Baby Lead Weaning vs Spoon Feeding, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
baby led weaning vs spoon feeding, baby led weaning, spoon feeding

Halodoc, Jakarta - Mengajarkan Si Kecil makan sendiri, atau yang lebih dikenal dengan istilah baby led weaning menjadi metode penyapihan anak yang dipilih. Meski begitu, tidak sedikit pula ibu yang memilih untuk menyuapi sang buah hati atau spoon feeding. Sebenarnya, di antara baby lead weaning vs spoon feeding, manakah metode yang lebih baik untuk menyapih anak?

Baby Led Weaning dan Manfaatnya

Demi mengajarkan Si Kecil untuk bersikap mandiri sejak dini, beberapa ibu lebih memilih metode baby led weaning atau membiarkan anak makan sendiri. Peran ibu di sini hanyalah menyiapkan makanan kesukaannya dan mendampingi anak ketika sedang makan. Umumnya, menu makanan untuk mengajari metode ini tidak berupa makanan lunak atau pure, tetapi berupa makanan padat.

Melakukan metode ini demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak ternyata bukan tanpa alasan. Berikut beberapa manfaat dari metode baby led weaning yang akan diperoleh Si Kecil:

1. Anak akan Lebih Mudah Mengenal Tekstur dan Rasa Makanan

Penyajian menu makanan dalam bentuk padat membuat Si Kecil bisa mengenali teksturnya karena mudah digenggam. Cara ini sekaligus mengenalkan berbagai rasa pada anak ketika ia memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

2. Jenis Makanan yang Dikonsumsi Menjadi Lebih Bervariasi

Membiarkan anak makan sendiri tidak hanya membuatnya lebih mengenal tekstur dan rasa. Cara ini juga bisa membuat Si Kecil mengonsumsi makanan yang lebih beragam.

3. Kadar Lemak dalam Tubuh Anak Menjadi Lebih Rendah

Sebuah studi menyatakan bahwa anak yang makan dengan metode led weaning akan memiliki kadar lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan ketika disuapi. Ini disebabkan karena ia akan lebih banyak bergerak ketika makan.

Baca juga: Hati-Hati Shaken Baby Syndrome Saat mengayun Bayi

Spoon Feeding dan Manfaatnya

Menyuapi bayi dan memberikannya menu makanan lunak tentu sudah menjadi cara menyapih yang paling umum dilakukan. Meski akan lebih merepotkan ibu, ternyata metode ini juga memiliki berbagai manfaat, seperti:

1. Tidak Menghabiskan Banyak Waktu

Menyuapi Si Kecil tentu akan mempersingkat waktu makan. Dengan begitu, ia tidak akan mudah bosan karena ketika makan sendiri, waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskannya memang cenderung lebih lama.

2. Tahu Porsi Makan Si Kecil

Tidak hanya mempersingkat waktu, menggunakan metode spoon feeding saat menyapih anak juga membuat ibu lebih tahu porsi makan Si Kecil. Dengan begitu, ibu bisa memberikan porsi yang sama atau sedikit menambahnya pada jadwal makan anak berikutnya.

3. Risiko Tersedak Lebih Kecil

Metode spoon feeding menggunakan menu makanan lunak. Ini tentu saja akan membuat anak tidak kesulitan menelannya, sehingga risiko ia mengalami tersedak akan lebih kecil.

Baby Led Weaning vs Spoon Feeding, Lebih Baik Mana untuk Si Kecil?

Baby led weaning vs spoon feeding sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya. Jadi, yang mana pun pilihan ibu, pasti berdampak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika ibu memilih untuk membiarkannya makan sendiri, pastikan makanan padat yang ibu berikan tidak terlalu keras sehingga anak tidak kesulitan menelannya. Ibu juga bisa melakukan dua cara ini secara bergantian, karena dengan menyuapi anak, asupan nutrisi hariannya tetap terjaga.

Baca juga: Ibu Baru Wajib Pahami 5 Tips Merawat Newborn Baby Berikut Ini

Apabila ibu menemukan gejala yang tidak biasa pada tubuh anak, segera tanyakan pada dokter untuk menghindari terjadinya komplikasi. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan ibu bertanya pada dokter dan mendapatkan penanganan. Aplikasi Halodoc sudah tersedia dan bisa ibu donwload melalui Play Store atau App Store.