• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Malas Gerak saat WFH Bisa Sebabkan Nyeri Otot
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Malas Gerak saat WFH Bisa Sebabkan Nyeri Otot

Awas, Malas Gerak saat WFH Bisa Sebabkan Nyeri Otot

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 November 2021
Awas, Malas Gerak saat WFH Bisa Sebabkan Nyeri Otot

“Selama masa pandemi, bekerja dari rumah atau work from home menjadi sebuah keharusan dan rutinitas yang harus dijalani. Namun, ternyata kamu tetap harus aktif bergerak agar tidak mengalami nyeri pada otot”

Halodoc, Jakarta – Zona nyaman telah tercipta pada pekerja yang selama pandemi melakukan Work from Home (WFH). Keterbatasan ruang di rumah membuat orang malas bergerak yang berujung munculnya masalah pada otot, terutama di daerah leher, pundak, punggung, pinggang, paha, dan kaki. Apalagi, bekerja dari rumah tidak mengharuskan kamu untuk duduk tegak sebagaimana bekerja di kantor.

Jika terlalu malas, beberapa orang akan bekerja di atas kasur atau sofa empuk. Alhasil, posisi enak tersebut membuat orang malas bergerak. Tidak disadari, nyeri otot pun muncul akibat terlalu lama diam dalam posisi yang sama. Jika sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Jangan sampai terjadi, berikut ini langkah mengatasi dan beragam masalah kesehatan saat WFH.

Baca juga: Meski Repot, Ini 5 Keuntungan WFH bagi Keluarga

Masalah Kesehatan saat WFH Beserta Langkah Mengatasinya

Seperti pada penjelasan sebelumnya, nyeri otot menjadi salah satu masalah kesehatan saat WFH akibat berdiam diri pada posisi yang sama dalam waktu lama. Jika sudah begitu, berikut ini beberapa gangguan yang biasanya terjadi:

1. Sakit Punggung

Masalah kesehatan saat WFH yang sering terjadi, yaitu sakit punggung. Sakit punggung merupakan gangguan yang dapat terjadi secara berkepanjangan. Alasannya adalah, jarang bergerak dan lebih banyak duduk. Sebanyak 45 persen pekerja yang melakukan WFH, mereka mengeluhkan sakit pada punggung dan nyeri sendi. Sebanyak 71 persen dari mereka, mengeluhkan rasa sakit yang semakin parah.

2. Nyeri Pergelangan Tangan

Masalah kesehatan saat WFH yang satu ini terjadi akibat mengetik terlalu lama. Bahkan dalam kasus yang parah, carpal tunnel syndrome (CTS) bisa saja terjadi. gangguan kesehatan tersebut ditandai dengan kesemutan, kelemahan otot di tangan dan jari, serta mati rasa.

3. Sakit pada Leher

Sakit leher juga menjadi masalah kesehatan yang dapat terjadi karena malas gerak saat WFH. Sakit leher saat WFH terjadi akibat posisi tubuh yang kurang baik saat bekerja. Beberapa posisi tersebut seperti duduk sambil bersandar di sofa, sehingga membuat leher tertekuk dalam waktu lama.

Jika sudah mengalami sejumlah gangguan kesehatan tersebut, kamu perlu mengatasinya segera agar waktu WFH tidak terganggu. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah mengonsumsi Alaxan FR, yaitu obat yang dapat bekerja secara cepat untuk meredakan segala keluhan, seperti nyeri otot di leher, pundak, punggung, kaki, nyeri haid, atau sakit gigi.

Baca juga: Hati-hati, Ini 6 Gangguan Fisik yang Bisa Terjadi Akibat WFH

Obat tersebut bekerja dengan menurunkan atau meminimalisir rasa sakit, meningkatkan aliran darah, serta membantu menurunkan panas melalui urine atau keringat. Obat ini dapat dikonsumsi 3–4 kali dalam sehari, setelah makan. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya. Jangan lupa untuk membaca tabel kemasan terlebih dulu sebelum kamu mengonsumsinya.

Baca juga: Jam Kerja Tetap Efektif saat WFH, Ini Triknya

Nah, itulah sejumlah masalah kesehatan saat WFH yang bisa terjadi pada siapa saja. Agar tetap sehat selama WFH, kamu disarankan untuk sering bergerak dengan melakukan peregangan tubuh, juga mengistirahatkan mata dari gadget. Jika langkah pencegahan tidak ampuh, jangan lupa untuk mengonsumsi Alaxan FR. Jangan lupa baca tabel kemasan sebelum dikonsumsi, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Rediff. Diakses pada 2021. 5 health risks of working from home.
Benefits Pro. Diakses pada 2021. Physical pain, depression increase as more people work from home.
Times Now News. Diakses pada 2021. Work from home leading to too much screen time? Know what is computer vision syndrome.
Huffpost. Diakses pada 2021. This Is What Happens To Your Body When You Work From Home.