• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasan Suka Semena-mena, Hadapi dengan Cara Ini

Atasan Suka Semena-mena, Hadapi dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Atasan Suka Semena-mena, Hadapi dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Menghadapi atasan memanglah bukan hal yang mudah. Apalagi jika atasan suka melakukan tindakan semena-mena yang membuat kamu merasa kewalahan dengan pekerjaan maupun sikapnya. 

Baca juga: Inilah 8 Ciri-Ciri Rekan Kerja yang Toxic

Meskipun begitu, keluar dari pekerjaan bukanlah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan. Untuk mengatasi kondisi ini, tidak ada salahnya simak beberapa tips berikut untuk menghadapi atasan yang semena-mana!

Bos Semena-mena? Hadapi dengan Cara Ini!

Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita dan hobi memanglah hal yang mengasyikkan. Apalagi jika kamu bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Namun, terkadang kondisi ini akan terasa kurang menyenangkan jika kamu memiliki atasan yang suka berlaku semaunya sendiri atau semena-mena.

Tentunya, memiliki atasan yang mampu menjadi panutan merupakan idaman semua orang. Akan tetapi, meskipun atasan sering berlaku semena-mena, bukan berarti kamu perlu memilih keluar dari pekerjaan sebagai jalan terakhir. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi atasan yang suka semaunya sendiri. 

1.Tetaplah Fokus Bekerja

Memiliki atasan yang semena-mena memang mampu menguras emosi, tetapi sebaiknya tetaplah fokus dalam bekerja. Jangan biarkan kondisi ini memengaruhi kualitas kerja kamu. Bahkan, bukan tidak mungkin, kualitas kerja yang baik membuat kamu bisa setara dengan atasan kamu saat ini. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pemimpin yang lebih baik dibandingkan atasan kamu yang semena-mena.

2.Bersikaplah Tegas pada Atasan

Tidak ada salahnya bersikap tegas pada seseorang yang memberikan pekerjaan diluar tugas kamu, meskipun itu atasan. Bertindak tegas bukan berarti kamu menolak pekerjaan yang merupakan kewajiban kamu. Kamu bisa berkata “tidak” untuk hal-hal pekerjaan yang diluar tanggung jawab atau kewajiban kamu. Apalagi jika yang ditugaskan oleh atasan sudah menyalahi aturan kerja.

Baca juga: 8 Tanda Lingkungan Kerja Tidak Baik untuk Kesehatan Mental

3.Berbicaralah pada Orang Lain

Tidak ada salahnya berbicara pada orang lain yang cukup kompeten untuk mendengarkan keluh kesah kamu mengenai atasan. Salah satunya adalah pihak HRD. Bukan hanya untuk memberikan masukan pada atasan, berbicara pada orang lain membuat beban pikiran kamu juga akan lebih ringan. 

Atasan yang semena-mena nyatanya rentan memicu gangguan kesehatan mental, seperti kurangnya rasa percaya diri, merasa kurang mampu, hingga takut untuk berpendapat.

4.Berbicara pada Atasan Secara Langsung

Untuk mengatasi kondisi ini, hal lain yang bisa kamu lakukan dengan berbicara langsung pada atasan. Ungkapkan apa yang menjadi kegelisahan kamu selama bekerja dengannya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan masukan terhadap pekerjaannya selama ini. Namun ingat, lakukan hal ini dengan tegas dan kata-kata yang mudah dimengerti.

Cara ini juga bisa menjadi cara lain untuk membantu atasan menjadi sosok yang lebih baik. Dengan begitu, atasan dapat melihat kamu sebagai sosok yang bisa diandalkan dan dipercaya. Bahkan, bukan tidak mungkin atasan kamu akan memperbaiki sikapnya selama ini.

5.Lakukan Hal Menyenangkan di Luar Pekerjaan

Sebaiknya selesaikan semua tanggung jawab pekerjaan di kantor. Setelah jam kantor selesai, tidak ada salahnya habiskan energi negatif selama di kantor dengan melakukan hal menyenangkan di luar pekerjaan. Dengan begitu, kondisi mental kamu akan tetap terjaga dengan baik. 

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi atasan yang semena-mena. Jangan ragu untuk kunjungi rumah sakit terdekat dan minta bantuan psikolog jika kondisi ini sudah sangat mengganggu kondisi mental kamu. 

Kini, kamu bisa gunakan Halodoc dan gunakan layanan buat janji dengan dokter agar pemeriksaan lebih mudah dilakukan. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play dari gawai kamu sekarang juga!

Referensi:
Better Humans. Diakses pada 2021. How to Handle a Toxic Manager.
The Muse. Diakses pada 2021. 10 Brilliant Tips for Dealing With a Difficult Boss.
Forbes. Diakses pada 2021. How to Handle a Bad Boss: 7 Strategies for Managing Up.