. Namun, terlibat yang dimaksud bukan hanya soal administratif dan antar-jemput saja. Orangtua juga perlu terlibat secara mental, memahami proses adaptasi anak di sekolah dan selalu sigap mengulurkan tangan saat anak kesulitan. 

Misalnya, dengan mendampingi anak belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya. Agar anak semangat dan antusias saat sekolah, kamu juga perlu menunjukkan keantusiasan terhadap kehidupan sekolahnya. Setiap hari, tanyakan apa saja yang terjadi di sekolah, adakah hal lucu dan menyenangkan, adakah hal atau teman yang menyebalkan. 

Namun, jangan buat pertanyaanmu seperti sedang mengintrogasi ya. Sebelum bertanya pada anak ini itu tentang sekolahnya, ceritakan juga bagaimana hari yang telah kamu lewati. Lalu, minta anak cerita tentang harinya. Biarkan ia bercerita tanpa perlu merasa terintimidasi. Jika anak merasa tidak nyaman, jangan memaksanya. Berikan ia ruang, tapi tetap dampingi ia. 

Baca juga: Ini Trik yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Enggak Takut ke Sekolah

2. Jadikan Guru sebagai Teman

Karena kamu tidak mungkin mengamati anak secara penuh di sekolah, percayakanlah semua pada guru. Namun, cobalah akrab dengan guru, minta bantuannya untuk membimbing anak dan memberi tahumu jika ada hal tentang anak di sekolah yang perlu diubah atau ditingkatkan. Jangan lupa juga untuk minta saran pada guru, karena mereka tentu lebih berpengalaman menangani anak usia sekolah. 

3. Biarkan Anak Melakukan Kesalahan

Orang dewasa pun tentu benci jika dituntut untuk selalu sempurna, bukan? Jadi, jangan tuntut anak untuk memiliki kehidupan sekolah, nilai, dan prestasi yang sempurna. Biarkan ia melakukan kesalahan sesekali, tetapi ingatkan dan tetap semangati ia untuk jadi lebih baik lagi. 

Beritahu bahwa kesalahan adalah proses untuk menjadi lebih baik jika ia mau berusaha. Misalnya, jika anak mendapatkan nilai jelek, katakan padanya, “Tidak apa-apa, yang penting kamu sudah berusaha. Nanti belajar sama-sama lagi, yuk!” Sebaliknya, berilah apresiasi jika ia mendapat nilai bagus atau mengalami hal baik lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

4. Minta Bantuan Psikolog Anak

Jika kamu merasa kesulitan untuk membangun ikatan yang kuat dengan anak dan memotivasinya untuk selalu semangat sekolah, tidak ada salahnya untuk mencoba minta bantuan ahli, seperti psikolog anak. Biasanya, psikolog akan menyarankan tips-tips pengasuhan yang bisa kamu coba. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog anak, kapan dan di mana saja. 



Referensi:
Child Mind Institute. Diakses pada 2020. How to Help Your Child Get Motivated in School.
Motherly. Diakses pada 2020. Preschool tips: 5 ways parents can get their kids excited to go to school.
Psych Central. Diakses pada 2020. 6 Ways to Keep Your Kids Excited about School.