Awas, Ini Komplikasi Akibat Ketoasidosis Alkoholik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Awas, Ini Komplikasi Akibat Ketoasidosis Alkoholik

Halodoc, Jakarta - Alkohol adalah suatu senyawa organik yang dapat menyebabkan kamu menjadi mabuk. Selain itu, terdapat banyak penyakit yang dapat terjadi jika dikonsumsi terlalu banyak. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada seseorang adalah ketoasidosis alkoholik.

Ketoasidosis alkoholik merupakan keadaan darurat medis yang serius jika terjadi pada seseorang, sehingga membutuhkan rawat inap. Selain alkohol, gangguan ini juga dapat disebabkan oleh diabetes. Penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi yang dapat berbahaya. Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi!

Baca juga: Begini Cara Mengobati Ketoasidosis Alkoholik

Komplikasi yang Disebabkan oleh Ketoasidosis Alkoholik

Sel di dalam tubuh membutuhkan glukosa dan insulin agar dapat berfungsi secara normal. Glukosa didapatkan dari makanan yang kamu konsumsi dan insulin merupakan zat yang dihasilkan dari pankreas. Ketika kamu mengonsumsi alkohol, pankreas kamu mungkin akan berhenti memproduksi insulin dalam waktu yang singkat.

Tubuh yang tidak menghasilkan insulin, sel-selnya tidak dapat menggunakan glukosa agar menjadi energi. Setelah itu, tubuh kamu akan membakar lemak yang ada. Ketika membakar lemak untuk energi, produk sampingan seperti keton. Lama-kelamaan, keton akan bertumpuk di aliran darah dan menyebabkan ketoasidosis.

Seseorang yang mengidap gangguan ini akan mengalami segala sesuatu yang ditelannya akan berubah menjadi asam. Ketika terjadi, kamu mungkin mengalami beberapa komplikasi yang berbahaya. Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap kelainan ini, yaitu:

  1. Ketergantungan Alkohol

Salah satu komplikasi yang dapat disebabkan oleh ketoasidosis alkoholik adalah ketergantungan pada alkohol. Untuk menghentikannya, dokter akan melihat gejala yang timbul dan mungkin akan diberikan obat. Dalam tahap parah, kamu mungkin mengalami perdarahan gastrointestinal.

Gangguan perdarahan tersebut terjadi pada saluran pencernaan. Darah akan terlihat ketika kamu buang air besar atau dalam tahap jarang ketika kamu muntah. Hal ini dapat menyebabkan tinja berwarna hitam atau kering. Jika terjadi, hal ini mungkin saja mengancam nyawa pengidapnya.

Baca juga: Ini Bedanya Ketoasidosis Alkoholik dan Ketoasidosis Diabetik

  1. Pneumonia

Komplikasi lainnya yang disebabkan oleh ketoasidosis alkoholik adalah pneumonia. Hal ini menyebabkan peradangan pada kantung-kantung udara di paru-paru. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang rusak karena alkohol. Maka dari itu, pembatasan minum alkohol sangat dibutuhkan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan tersebut, dokter dari Halodoc dapat membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu miliki! Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik terkait ketoasidosis alkoholik yang dipesan secara online melalui aplikasi tersebut.

  1. Pankreatitis

Ketoasidosis alkohol juga dapat menyebabkan kamu memiliki kemungkinan mengalami komplikasi seperti pankreatitis. Hal ini terjadi karena pankreas yang meradang karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Jika gangguan ini bertambah parah, beberapa organ penting kamu mungkin juga terkena dampaknya.

  1. Ensefalopati Wernicke

Kamu mungkin juga mengalami ensefalopati wernicke yang disebabkan oleh kelainan saraf akibat kekurangan vitamin B1. Hal ini terjadi dilatari oleh terlalu banyak mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama. Ketika terjadi, kamu mungkin mengalami perubahan sistem saraf dan cara berpikir.

Baca juga: Pengidap Diabetes Tipe 1 dan 2 Bisa Idap Ketoasidosis Alkoholik

  1. Psikosis

Kamu juga mungkin mengalami psikosis akibat ketoasidosis alkoholik. Hal ini membuat kamu mengalami halusinasi sehingga sulit membedakan kenyataan dan imajinasi. Seseorang yang mengalami hal ini mungkin mengalami masalah mental yang serius. Pembatasan konsumsi alkohol sejak dini memang penting untuk dilakukan.

Referensi:
Penn state hershey.Diakses pada 2019.Alcoholic ketoacidosis
Health Line.Diakses pada 2019.Alcoholic Ketoacidosis