Asupan Makanan yang Bisa Atasi Batuk Berdahak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Asupan Makanan yang Bisa Atasi Batuk Berdahak

Halodoc, Jakarta - Yang namanya batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering, sama-sama bisa membuat pengidapnya merasa kewalahan untuk menjalani hari-hari. Apalagi bila batuk berdahak yang diidap.

Batuk jenis ini akan mengeluarkan dahak, sehingga membuat tenggorokan terasa gatal. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi batuk berdahak dengan cara alami? 

1. Jeruk Nipis dengan Kecap atau Madu

Campuran jeruk nipis dan kecap manis sudah dikenal sebagai obat alami yang dapat meredakan batuk berdahak. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk. Penggunaan kecap juga dapat diganti dengan madu untuk memberikan rasa manis pada perasan jeruk nipis yang sangat asam.

Sedangkan madu, memiliki sifat antiradang yang bisa membantu untuk mengatasi batuk berdahak dan mengobati pilek. Tak cuma itu saja khasiatnya, madu juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi bakteri penyebab batuk. 

Baca juga: Beda Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering

2. Daun Sirih dan Jahe

Cara mengatasi batuk berdahak juga bisa melalui kedua bahan ini. Daun yang dikenal sebagai obat alami untuk masalah kewanitaan ini, ternyata juga berkhasiat meredakan batuk. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun jahe yang sudah dipotong-potong, lalu minum air rebusan tersebut minimal satu hari sekali untuk menghangatkan tenggorokan. Sementara jahe merupakan obat batuk berdahak yang mengandung zat antibakteri, sehingga efektif untuk mengurangi gejala batuk berdahak. 

3. Berkumur Air garam

Jika batuk terjadi karena rasa gatal pada tenggorokan, tak ada salahnya untuk mencoba berkumur dengan air garam. Caranya mudah kok, campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam ke dalam 240 mililiter air hangat. Lalu, berkumurlah dengan air tersebut. Air garam ini dinilai mampu meredakan rasa gatal pada batuk berdahak. 

Meski air garam bisa mengatasi batuk berdahak, tapi cara ini tak disarankan untuk anak di bawah enam tahun. Alasannya simpel, karena mereka belum bisa berkumur dengan baik. 

4. Bawang putih

Bahan ini tak cuma terkenal sebagai bumbu dan penyebab makan saja. Bawang putih ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Bawang putih mengandung zat allicin, yang bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab batuk berdahak. Menariknya lagi, sifat antiradang dan antimikroba pada bawang putih, dinilai cukup ampuh melawan infeksi pada tenggorokan. 

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Begini Cara Redakan Batuk Berdahak pada Anak

5. Nanas

Nanas juga bisa kita pilih untuk mengatasi batuk berdahak. Buah ini mengandung bromelain yang diduga mampu meredakan batuk dan mengencerkan lendir di tenggorokan. Agar khasiatnya efektif, konsumsilah sepotong nanas atau 100 mililiter jus nanas segar sebanyak tiga kali sehari. 

Nah, meski cara-cara alami di atas bisa meredakan batuk berdahak, tapi cobalah tanyakan pada dokter sebelum mencobanya. Pasalnya, cara meredakan batuk di atas mungkin memiliki efek bagi bagi orang dengan kondisi tertentu. Contohnya, nanas yang tak direkomendasikan bagi ibu hamil atau pengidap diabetes. 

Mempertimbangkan Obat-obatan

Selain bahan-bahan alami di atas, tak ada salahnya untuk memperimbangkan obat-obatan untuk mengatasi batuk berdahak. Kita bisa kok memilih obat khusus yang dijual bebas untuk menghilangkan batuk berdahak. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya: 

  • Untuk menghilangkan dahak, kita bisa memilih obat batuk yang memiliki kandungan ekspektoran. Obat ekspektoran bekerja dengan cara mengurangi kekentalan dahak, sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan.

  • Untuk ibu hamil yang sedang mengalami batuk berdahak, carilah obat batuk dengan bahan utama guaiphenesin atau bromhexine yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Agar lebih amannya, ibu juga bisa berdiskusi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat batuk.

  • Sedangkan obat batuk yang mengandung ibuprofen atau parasetamol, dapat meredakan gejala demam yang menyertai batuk, serta menghilangkan sakit pada tenggorokan.

Memiliki keluhan batuk berdahak atau kering yang tak kunjung sembuh? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!