• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Ini 6 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Ini 6 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diwaspadai

Awas, Ini 6 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2021
Awas, Ini 6 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Diwaspadai

“Mata kuning adalah kondisi yang sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Pasalnya, kondisi ini bisa muncul sebagai tanda penyakit tertentu, misalnya penyakit kuning atau batu empedu. Beberapa penyebab kondisi ini bahkan bisa bersifat parah dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Halodoc, Jakarta – Mata kuning bisa muncul sebagai tanda penyakit. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dikaitkan dengan kondisi ini adalah penyakit kuning. Namun perlu diketahui, perubahan warna mata nyatanya bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi lain. Beberapa di antaranya bahkan mungkin penyakit serius yang harus segera mendapatkan penanganan medis. 

Secara umum, mata kuning ditandai dengan perubahan warna pada bagian putih mata alias sklera. Bagian yang normalnya berwarna putih ini mengalami perubahan warna, menjadi lebih kuning dan pucat. Kondisi ini seringkali muncul dan berkaitan dengan gangguan kesehatan, terutama pada kandung empedu, organ hati, atau pankreas. 

Ketahui Beragam Penyebab Mata Kuning 

Mata kuning bisa jadi muncul sebagai tanda ada gangguan pada organ hati atau kandung empedu. Kondisi ini juga berkaitan dengan penyakit kuning. Biar lebih jelas, simak ulasan tentang penyebab mata kuning berikut ini! 

  1. Penyakit Kuning 

Salah satu penyebab mata berubah warna menjadi kuning adalah penyakit kuning. Penyakit ini muncul karena ada penumpukan zat bernama bilirubin di dalam aliran darah. Selain perubahan warna mata, penyakit ini juga menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih kuning. Penyakit ini biasanya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Pada orang dewasa, kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit hepatitis atau kanker pankreas.

  1. Batu Empedu 

Perubahan warna mata menjadi lebih kuning bisa menjadi tanda penyakit batu empedu. Selain mata kuning, ada gejala lain yang biasanya muncul bersamaan, seperti nyeri perut kanan atas, nyeri dada, serta mual dan muntah. 

  1. Sirosis Hati 

Kerusakan organ hati bisa disebabkan oleh terbentuknya jaringan parut pada organ tersebut. Kondisi ini dikenal dengan istilah sirosis hati. Kondisi ini memengaruhi fungsi hati dan menyebabkan warna mata menjadi lebih kuning. Selain itu, penyakit ini juga memicu gejala seperti penurunan nafsu makan, mudah lelah, serta penurunan berat badan secara drastis.

  1. Gangguan Pankreas 

Selain empedu, gangguan pada pankreas juga bisa menjadi penyebab mata berubah warna . Saluran pankreas dan saluran empedu saling bergabung dan berperan untuk mengalirkan empedu ke usus kecil. Saat saluran pankreas mengalami infeksi atau tersumbat, empedu tidak bisa mengalir dengan baik dan memicu perubahan warna kuning pada mata.

  1. Kelainan Darah 

Kelainan pada sel darah merah bisa memicu berbagai gejala, termasuk mata kuning. Kondisi yang bisa memicu gejala ini adalah anemia hemolitik dan anemia sel sabit. Reaksi ketidakcocokan darah setelah transfusi darah juga bisa menyebabkan perubahan warna pada mata. 

  1. Efek Samping Obat 

Selain disebabkan oleh penyakit tertentu, perubahan warna mata juga bisa muncul sebagai efek samping dari konsumsi obat. Mengonsumsi jenis obat tertentu dalam jangka waktu panjang juga bisa menjadi penyebab munculnya kondisi ini. 

Mata kuning adalah gejala penyakit yang sebaiknya segera ditangani. Apalagi jika kondisi ini muncul bersamaan dengan gejala penyakit lain, seperti demam, nyeri perut, atau buang air besar (BAB) berdarah. 

Agar lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit, selalu terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga. Lengkapi juga dengan mengonsumsi suplemen tambahan jika dibutuhkan. Cek kebutuhan suplemen atau vitamin harian di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Jaundice: Why It Happens in Adults.
CDC. Diakses pada 2021. Jaundice & Kernicterus.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Adult Jaundice.
Healthline. Diakses pada 2021. Why Are My Eyes Yellow?