Bisakah Orang Awam Membaca Hasil Pemeriksaan MSCT?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bisakah Orang Awam Membaca Hasil Pemeriksaan MSCT?

Halodoc, Jakarta – Multislice computed tomography (MSCT) adalah generasi terbaru dari CT scan yang digunakan untuk memeriksa organ bergerak, salah satunya jantung. Apa keunggulan MSCT dibanding CT scan terdahulu? Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan MSCT? Bisakah orang awam membaca hasil pemeriksaan MSCT? Ketahui faktanya di sini.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Antara MRI dan MSCT

Keunggulan MSCT Dibanding CT Scan

Keunggulan MSCT dibanding CT scan terdahulu pada waktu pelaksanaannya. Pemeriksaan medis yang menggunakan MSCT disinyalir lebih singkat, sehingga penetapan diagnosis bisa segera dilakukan. Hal ini berdampak positif pada waktu perawatan lebih cepat. Area pemindaian lebih luas dan bisa menangkap kondisi jantung dalam hitungan detik. Namun, bukan berarti MSCT tidak memiliki kekurangan.

Penggunaan MSCT tidak luput dari risiko efek samping akibat radiasi yang dikeluarkan. Itu mengapa seseorang yang berencana melakukan MSCT perlu berbicara dengan dokter terlebih dahulu, terutama terkait dengan riwayat kesehatan atau kondisi medis yang sedang dialami sebelum menjalani prosedur tes. Tujuannya untuk mengurangi risiko komplikasi yang muncul akibat MSCT.

Baca Juga: MSCT Lebih Canggih dari CT Scan?

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan MSCT

MSCT bisa dilakukan sebagai pemeriksaan rutin jantung atau organ tubuh lain. Namun biasanya, MSCT baru dilakukan apabila ada indikasi medis tertentu. Misalnya, indikasi penyakit jantung koroner (PJK), malformasi vaskuler, dan aterosklerosis, infeksi pada otak, tumor, serta gangguan pada usus, hati, limfa, saluran empedu, dan ginjal melalui pemeriksaan rongga perut.

Jika kamu memiliki indikasi tersebut, berikut ini prosedur pemeriksaan MSCT yang akan dijalani:

  • Mengganti baju dengan pakaian khusus yang disediakan pihak rumah sakit. Kamu juga diminta untuk melepaskan semua perhiasan, karena logam bisa mengganggu proses pemindaian. Jika kamu menggunakan gigi palsu (termasuk behel) dan hendak melakukan pemindaian kepala, sebaiknya lepas terlebih dahulu selama pemeriksaan berlangsung.

  • Beritahu dokter jika kamu memiliki fobia tertentu, seperti fobia berada di ruang tertutup, sehingga dokter bisa membantu kamu mengatasi fobia tersebut.

  • Pengukuran denyut jantung sebelum MSCT. Denyut jantung kurang dari 70 kali per menit menjaga keakuratan proses perekaman dan pembacaan dari alat yang digunakan.

  • Pemberian cairan kontras untuk membantu memperjelas gambar yang dihasilkan. Cairan kontras diberikan dalam bentuk minuman atau disuntikkan ke dalam aliran darah. Kemudian, cairan keluar dari tubuh melalui urine. Namun, pemberian cairan kontras ini tidak selalu dilakukan.

Hasil Pemeriksaan MSCT Dianalisis oleh Dokter Ahli

Orang awam akan kesulitan dalam membaca sendiri hasil pemeriksaan MSCT tanpa bantuan dokter ahli. Hasil pemeriksaan perlu dianalisis terlebih dahulu oleh dokter spesialis radiologi, kemudian hasil analisis akan dikirimkan ke dokter yang menangani kamu. Tindak lanjut penanganan setelah pemeriksaan MSCT juga ditetapkan oleh dokter, sehingga kamu tidak perlu khawatir kebingungan dengan hasil pemeriksaan dan tindak lanjutnya.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan MSCT

Itulah cara membaca hasil pemeriksaan MSCT. Kalau kamu punya pertanyaan seputar pemeriksaan MSCT, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!