• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Pada Usia Ini Anjing Ogah Patuhi Pemiliknya

Awas, Pada Usia Ini Anjing Ogah Patuhi Pemiliknya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Awas, Pada Usia Ini Anjing Ogah Patuhi Pemiliknya

Halodoc, Jakarta - Saat usia anjing masih kecil, dia tampak lucu, manis, dan menggemaskan. Anjing yang masih kecil juga masih bersemangat dan bisa dilatih dan mematuhi perintah. Namun, ada saatnya kamu melewati usia anjing tidak nurut dan sulit diatur. Beberapa anjing mulai tidak patuh saat usia remaja.

Meskipun masih terhitung kanak-kanak, anjing biasanya bergantung pada orang dan anjing lain. Anjing memiliki naluri yang kuat untuk membiarkan dirinya dibimbing oleh manusia. Begitu anjing memasuki usia 6 bulan, ia mulai berpikir sendiri dan menguji kemandirian. Pada saat inilah kamu harus konsisten dengan aturan yang ditetapkan dan dengan semua yang sudah diajarkan. Lantas, berapa usia anjing tidak nurut?

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Masa Remaja Anjing yang Ogah Patuh

Masa remaja anjing, yaitu rentang usia 6 hingga 18 bulan, adalah periode kritis untuk hubungan kamu dengan anjing peliharaan. Berikut ini tanda-tanda anjing mengalami perubahan perilaku, yaitu: 

  • Canine Adolescence

Sama seperti manusia, anjing memasuki masa peralihan masa remaja, meskipun datang lebih cepat. Ketika anak anjing berusia antara 6 hingga 18 bulan, ia akan memasuki tahap pemberontakan. Perilaku ini mungkin terjadi di waktu yang sama dengan beberapa perilaku baru lainnya, yaitu akar dari pola hormonal pada anjing yang tidak tetap. 

  • Perilaku Memberontak

Jika hewan peliharaan tiba-tiba lebih temperamental dan lebih keras kepala di usia 5-6 bulan, maka kemungkinan anjing sudah memasuki usia remaja. Anjing yang tadinya penuh perhatian dan lembut, akan berhenti merespon perintah kamu. Anjing akan tampak ingin tahu tentang sekitarnya dan bahkan mencoba kabur untuk menyelidikinya sendiri. Kamu juga akan menemukan beberapa furniture rumah rusak akibat tingkah lakunya. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

  • Dominasi

Salah satu tanda umum anjing mengalami masa pemberontakan adalah peningkatan perilaku dominan. Jika kamu melihat tanda-tanda agresi, sebaiknya diskusikan dengan pelatih anjing atau dokter hewan.

Jangan mencoba menangani masalah agresi anak anjing sendiri, karena mungkin tidak aman. Selalu jauhkan hewan agresif dari jangkauan anak-anak. Perlu diingat, semakin cepat kamu menghentikan sifat agresif anjing, semakin baik pula untuk jangka panjangnya. 

  • Neutering dan Spaying

Perkembangan seksual anjing muncul antara usia 6 dan 18 bulan. Perilaku hormonal, secara alami, hanyalah bagian dari tahap ini. Bentuk perilaku ini mungkin tampak memberontak dan menantang, seperti buang air kecil sembarangan di dalam rumah atau mencoba kabur dari rumah untuk mencari pasangan.

Pada banyak kasus, tindakan sterilisasi hewan bisa mengatasi perilaku ini. Namun sebaiknya bicarakan terlebih dulu pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc mengenai waktu yang tepat untuk memperbaiki pemberontakan anjing peliharaan kamu dengan cara ini. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

Bagaimana Mengelola Perilaku Anjing yang Tidak Patuh?

Konsistensi adalah kunci selama menghadapi masa-masa sulit ini. Sebaiknya kamu tidak frustasi dan menyerah pada perilaku anjing yang mulai ogah patuh. Meskipun tampaknya anjing peliharaan mengabaikan kamu, jangan sampai tersulut emosi. Dia mungkin sedang menguji batas kemampuannya. 

Memandulkan atau mensterilkan anjing sebelum pubertas, sekitar usia 6 bulan, bisa membantu meminimalkan lonjakan hormon. Sementara itu, kamu perlu melatih kesabaran, misalnya saat anjing buang kotoran sembarangan, mulai kabur-kaburan, dan merusak perabotan rumah. Harap bersabar dan maklum, karena perilaku tersebut didasari perubahan hormon seksual anjing yang sedang berkembang. 

Referensi:
Daily Puppy. Diakses pada 2021. At What Age Does a Puppy Go Through a Rebellious Stage?
Affinity Pet Care. Diakses pada 2021. Your dog is not disobedient; it is a teenager
The Nest. Diakses pada 2021. At What Age Does a Puppy Go Through a Rebellious Stage?