Bagaimana Bentuk Wajah Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Bentuk Wajah Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang?

Halodoc, Jakarta – Percaya atau tidak wajah sedikit banyak perwujudan representasi kepribadian seseorang. Kalau menurut informasi psikologi yang dipublikasikan oleh Social Mettle, bentuk wajah yang panjang dan kurus menandakan seseorang tersebut memiliki daya tahan kuat dan percaya diri. 

Sedangkan mereka yang memiliki wajah lebar, diyakini memiliki pikiran luas dan perspektif dekat dengan alam. Lantas, apakah ini sepenuhnya benar? Ingin tahu lebih lanjut bagaimana bentuk wajah menunjukkan kepribadian seseorang, baca selanjutnya di sini!

Dibandingkan dengan Fitur Fisik Hewan

Praktik membaca kepribadian seseorang dari bentuk wajahnya dilakukan sejak zaman Yunani kuno. Dulunya orang-orang Yunani kuno mengumpulkan fitur fisik dari seseorang dan membandingkan ciri-ciri tersebut dengan hewan. Misalnya, seseorang dengan hidung bengkok dikatakan menyerupai elang dan karenanya galak.

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

Kalau menurut Profesor Ian Penton-Voak dari University of Bristol, semua sifat dapat diidentifikasi melalui fitur fisik. Selain itu juga, genetika menyumbang sekitar 50 persen dari kepribadian seseorang dan pengalaman juga memainkan peran dalam membangun karakteristiknya.

Kalau menurut Vinita Mehta Ph.D., Ed.M. seorang psikolog expert dari Harvard Medical School, wajah manusia juga dapat menyampaikan karakteristik penting, berikut ini hanya dua hal yang dapat diceritakan wajah, yaitu:

  1. Agresif

Menurut Vinita, kadar agresif seorang laki-laki bisa dilihat dari rasio lebar dan tinggi wajahnya. Wajah yang lebar dan tinggi dikaitkan dengan keagresifan yang signifikan dan kadar testosteron yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, ini juga terhubung dengan perilaku dominannya. 

  1. Orientasi Seksual

Fitur wajah tertentu berhubungan dengan orientasi seksual. Perempuan yang berorientasi sesama jenis cenderung memiliki hidung yang lebih tinggi, mulut yang lebih mengerut, dahi lebih kecil, dan bentuk wajah sedikit lebih maskulin. 

Hal yang berbeda terjadi pada laki-laki yang menyukai sesama jenis, di mana mereka memiliki pipi yang menonjol lebih banyak, hidung lebih pendek, dan dahi yang lebih miring ke belakang.

Bentuk Kepala Juga Menunjukkan Kepribadian?

Ternyata tidak hanya bentuk wajah saja, bentuk kepala sebenarnya juga menceritakan sesuatu tentang kepribadian kita. Seperti ini contohnya:

Baca juga: Bisa Menyerang Siapa Saja, Ini Fakta Kesehatan Mental

  1. Tulang Alis yang Menonjol

Tulang alis yang menonjol, maka kamu cenderung sangat jeli dan analitis serta memiliki indera pendengaran yang tajam.

  1. Tengkorak yang Menonjol di Bagian Depan Atas

Jika kamu memiliki dahi yang menonjol, ini menunjukkan kalau kamu penuh perhatian dan sangat bersemangat. Selain itu, juga ada kecenderungan memiliki pemikiran independen dan sering akan lebih suka melakukan hal-hal dengan cara yang berbeda.

  1. Tengkorak Ubun-Ubun Menonjol ke Atas

Jika kondisi tengkorak ubun-ubun menonjol ke atas, ini menunjukkan kalau kamu tertarik pada hal-hal yang lebih abstrak dan spiritual. Kamu sadar akan kesehatan dan menjaga keseimbangan dalam semua aspek kehidupan. 

  1. Tengkorak Menonjol ke Belakang

Memiliki tengkorak yang menonjol ke belakang menunjukkan fisik kuat dan ketahanan mental yang hebat, pekerja keras dalam hal studi dan karier.

Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai informasi psikologi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter ataupun psikolog yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Rebel Circus. Diakses pada 2019. Can You Actually Tell Someone’s Personality Based On Their Features?
Psychology Today. Diakses pada 2019. Things Your Face Tells The World.
Goodyfeed.com. Diakses pada 2019. Here’s What Your Shape Says About Your Personality.
Socialmettle.com. Diakses pada 2019. How are Face Shape and Personality Related?