Awas, Ini Bahaya Gunakan Obat Tidur untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Awas, Ini Bahaya Gunakan Obat Tidur untuk Bayi

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini, ramai diberitakan seorang ART yang tega mencampur obat cetirizine ke dalam susu anak majikannya. Menurut kesaksian ART, ia terpaksa mencampur jenis obat alergi tersebut agar anak majikannya tertidur pulas, sehingga ia dapat membereskan pekerjaan rumah lainnya. Berita ini sontak menyulut netizen lantaran mengetahui kondisi anak yang sulit dibangunkan oleh orangtuanya. 

Baca Juga: SIDS Rentan Menyerang Bayi, Ini Alasannya

Menurut kesaksian sang ibu, hal ini terungkap ketika ia meminta bantuan suami untuk membangunkan Si Kecil. Si Kecil terlihat masih tertidur pulas meski hari sudah malam. Ketika dibangunkan, Si Kecil tidak segera bangun bahkan tidak merespon meski ditepok-tepok badannya. Kecurigaan semakin menguat ketika, sang ibu mencium bau anggur merah di botol anaknya. Setelah dibawa ke dokter, dokter mengatakan bahwa susunya dicampur obat alergi.

Bahaya Mencampur Obat Ke Dalam Susu

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat dengan baik, seperti tingkat keasaman perut, ada atau tidak adanya nutrisi lemak atau nutrisi lain, dan apakah ada unsur-unsur tertentu seperti kalsium. Beberapa obat, contohnya antibiotik, mengandung tetrasiklin yang bereaksi dengan ASI maupun susu formula. Kalsium yang ditemukan dalam susu akan mengikat obat, sehingga mencegah penyerapan ke dalam tubuh. 

Di dalam kemasan obat, sering tertera anjuran pakai apakah jenis obat tersebut baik dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Ini karena makanan maupun minuman yang dikonsumsi dapat memengaruhi penyerapan obat. Pada kasus cetirizine, jenis obat alergi ini menimbulkan efek samping berupa pusing, mengantuk, sakit tenggorokan, mulut kering, mual, dan lain-lain. Pemberian dosis yang tidak sesuai juga berisiko meningkatkan terjadinya efek samping tersebut.

Baca Juga: Ketahui Tahapan Perkembangan Bahasa pada Bayi

Oleh karena itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengikuti instruksi yang tertulis pada kemasan dan jangan lupa untuk bertanya kepada apoteker jika perlu. Apabila ini tidak yakin makanan dan minuman apa yang harus dikonsumsi Si Kecil, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau apoteker. Ibu dapat menghubungi dokter Halodoc apabila memiliki kesulitan terkait penggunaan obat untuk Si Kecil. 

Tips agar Si Kecil Tidur Terlelap

Jika Ibu masih banyak pekerjaan lain, namun Si Kecil tidak mau terlelap, mungkin Ibu dapat menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Atur Jadwal Menyusu

Ibu sebaiknya mulai mengatur waktu menyusui sebelum Si Kecil tertidur dan ketika Ia bangun tidur. Tujuannya agar ketika Si Kecil tidur, Ia terus terlelap tanpa mudah terbangun karena lapar. Hindari membangunkan Si Kecil yang sedang tertidur pulas jika ibu berpikir ingin memberikannya susu. Bayi biasanya otomatis terbangun ketika merasa lapar, buang air kecil atau buang air besar. 

  1. Ketahui Tanda Si Kecil Mengantuk

Ketika bayi mengantuk biasanya ditandai dengan menggosok-gosokkan mata, mengisap-isap jari, menguap atau rewel. Jika Si Kecil menunjukan tanda-tanda tersebut, segera tidurkan bayi dengan memberinya ASI, susu formula atau menimang-nimangnya. Ibu perlu memperhatikan kebiasaan Si Kecil untuk mengenali tandanya, sehingga Ia mudah tertidur nyenyak.

  1. Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Ruang yang tenang dan remang-remang penting untuk kualitas tidur yang baik. Periksa apakah kamar tidur Si Kecil terlalu terang atau berisik untuk tidur. Cahaya biru dari televisi, layar komputer, ponsel, dan tablet berisiko menekan kadar melatonin dan menunda kantuk. Matikan alat elektronik tersebut setidaknya satu jam sebelum tidur agar Si Kecil tidur terlelap. Jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan agar tetap terasa sejuk.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Tes yang Penting untuk Bayi

Nah, itulah beberapa tips yang bisa ibu lakukan agar Si Kecil mudah tidur. Hindari melakukan hal-hal yang belum terbukti keamanannya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada Si Kecil.

Referensi:
Good House Keeping (Diakses pada 2019). 10 Worst Mistakes You Could Make Giving Kids Medicine.
Drugs (Diakses pada 2019). Cetirizine.
Kids Health (Diakses pada 2019). Medicines: Using Them Safely.
Raising Children (Diakses pada 2019). How to sleep better: 10 tips for children.