Asupan Penting yang Dibutuhkan Seorang Vegetarian?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
vegetarian, nutrisi untuk vegan, sumber nutrisi vegetarian,asupan nutrisi

Halodoc, Jakarta – Saat ini gaya hidup sehat menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk menjaga kesehatan. Menjalani diet vegetarian adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kamu. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, nyatanya diet vegetarian juga bisa membantu kamu untuk mengontrol berat badan.

Namun, menjalani diet vegetarian bukan hanya tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan saja. Kamu juga perlu mengetahui bagaimana kamu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kamu. Jadilah pelaku diet vegetarian yang sehat dengan mengetahui asupan nutrisi apa saja yang kamu butuhkan selama menjalani diet vegetarian.

1. Protein

Saat kamu menjalani diet dengan jenis apa pun, sebaiknya asupan protein dalam tubuh kamu tetap diperhatikan. Pada wanita, sehari kamu membutuhkan asupan protein sebesar 50 miligram. Sedangkan pada laki-laki, dalam sehari kamu membutuhkan asupan protein sebanyak 60 gram.

Saat kamu menjalani diet vegetarian, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein kamu. Salah satunya adalah kacang kedelai.

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Kamu bisa mengonsumsi susu kacang kedelai atau produk olahan lainnya dari kacang kedelai, seperti tempe atau tahu.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 ini banyak kamu temukan pada makanan hewani. Namun, kamu tetap bisa mendapatkan asupan vitamin B12 ini dari makanan yang berasal dari tumbuhan. Beberapa di antaranya seperti jamur, rumput laut, dan juga granola.

Berbagai fungsi tubuh membutuhkan vitamin B12 dalam sistem kerjanya. Misalnya untuk metabolisme tubuh, membantu kerja sistem saraf, dan juga mengalirkan oksigen melalui darah.

Pada orang dewasa, kebutuhan vitamin B12 sehari-hari sebanyak 2,4 microgram. Namun, kebutuhan tersebut akan meningkat jika kamu seorang wanita dan sedang hamil, yaitu sebanyak 2,8 microgram per harinya.

3. Kalsium

Kalsium memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga tulang, gigi yang kuat, dan juga memperbaiki fungsi sistem saraf. Biasanya, orang dewasa membutuhkan kalsium sebanyak 1.001-1.199 miligram per harinya.

Banyak makanan yang bisa menjadi sumber kalsium saat kamu menjalani diet vegetarian. Beberapa di antaranya adalah sayuran hijau seperti brokoli, sawi, dan bayam. Kemudian, ada juga kacang-kacangan seperti kedelai, kacang almond, kacang tanah, biji chia, dan lentil.

4. Zat Besi dan Vitamin C

Zat besi adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Nyatanya, cukup banyak makanan yang bersumber dari tumbuhan mengandung zat besi tinggi. Misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Perlu kamu ketahui, zat besi yang berasal dari tanaman akan lebih sulit diserap oleh tubuh. Dengan begitu, kamu membutuhkan asupan vitamin C untuk membuat zat besi lebih mudah diserap oleh tubuh.

5. Asam Lemak Esensial

Tubuh nyatanya juga membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K. Kamu bisa mendapatkan asupan asam lemak esensial dari minyak wijen atau mentega. Tidak ada salahnya mencampurkan makanan kamu dengan beberapa bahan makanan tersebut.

Sebelum mencoba menjalani diet vegetarian, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu seperti apa pola diet vegetarian. Kamu juga bisa mencari tahu makanan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kamu selama menjadi diet vegetarian. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar diet vegetarian, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: