• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Pegal, Ini Jenis Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Pegal, Ini Jenis Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi

Atasi Pegal, Ini Jenis Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Mei 2022

“Beberapa jenis obat rumahan bisa membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan rasa tidak enak di badan. Balsem, acetaminophen, anti-inflamasi non-steroid (NSAID), dan eperisone adalah jenis obat penghilang nyeri otot dan sendi yang direkomendasikan.”

Atasi Pegal, Ini Jenis Obat Penghilang Nyeri Otot dan Sendi

Halodoc, Jakarta –  Penyebab paling umum dari nyeri otot adalah ketegangan, stres, aktivitas fisik yang berlebihan, sampai cedera ringan. Namun, nyeri otot biasanya menyerang sebagian otot dari tubuh. 

Nyeri otot bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan tertundanya aktivitas. Beberapa jenis obat rumahan bisa membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan rasa tidak enak di badan. Simak di sini jenis obat penghilang nyeri otot dan sendi yang direkomendasikan!

1. Balsem 

balsem

Ada banyak pilihan balsem yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi nyeri otot. Kamu juga tinggal mengoleskan balsem ke area yang terganggu sembari dipijat pelan supaya meresap. Sensasi hangat dan aromaterapi yang dihasilkan bisa membuat otot kembali fit.

2. Acetaminophen

Acetaminophen

Acetaminophen adalah obat pereda nyeri dan penurun panas yang dapat membantu meredakan nyeri dengan meningkatkan ambang nyeri tubuh secara keseluruhan. Selain nyeri otot, obat ini biasanya juga digunakan mengobati radang sendi, sakit gigi, kram menstruasi serta menurunkan demam dengan membantu tubuh menghilangkan panas berlebih.

3. Anti-inflamasi Non-steroid (NSAID)

 Anti-inflamasi Non-steroid (NSAID)

Ini adalah jenis obat yang membantu mengurangi peradangan, nyeri otot, dan demam. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi produksi bahan kimia tubuh yang terkait dengan rasa sakit dan peradangan. NSAID, seperti obat lain, memiliki risiko efek samping. Lansia dan orang-orang dengan beberapa penyakit kronis, bisa berisiko mengalami efek samping yang lebih serius. 

4. Eperisone

Eperisone

Eperisone adalah jenis obat yang juga biasa digunakan untuk mengatasi nyeri atau kaku otot. Eperisone bekerja dengan cara merelaksasi otot dan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi dan menekan refleks nyeri. Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

5. Opioid

Opioid

Opioid adalah obat penghilang rasa sakit. Banyak resep opioid digunakan untuk memblokir sinyal nyeri antara otak dan tubuh dan biasanya diresepkan untuk mengobati nyeri sedang hingga berat. Efek samping dari opioid adalah pernapasan lambat, sembelit, mual, kebingungan dan kantuk.

Itulah jenis obat penghilang nyeri otot dan sendi yang perlu diketahui. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi nyeri otot bisa ditanyakan langsung lewat aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan suplemenmu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Side Effects from NSAIDs
Practo.com. Diakses pada 2022. Eperisone
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Opioid Addiction
WebMD. Diakses pada 2022. How to Manage Sore Muscles and Joint Pain