• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Aturan Malam Pertama Supaya Lancar Tanpa Gugup

Aturan Malam Pertama Supaya Lancar Tanpa Gugup

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Malam pertama pernikahan adalah momen yang spesial di mana pasangan saling berbagi kasih sayang. Sebagai momen pertama hidup bersama, wajar jika kamu dan pasangan mengalami rasa gugup.

Ada banyak mitos seputar aktivitas seksual, salah satunya adalah bahwa pertama kali berhubungan seks akan menyakitkan. Meskipun ketidaknyamanan kecil adalah sesuatu umum, tetapi kamu tetap punya tahapan rekomendasi yang bisa dilakukan supaya lebih rileks.

Mengenal Anatomi Tubuh

Kiat umum untuk mengurangi rasa tidak nyaman adalah dengan membiasakan diri mengenal anatomi tubuh sendiri. Masturbasi dapat membantu kamu mengetahui apa yang terasa enak saat berhubungan seks dan itu dapat membantu kamu mengenal tubuh sendiri. 

Lewat masturbasi kamu juga bisa menemukan bahwa ada sudut atau posisi tertentu tidak nyaman, sementara itu di sisi lain ada yang lebih menyenangkan. Dengan mengenal anatomi tubuh sendiri, kamu tidak hanya lebih percaya diri, tetapi juga bisa memberi tahu pasangan cara menyenangkan dirimu.

Baca juga: Apakah Rahim Bermasalah Bisa Mengganggu Kesuburan?

Ngobrol dengan Pasangan

Bicaralah dengan pasangan tentang kekhawatiranmu. Sangat penting untuk mempraktikkan komunikasi yang terbuka dan jujur. Jika kamu gugup, bicarakan dengan pasangan akan hal itu. Beri tahu pasangan jika kamu khawatir akan sakit. Bersama pasangan kamu dapat mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa senyaman mungkin secara fisik dan emosional.

Ekspektasi dan Realita

Tetapkan harapan dan realistis sewajarnya. Kamu mungkin merasa tertekan untuk mendapatkan orgasme. Seks adalah keterampilan yang dapat menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Sama seperti mengemudi atau bahkan berjalan, kamu mungkin tidak mungkin bisa langsung jago. Namun, bisa banget meningkatkan keterampilan dari waktu ke waktu melalui latihan dan teori, yaitu membaca buku.

Baca juga: Benarkah Usia Tidak Memengaruhi Kesuburan Pria?

Atur Kecepatan

Seks bisa jadi sangat mengasyikkan kalau kamu benar-benar menikmatinya. Gunakan gerakan lambat dan lembut pada awalnya, dan ubahlah ritmenya jika kamu berdua menyukainya. Adalah ide yang baik untuk melambat dalam hal penetrasi jenis apapun, karena dapat memberikan waktu bagi otot-otot vagina untuk rileks dan menjadi terbiasa dengan sensasi penetrasi. Gerakan pelan juga dapat membuat kamu menikmati hubungan tersebut.

Jangan lupa Foreplay

Luangkan waktu untuk foreplay. Foreplay adalah cara yang bagus untuk menenangkan pikiran, meningkatkan kesadaran tubuh, dan mengalami kenikmatan seksual. Foreplay juga membantu ketahanan ereksi dan lubrikasi vagina. 

Foreplay dapat terlihat berbeda untuk tiap-tiap orang, foreplay bisa termasuk: 

  1. Berciuman atau bermesraan;
  2. Pelukan;
  3. Menonton film romantis; dan
  4. Obrolan intim.

Gunakan Pelumas

Pelumas dapat membantu melancarkan hubungan seks sehingga tidak terlalu menyakitkan saat penetrasi. Kamu harus menghindari pelumas berbasis minyak jika menggunakan kondom. Minyak dapat menyebabkan lubang terbentuk di kondom. Dengan kata lain, gunakan pelumas berbasis air.

Coba Posisi yang Berbeda

Jika satu posisi seks tidak nyaman bagi kamu bisa mencoba yang lain. Kamu mungkin merasa perlu untuk mencoba posisi seks akrobatik saat pertama kali berhubungan seks untuk mengesankan pasangan.

Ini tidak menjadi keharusan. Tidak perlu mencoba sesuatu yang berpotensi memberikan ketidaknyamanan buat kalian berdua. Seringkali, yang terbaik adalah tetap sederhana dan melakukan apa yang terasa benar dan menyenangkan untuk kamu dan pasangan.

Butuh informasi lebih detail mengenai kesehatan reproduksi, bisa ditanyakan langsung di aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. 

Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Chat with a doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. 26 Things to Know About Pain and Pleasure During Your First Time.
Flo. Health. Diakses pada 2020. How to Have Sex for the First Time: Tips and Tricks.