• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • AstraZeneca Siap Bulan Desember, Ini Faktanya

AstraZeneca Siap Bulan Desember, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Seperti yang telah diketahui bersama, dari seluruh dunia, ada banyak perusahaan farmasi yang mencoba untuk mengembangkan dan menemukan vaksin virus corona. Kabar kali ini datang dari perusahaan farmasi AstraZeneca. Pihaknya menyatakan jika vaksin yang tengah dikembangkannya ini siap digunakan pada akhir Desember mendatang. 

Informasi terbaru yang didapatkan, pihak perusahaan tengah menunggu persetujuan regulasi. Jika persetujuan tersebut didapatkan, maka vaksinasi sudah bisa dilakukan pada Januari 2021 mendatang. Sebelumnya, perusahaan tersebut sudah melakukan uji coba tahap akhir, yang hasilnya akan keluar akhir tahun ini. Berikut ini fakta tentang vaksin yang dikembangkan perusahaan AstraZeneca.

Baca juga: Tes Swab Antigen pada Anak, Ketahui Hal Ini

Vaksin yang Dikembangkan AstraZeneca Siap Desember Mendatang

Virus corona jenis terbaru yang muncul dan merebak hingga kini membuat sejumlah ilmuwan mengumpulkan data klinis terkait dengan DNA virus, dan informasi penting lain yang dibutuhkan. Nah, salah satu perusahaan pengembang vaksin virus corona adalah AstraZeneca, yang bekerja sama dengan Universitas Oxford. Pihaknya telah menyimpan vaksin dalam keadaan beku untuk mempertahankan waktu simpannya sembari menunggu hasil tes akhir yang telah dilakukan.

Vaksin virus corona belum juga diedarkan karena masih memiliki banyak pertanyaan terkait dengan keefektivitasan bagi semua orang. Pihak AstraZeneca berharap jika vaksinasi yang dilakukan dalam skala besar dapat dilakukan pada bulan Januari 2021 mendatang. Lebih baik lagi jika sudah bisa dilakukan Desember tahun ini. Perusahaan farmasi tersebut berada di garis depan dalam upaya memerangi pandemi virus corona.

Jika hasil vaksin virus corona tahap akhir yang dilakukan berhasil, dan mendapat persetujuan global, maka vaksin tersebut menjadi yang pertama mendapat persetujuan secara global. Lebih lanjut lagi, perusahaan farmasi, seperti AstraZeneca, Pfizer Inc., dan Moderna Inc, berusaha memberikan hasil terbaik dari tes vaksin virus corona yang akan diketahui dalam beberapa minggu mendatang. Jika hasilnya memungkinkan, maka surat izin darurat kemungkinan dapat dikeluarkan sebelum akhir tahun. 

Baca juga: Ketahui Prosedur Tes COVID-19 pada Anak

Hingga saat ini, studi AstraZeneca yang dilakukan di Inggris dan Brazil terus berkembang, dan mendapatkan hasil baik. Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) ingin menunggu hasil uji coba sebelum meninjau lebih jauh mengenai produk vaksin yang akan disebarluaskan. Para ahli percaya jika vaksinasi harus dilakukan secara berulang setiap tahunnya guna memastikan vaksin bekerja dengan baik dalam tubuh seseorang.

Sejauh ini, vaksin yang diproduksi oleh AstraZeneca dibandrol dengan harga 4–5 Dollar AS, tergantung biaya produksi setempat. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk uji klinis global mencapai 1 miliar Dollar AS. Vaksin yang tengah dikembangkan oleh AstraZeneca dan Oxford ini diklaim menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada orang dewasa, lansia, serta sekelompok orang yang memiliki risiko mengembangkan penyakit yang parah.

Baca juga: Ibu Hamil Penting untuk Lakukan Tes Swab Antigen

Itulah ulasan lengkap mengenai ketersediaan vaksin corona dari perusahaan farmasi AstraZeneca yang siap di akhir atau awal tahun 2021 mendatang. Untuk mengetahui update terbaru mengenai vaksin virus corona, kamu bisa mendownload aplikasi Halodoc, ya. Jika kamu mengalami sejumlah masalah kesehatan, diskusikan juga dengan dokter ahli di Halodoc.

Referensi:
Kompas.com. Diakses pada 2020. AstraZeneca Pastikan Vaksin Corona Siap Digunakan pada Desember.