• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Asam Lambung dengan Memanfaatkan Lidah Buaya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Asam Lambung dengan Memanfaatkan Lidah Buaya

Atasi Asam Lambung dengan Memanfaatkan Lidah Buaya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 Juli 2022

“Lidah buaya menjadi tanaman dengan segudang manfaat untuk tubuh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Untuk kesehatan, manfaat lidah salah satunya dapat mengatasi penyakit asam lambung.

Atasi Asam Lambung dengan Memanfaatkan Lidah BuayaAtasi Asam Lambung dengan Memanfaatkan Lidah Buaya

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung memicu sederetan gejala yang pastinya membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman. Mulai dari mual, muntah, heartburn atau rasa nyeri di bagian dada, hingga terasa sakit ketika menelan. Sebenarnya, gangguan asam lambung muncul ketika otot yang berada di bagian bawah kerongkongan melemah.

Otot tersebut bertugas untuk membuka dan menutup bagian kerongkongan. Perlemahan otot mengakibatkan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna, sehingga makanan yang sudah masuk ke lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Lantas, benarkah penyakit asam lambung bisa diatasi dengan konsumsi lidah buaya?

Manfaat Lidah Buaya untuk Asam Lambung

Manfaat lidah buaya untuk tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Manfaat ini mulai dari kesehatan, kecantikan kulit, hingga perawatan kulit dan rambut. Namun, lidah buaya juga ternyata memiliki efek baik untuk pengidap penyakit asam lambung, di antaranya:

  1. Membantu Mengurangi Peradangan

Jus lidah buaya mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan tersebut bisa mengoptimalkan kerja pencernaan sekaligus mengurangi zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat antiinflamasi yang secara efektif membantu mencegah terjadinya peradangan. 

  1. Membantu Meningkatkan Imunitas

Selain itu, manfaat lidah buaya juga dikaitkan dengan rangsangan sistem kekebalan tubuh sekaligus menguatkannya. Kondisi ini akan sangat baik bagi tubuh untuk melawan mikroorganisme yang menyebabkan masalah peradangan pada lambung, seperti bakteri Helicobacter pylori

  1. Mengurangi Nyeri Akibat Iritasi Lambung

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menyebutkan, bahwa lidah buaya aman digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi GERD. Selain itu, tanaman tersebut bisa membantu mengurangi frekuensi munculnya gejala tanpa adanya efek samping serius. 

  1. Sebagai Antioksidan Alami

Salah satu penyebab terjadinya GERD adalah stres oksidatif dan peradangan. Nah, manfaat lidah buaya dapat mengatasi penyebab tersebut. Sebab tanaman ini mengandung antioksidan alami dan antiinflamasi yang kuat, dengan bekerja efektif untuk menghambat kerja siklooksigenase. 

  1. Sebagai Antimikroba Alami

Tak hanya itu, lidah buaya juga memiliki sifat sebagai antimikroba alami. Kandungan tersebut bekerja aktif dengan menekan gen yang bertugas untuk menghasilkan lipid. Dampaknya yaitu peningkatan resistensi insulin sekaligus penurunan efek toksik lipid pada organ hati. 

Itu tadi beberapa manfaat lidah buaya yang dihubungkan dengan penyakit asam lambung. Kalau kamu membutuhkan penanganan medis lanjutan, kamu bisa memanfaatkan Layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, gratis di Play Store dan App Store. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Amazing Uses for Aloe Vera.
Journal of Traditional Chinese Medicine. Diakses pada 2022. Efficacy and safety of Aloe vera syrup for the treatment of gastroesophageal reflux disease: a pilot randomized positive-controlled trial.
Healthyy. Diakses pada 2022. 11 Proven Anti-Inflammatory Benefits of Aloe Vera & How to Use.