Ayah Beyonce Idap Kanker Payudara, Kasus Langka pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ayah Beyonce Idap Kanker Payudara, Kasus Langka pada Pria

Halodoc, Jakarta - Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh wanita setelah kanker serviks. Namun, faktanya kanker payudara juga bisa diidap oleh kalangan pria. Inilah yang terjadi pada ayah dari seorang superstar Beyonce yaitu Matthew Knowles.

Pria berusia 67 tahun ini mengatakan kabar tersebut kepada Good Morning America bahwa ia telah menjalani operasi kanker pada Juli lalu dan mengatakan bahwa hasilnya sangat baik. Ia menjelaskan kondisi yang pernah dilaluinya tepat di hari pertama perayaan Bulan Kesadaran Kanker Payudara atau Breast Cancer Awareness pada Oktober. Kanker payudara pada pria adalah kasus yang jarang terjadi. Namun, Matthew berusaha menjelaskan bahwa deteksi dini adalah hal yang paling penting untuk bisa sembuh. 

Baca juga: Tanda Kanker Payudara pada Pria

Mengenal Lebih dalam Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara pada pria memang jarang terjadi, dan biasanya dialami oleh pria di atas 60 tahun. Kanker berkembang pada jaringan payudara kecil, tepatnya di belakang puting. Gejala awal yang sering terjadi adalah terdapat benjolan keras namun tidak menyebabkan rasa sakit di salah satu dada. Namun, penyebab umum terjadinya benjolan pada payudara tidak melulu kanker. Ini juga bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan gynaecomastia. Hal ini tergolong wajar dan merupakan kondisi yang tidak bersifat kanker tetapi hanya membuat jaringan dada pada pria membesar.

Kanker payudara pada pria dapat menyebabkan masalah pada puting, seperti puting melesak ke dalam atau mengeluarkan cairan. Namun, saat kanker menyebar dari satu payudara ke bagian tubuh lain, seperti tulang, hati, atau paru-paru, akan terjadi juga beberapa gejala yang akan dirasakan. Gejala tersebut, antara lain: 

  • Benjolan pada payudara atau daerah di sekitar payudara;

  • Tulang terasa sakit;

  • Pembengkakan pada kelenjar limpa, yang biasanya terjadi di dalam atau sekitar ketiak;

  • Napas menjadi pendek;

  • Cepat merasa lelah;

  • Kulit gatal.

Punya salah satu dari gejala di atas? Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Kini kamu bisa buat janji dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi yang kamu alami menggunakan aplikasi Halodoc. Tanpa perlu antre, kamu bisa langsung bertemu dan melakukan pemeriksaan dengan dokter. 

Baca juga: Harus Tahu, Bedanya Kanker dan Tumor

Mengapa Kanker Payudara pada Pria Bisa Terjadi?

Sayangnya hingga kini belum diketahui penyebab kanker bisa berkembang pada payudara pria. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko tersebut, di antaranya: 

  • Memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga, terutama saudara perempuan;

  • Pernah terpapar radiasi pada bagian dada;

  • Adanya pembesaran payudara (ginekomastia) dari hormon atau obat perawatan, atau bahkan akibat infeksi dan racun;

  • Asupan estrogen tanpa pengawasan dokter;

  • Mengidap sindrom Klinefelter;

  • Pecandu alkohol;

  • Sirosis hati;

  • Obesitas atau kegemukan;

  • Mutasi atau kelainan genetik. Pria dengan gen BRCA2 memiliki risiko kanker payudara lebih besar;

  • Alami penyakit testis seperti mumps orchitis, cedera testis, dan testis tidak turun.

Tidak hanya itu, ada juga laporan yang menyebutkan bahwa faktor risikonya meningkat jika pria bekerja di lingkungan panas, misalnya pabrik baja. Hal tersebut terjadi karena paparan suhu tinggi dalam jangka waktu yang lama memengaruhi testis dan akhirnya berpengaruh pada hormon. Pria yang kerap terkena uap bensin (bahan bakar gas) diduga memiliki risiko kanker payudara yang tinggi pula. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara pada pria ternyata memiliki kemungkinan sembuh yang sangat kecil. Hal ini karena kesadaran atas kondisi tersebut yang masih rendah. Matthew Knowles mengatakan bahwa para pria tidak perlu malu untuk membicarakan hal ini pada keluarga untuk kemudian mendapatkan pengobatan yang tepat. Kanker payudara yang didiagnosis pada stadium awal biasanya dapat disembuhkan. Pengobatan akan semakin efektif apabila semakin cepat ditemukan sel kanker dan belum menyebar ke jaringan lain. Untuk itu, perhatikan setiap gejala aneh yang timbul pada area payudara agar cepat untuk mendeteksinya.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Male breast cancer.
NHS Choices UK. Diakses pada 2019. Breast cancer in men.
BBC News. Diakses pada 2019. Beyonce's father Mathew Knowles reveals breast cancer diagnosis.