Atasi Laringitis dengan 5 Tips Sederhana Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Atasi Laringitis dengan 5 Tips Sederhana Ini

Halodoc, Jakarta - Untuk mengeluarkan suara, setiap orang membutuhkan kotak suara atau laring. Bagian tersebut sangat penting agar kamu dapat berinteraksi dengan orang lain. Walau begitu, bagian tersebut dapat mengalami gangguan. Salah satunya dapat disebabkan oleh laringitis.

Gangguan ini dapat menyebabkan suara kamu menjadi terdistorsi karena udara yang melewatinya. Suara kamu akhirnya menjadi serak. Dalam kasus yang parah, suara kamu mungkin saja tidak keluar. Gangguan ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 3 minggu. Namun, terdapat beberapa cara sederhana untuk mengatasi laringitis.

Baca juga: Awasi Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan

Cara Sederhana untuk Atasi Laringitis yang Terjadi

Laringitis adalah terjadinya peradangan pada kotak suara atau laring. Hal tersebut karena laring terlalu sering digunakan, terkena iritasi, atau mengalami infeksi. Di dalam laring terdapat pita suara yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Jika terjadi radang, suara kamu dapat menjadi serak dan mungkin saja tidak keluar.

Laringitis yang terjadi mungkin hanya sementara (akut) dan tahan lama (kronis). Pada kebanyakan kasus, laringitis disebabkan oleh infeksi virus dan tidak menyebabkan hal yang serius. Suara serak yang persisten terkadang dapat menjadi gejala dari gangguan yang lebih parah. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pada laring tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu kamu.

Laringitis yang terjadi mungkin saja membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas kamu. Apabila pekerjaan kamu melibatkan suara, pasti kamu perlu untuk segera mengobati gangguan tersebut. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laringitis:

  1. Istirahatkan Suara Kamu

Salah satu cara mengatasi laringitis yang dapat kamu lakukan adalah istirahatkan suara kamu. Radang tenggorokan yang terjadi membuat pita suara menjadi bengkak dan teriritasi. Maka dari itu, bagian tersebut butuh waktu istirahat untuk sembuh. Cobalah untuk menghindari situasi yang membuat kamu harus berteriak.

  1. Kumur Air Garam

Cara mengatasi laringitis lainnya adalah dengan kumur air garam. Sakit tenggorokan dan iritasi pada laring dapat diredam dengan air tersebut. Campur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Cobalah teguk dan kumur-kumur di bagian belakang tenggorokan kamu, lalu keluarkan. Ulangi hal tersebut selama beberapa kali.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini saat Mengalami Laringitis

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga salah satu cara untuk mengatasi laringitis. Cairan tersebut memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu tubuh kamu melawan infeksi. Campurkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Kamu dapat menambahkan satu sendok teh madu supaya efeknya lebih kuat. Minumlah sekali atau dua kali sehari.

  1. Teh dengan Madu

Kamu dapat mengonsumsi teh dengan madu agar laringitis yang terjadi cepat sembuh. Teh herbal mengandung antioksidan yang dapat membantu kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tanaman tersebut juga memiliki sifat anti-inflamasi. Madu juga dapat mengurangi produksi lendir dan mengobati batuk.

Baca juga: Bukan Cuma Menyanyi, Penyebab Laringitis Juga Bisa Bakteri

  1. Akar Jahe

Akar jahe memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Jahe dapat berguna untuk mengobati batuk kering dan iritasi yang menyebabkan radang tenggorokan. Kamu dapat menambahkan jahe ke dalam minuman atau tumisan. Paling umum jika jahe dicampur dengan air mendidih, lalu diseduh dengan teh.