• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas Gejala Encok, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas Gejala Encok, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasinya

Awas Gejala Encok, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasinya

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Encok merupakan salah satu gejala yang timbul saat asam urat di dalam tubuh meningkat tinggi. Maka dari itu, perlu tahu cara mengatasinya secara efektif agar tidak menimbulkan masalah yang mengganggu aktivitas.”

Awas Gejala Encok, Ini yang Bisa Dilakukan untuk MengatasinyaAwas Gejala Encok, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Encok adalah penggambaran dari masalah yang terjadi pada pinggang berupa nyeri. Gangguan ini dapat terjadi akibat gejala dari penyakit asam urat. Saat terjadi, tentu aktivitas yang sedang dilakukan dapat terganggu.

Masalah pada pinggang ini dapat terjadi saat mengangkat beban yang berat atau berdiri dalam waktu yang lama. Guna meminimalisir encok, ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan kompres dingin

Jika nyeri pinggang akibat encok tidak terlalu parah, tempelkan kompres dingin di area yang sakit. Cara ini terbilang ampuh untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Cara membuatnya, bungkus es dengan handuk tipis dan tempelkan ke area yang sakit selama 20 menit beberapa kali sehari.

2. Istirahatkan sendi

Diamkan tubuh sejenak hingga encok mereda. Jangan terlalu banyak bergerak agar lebih cepat sembuh. Jika memungkinkan, angkat sendi di atas bantal atau benda lunak lainnya, sehingga area yang sakit lebih cepat rileks.

3. Perbanyak konsumsi air

Saat seseorang kurang mengonsumsi air, terutama air putih, kadar asam urat di dalam tubuh dapat meningkat. Jadi tak ada cara lain yang mesti kamu lakukan selain memastikan tubuh tetap terhidrasi agar penyakit asam urat tidak mudah kambuh, serta encok dapat dihindari.

4. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan yang tinggi zat purin dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Beberapa makanan tersebut, antara lain beberapa makanan laut, jeroan, serta makanan berlemak. Untuk minuman, hindari yang mengandung fruktosa dan alkohol, terutama bir.

Selain itu, ada beberapa pola hidup yang perlu dilakukan, agar encok yang disebabkan penyakit asam urat ini bisa dihindari.

5. Aktif olahraga

Untuk seseorang yang memiliki penyakit asam urat, pastikan untuk tetap aktif berolahraga setiap hari. 

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya berjalan kaki. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik kurang lebih 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

6. Jaga berat badan ideal

Seseorang dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi terkait kekambuhan encok. Sebab, sendi lebih terbebani pada seseorang yang alami obesitas. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan, serta aktif berolahraga.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi gejala encok. Pastikan untuk menerapkan segala hal yang disebutkan, sehingga penyakit asam urat tidak mudah kambuh, serta gejalanya bisa dihindari.

Jika masih memiliki pertanyaan untuk mengatasi encok, ahli medis dari Halodoc bisa menjawabnya melalui fitur tanya dokter. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone yang dimiliki. Maka dari itu, gunakan segera aplikasi ini sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. How to Treat Gout Attacks at Home.
Healthline. Diakses pada 2022. Gout: Symptoms, Causes, and Treatments.