• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Asam Lambung dengan 8 Pengobatan Rumahan Ini

Atasi Asam Lambung dengan 8 Pengobatan Rumahan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Atasi Asam Lambung dengan 8 Pengobatan Rumahan Ini

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan kondisi nyeri dada yang disertai dengan sensasi panas pada bagian dada. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami penyakit GERD atau asam lambung. Penyakit GERD dapat terjadi ketika asam lambung kembali naik menuju kerongkongan.

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Selain nyeri dada dan sensasi panas, umumnya gejala GERD menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Bahkan, GERD yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk pada kerongkongan. Untuk itu, selain pengobatan medis, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara sederhana di rumah yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala GERD secara mandiri. Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Kenali Penyebab GERD Terlebih Dahulu

Penyebab utama GERD adalah kondisi asam lambung yang sering kembali menuju kerongkongan. Hal ini bisa terjadi akibat adanya gangguan pada cincin otot bagian bawah kerongkongan atau yang dikenal juga dengan lower esophageal sfingter (LES).

Normalnya, LES akan terbuka saat ada makanan yang masuk ke dalam perut dan kembali tertutup rapat untuk mencegah isi lambung naik ke atas. Pada pengidap GERD, LES mengalami gangguan sehingga menjadi lebih lemah dan tidak bisa menutup secara otomatis. Kondisi ini membuat isi lambung atau asam lambung kembali naik menuju kerongkongan, terutama saat pengidap sedang berbaring.

Ada berbagai kondisi yang memicu GERD. Mulai dari kondisi obesitas, kehamilan, hernia hiatal, gaya hidup buruk, dan juga pola makan yang kurang tepat.

Inilah Pengobatan Mandiri untuk GERD yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap GERD. Mulai dari sensasi panas pada area dada yang disertai rasa nyeri, kesulitan menelan, muncul sensasi yang mengganjal di tenggorokan, nyeri dada, hingga batuk kronis saat malam hari.

Tidak ada salahnya untuk segera mengunjungi dokter dan memastikan kondisi kesehatan kamu. Selain pengobatan medis, gejala yang terbilang ringan nyatanya bisa kamu atasi dengan beberapa perawatan mandiri di rumah. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Hindari Makan Berlebihan

Saat mengalami gejala GERD, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Kenaikan asam lambung biasanya terjadi setelah pengidap GERD mengonsumsi makanan. Untuk menghindari gejala semakin memburuk, sebaiknya makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering.

Baca jugaTanpa Penanganan yang Tepat, Ini Alasan GERD Bisa Berakibat Fatal

2. Membatasi Asupan Karbohidrat

Meskipun masih perlu diteliti lebih lanjut, tetapi membatasi asupan karbohidrat dinilai cukup efektif untuk meredakan gejala GERD. Mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan terkadang membuat tubuh tidak dapat mencerna dengan baik. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan pada perut.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok nyatanya dapat membuat LES tidak berfungsi secara optimal sehingga memicu GERD.

4. Berbaringlah dengan Kepala Lebih Tinggi

Saat akan beristirahat sebaiknya berbaringlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Gunakan beberapa bantal untuk menyangga kepala. Namun, jangan berbaring sesaat setelah selesai makan. Tunggu selama 2–3 jam setelah makan untuk berbaring.

5. Hindari Makanan maupun Minuman Pemicu GERD

Saat menjalani perawatan GERD, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan maupun minuman yang dapat memicu GERD. Mulai dari makanan berlemak, asam, pedas, disajikan dengan digoreng, minuman beralkohol, soda, atau kafein.

6. Kontrol Berat Badan

Obesitas menjadi salah satu pemicu GERD. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan olahraga agar kamu dapat memgontrol berat badan.

7. Jalani Pola Makan Tepat

Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa membantu kamu untuk mencegah GERD menjadi semakin buruk. Sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat, alkaline, dan air yang tinggi untuk mencegah gejala GERD memburuk. Ada berbagai makanan yang bisa dikonsumsi, seperti sayuran hijau, buah pisang, semangka, wortel, ketimun, hingga seledri.

8. Obat Herbal Asam Lambung

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa jenis obat herbal untuk asam lambung. Mulai dari jahe, air lemon, hingga teh chamomile. Namun, sebelum menggunakan obat herbal untuk asam lambung, sebaiknya konsultasikan dulu penggunaannya pada dokter untuk memastikan manfaat yang optimal dari perawatan GERD di rumah.

Baca jugaAgar Tak Salah, Ini 5 Tips Mencegah GERD

Meskipun telah melakukan perawatan mandiri di rumah, disarankan untuk kembali melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat ketika gejala GERD tidak membaik dalam waktu 2 minggu. Apalagi jika disertai gejala, seperti kesulitan bernapas dan nyeri pada dada.

Kini, buat janji di rumah sakit tidak perlu repot. Tinggal download Halodoc dan gunakan layanan buat janji dengan rumah sakit untuk pengobatan dan pemeriksaan yang lebih mudah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gastroesophageal reflux disease (GERD).
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Home Remedies for Acid Reflux/GERD.
Healthline. Diakses pada 2021. 14 Ways to Prevent Heartburn and Acid Refluxs.
Medical News Today. Diakses pada 2021. 15 Ways to Ease GERD Symptoms at Home.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. GERD Diet: Foods That Helps with Acid Reflux (Heartburn).