• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Efektif Mengecilkan Perut Buncit setelah Melahirkan?

Bagaimana Cara Efektif Mengecilkan Perut Buncit setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bagaimana Cara Efektif Mengecilkan Perut Buncit setelah Melahirkan?

Halodoc, Jakarta - Ketika memasuki masa kehamilan hingga melahirkan, terdapat beragam perubahan fisik pada tubuh bumil. Hal yang paling kentara adalah bertambahnya berat badan hingga membuat perut bertambah besar atau bahkan buncit. 

Hal yang perlu diingat, tak ada cara instan untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Membutuhkan waktu dan kedisiplinan untuk membuat perut kembali rata dan kencang pasca melahirkan. Bahkan, dalam beberapa kasus membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahun untuk menyingkirkan perut buncit tersebut.

Pertanyaanya, bagaimana sih cara mengecilkan perut pasca melahirkan? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut dengan Cepat

1.Rutin Berolahraga

Salah satu cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan adalah melalui olahraga. Namun, ada beragam hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai olahraga setelah melahirkan. Menurut ahli di National Health Service (NHS) UK, jika dirimu melahirkan secara normal, kamu dapat memulai olahraga ringan setelah merasa fit dan sanggup. Contohnya seperti berjalan, peregangan, latihan dasar panggul dan perut.

Namun, bila dirimu melahirkan dengan prosedur caesar, waktu pemulihan biasanya akan lebih lama. Oleh sebab itu, cobalah tanyakan pada dokter kandunganmu sebelum memutuskan untuk rutin berolahraga. 

Nah, cara mengecilkan perut setelah melahirkan bisa berfokus pada olahraga yang memperkuat otot perut bagian dalam (abdominis transversal). Menurut ahli di American Council on Exercise, kamu dapat melakukan latihan otot perut 2–3 kali seminggu. Sebuah studi pada 40 wanita mengungkapkan, latihan perut bagian dalam cukup efektif untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. 

Manfaat olahraga sebenarnya tidak hanya seputar mengecilnya perut saja. Aktivitas ini juga membantu mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori. Singkat kata, olahraga menyimpan beragam keistimewaan bagi wanita yang baru melahirkan. 

2.Terus Menyusui Si Kecil

Menyusui bayi bisa membantu ibu untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Menyusui ternyata juga dapat membantu ibu untuk menurunkan berat badan.

Ketika ibu menyusui, tubuh menggunakan sel lemak yang disimpan di dalam tubuh selama kehamilan, bersama dengan kalori dari makanan lainnya. 

Hal ini yang dapat membantu ibu untuk menurunkan berat badan. Menyusui dapat membantu ibu membakar 500 kalori per hari. Berat ibu yang menyusui kemungkinan akan lebih cepat turun, bila dibandingkan dengan ibu yang memberikan susu botol pada bayinya. 

3.High Intensity Interval Training

Ibu yang melahirkan normal juga dapat mencoba olahraga high intensity interval training (HIIT) untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Hal yang perlu ditegaskan, lagi-lagi tanyakan pada dokter sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga jenis ini. Ibu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut

Menurut ahli di NHS UK, biasanya ibu perlu menunggu sampai pemeriksaan pascakelahiran 6 minggu sebelum melakukan olahraga berdampak tinggi (high-impact exercise), seperti aerobik atau berlari. Jika ibu rutin berolahraga sebelum melahirkan dan telah merasa bugar, mungkin dokter akan memperbolehkan lebih awal.

Menurut studi, olahraga HIIT lebih efektif mengurangi lemak perut daripada kardio tradisional. Ada beragam jenis HIIT yang bisa ibu coba, contohnya bersepeda, berenang, berlari maupun cardio.

4.Jaga Asupan Makanan

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan tak akan efektif bila tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat. Berat badan sehat usai persalinan bisa didapat melalui asupan makanan bergizi.

Contohnya seperti protein, karbohidrat kompleks lemak tak jenuh, makanan tinggi serat, biji-bijian, hingga buah dan sayuran. Makanan-makanan seperti ini membuat ibu merasa kenyang lebih lama. 

Cobalah hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti junk food atau makanan cepat saji. Makan seperti ini membuat proses mengecilkan perut semakin sulit. Terakhir, jangan sekali-kali mencoba diet ekstrem untuk menurunkan berat badan demi mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. 

Baca juga: 5 Cara Cepat Mengecilkan Paha

Diet ekstrem ini bisa membuat ibu stres, kelaparan, kelelahan, hingga memengaruhi produksi ASI. Diet ekstrem juga dapat membuat ibu kekurangan asupan gizi yang cukup. Hati-hati, kondisi ini bisa membuat Si Kecil kekurangan nutrisi yang ia butuhkan dari ASI. Jadi, selalu perhatikan cara yang aman untuk menurunkan badan dan mengecilkan perut buncit setelah melahirkan.



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Weight loss after pregnancy: Reclaiming your body
National Health Service - UK. Diakses pada 2020. Keeping fit and healthy with a baby -Your pregnancy and baby guide
Healthline. Diakses pada 2020. Saying Adieu to Your Postpartum Belly (but Celebrating It, Too)
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. High-Intensity Intermittent Exercise and Fat Loss.