Awas Pedofilia, Ini Pentingnya Edukasi Seks bagi Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Awas Pedofilia, Ini Pentingnya Edukasi Seks bagi Anak

Halodoc, Jakarta - Saat anak tumbuh semakin besar, banyak hal yang harus kamu ajarkan padanya sebagai orangtua. Mulai dari cara menghitung, cara berempati, hingga edukasi tentang seks. Memang, mengajari anak seks sejak dini selalu dianggap tabu di Indonesia walaupun terbilang penting.

Orangtua yang baik harus mengajarkan segala hal termasuk edukasi seks, karena memang memiliki banyak manfaat. Salah satu hal yang dapat dihindari apabila anak sudah mendapatkan pendidikan tentang hal tersebut adalah menghindari pedofilia. Berikut pembahasan mengenai hal tersebut!

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Mulai Pendidikan Seks pada Anak

Pentingnya Edukasi Seks pada Anak untuk Hindari Pedofilia

Seorang anak pasti selalu ingin tahu tentang semua hal, termasuk juga terhadap seks. Dengan melakukan edukasi seks secara dini dapat membantu anak-anak untuk memahami tentang tubuh dan membuatnya lebih tahu apa yang harus dilakukan. Pada anak yang lebih muda umumnya lebih tertarik pada kehamilan dibanding seks.

Dengan membahas seks juga dapat menjadi awal untuk memulai komunikasi terbuka dengan anak. Kamu dapat membangun komunikasi yang jujur dan terbuka antara orangtua dan anak yang memang sangat penting dilakukan. Hal tersebut akan membuat anak menceritakan semua hal pada orangtuanya, seperti kecemasan dan depresi.

Dengan memulai percakapan tentang seks sejak dini dan terus melakukan komunikasi terbuka saat anak tumbuh dapat menjadi strategi pendidikan seks yang paling baik. Percakapan yang paling mudah dilakukan adalah ketika melihat kejadian yang di depan mata, seperti kehamilan atau bayi.

Kamu juga dapat bertanya terkait edukasi seks pada anak ke dokter dari Halodoc. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Memberikan Pendidkan Seks pada Anak dengan Cara yang Baik dan Benar

Apa saja manfaat edukasi seks pada anak yang dapat mencegah terjadinya pedofilia? Berikut beberapa manfaat yang dapat diterima oleh anak ibu:

Setiap anak harus mengetahui perubahan yang akan terjadi pada tubuhnya, penyebab terjadinya hal tersebut, dan cara tetap sehat walaupun hal tersebut terjadi. Dengan edukasi ini, orangtua dapat melindungi anak dari pelaku pelecehan seksual, seperti seseorang yang mengidap pedofilia.

Orangtua juga dapat membentuk anak agar sadar terhadap beberapa penyakit yang berhubungan dengan seksual dan infeksi, mengajarinya dan untuk mengatur kebiasaan seksual serta emosinya. Orangtua juga dapat membentuknya agar tetap berpendirian kuat meski berada di lingkungan yang tidak sehat.

Orangtua harus mempunyai hubungan yang erat dengan anak-anaknya. Oleh karena itu, ibu dan ayah harus senantiasa menjadi sahabat, orang kepercayaan, dan gurunya. Seorang anak yang terbiasa dilatih untuk berbicara tentang apa pun dengan orangtuanya akan selalu bercerita tanpa rasa takut untuk dihakimi.

Segala konsep yang salah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan seksual harus benar-benar dijelaskan pada anak. Selain itu, Si Kecil harus benar-benar harus dirawat oleh seseorang yang sangat dipercaya jika ibu dan ayah diharuskan untuk bekerja. Semua hal tersebut harus selalu dipertimbangkan.

Baca juga: Orangtua Perlu Tahu, Pendidikan Seks Tidak Tabu untuk Anak

Anak akan Lebih Aman dari Pedofilia dengan Edukasi Seks

Semakin banyak anak-anak yang terpapar gambar seksual di media, semakin besar kemungkinan dirinya akan terlibat dalam perilaku seksual di usia dini. Namun, pendidikan seks yang sebenarnya tidak mengarah pada pergaulan bebas. Anak-anak yang menerima pendidikan seks di rumah sebenarnya lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan aktivitas seksual yang berisiko.

Memiliki komunikasi terbuka dengan anak-anak tentang seks dan hal-hal lain terbilang sehat dan lebih aman dalam jangka panjang. Hal ini tidak selalu berarti akan mudah atau tanpa momen canggung. Namun, berbicara tentang seks sejak dini meningkatkan kemungkinan remaja akan mendekati orangtua ketika hal-hal sulit atau berbahaya muncul.

Referensi:
Information Parlour. Diakses pada 2019. the importance sex education children.
About Kids Health. Diakses pada 2019. Sex education for children: Why parents should talk to their kids about sex