• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mencegah Preeklamsia Menjadi Eklampsia?

Bagaimana Cara Mencegah Preeklamsia Menjadi Eklampsia?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil saat menjalani kehamilan. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, hingga memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Hal ini dilakukan untuk mencegah gangguan kehamilan yang mungkin dialami. Salah satunya adalah preeklamsia.

Baca juga: Serba-Serbi Mencegah Preeklamsia di Masa Kehamilan

Hingga saat ini penyebab preeklamsia masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini berisiko memicu berbagai komplikasi yang berbahaya, seperti eklampsia. Tentunya kondisi ini dinilai berbahaya bagi kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah preeklamsia menjadi eklampsia.

Mengenali Gejala Preeklamsia untuk Penanganan yang Tepat

Preeklamsia merupakan kondisi peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine ibu hamil. Hingga saat ini, penyebab preeklamsia belum diketahui secara pasti. Namun, ibu hamil dengan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, hingga gangguan darah rentan mengalami kondisi ini.

Tidak hanya itu, preeklamsia juga bisa dipicu oleh faktor lain. Mulai dari kehamilan pertama, usia ibu kurang dari 20 tahun atau lebih dari 40 tahun saat menjalani kehamilan, hingga memiliki riwayat preeklamsia dalam keluarga. 

Kondisi ini umumnya dialami saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Ada beberapa gejala yang dialami oleh pengidap preeklamsia. Tekanan darah tinggi, proteinuria, sakit kepala, nyeri di perut kanan atas, sesak napas, pusing, lemas, hingga penurunan frekuensi buang air kecil menjadi tanda dari gejala preeklamsia yang perlu segera diatasi.

Baca juga: Adakah Pencegahan Efektif untuk Kondisi Eklampsia?

Lakukan Ini untuk Mencegah Preeklamsia Menjadi Eklampsia

Preeklamsia menjadi salah satu kondisi yang cukup berbahaya bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Preeklamsia yang tidak ditangani dengan tepat, nyatanya dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Salah satunya adalah eklampsia.

Eklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi dan kejang selama menjalani kehamilan hingga persalinan. Tentunya, kondisi ini dapat mengancam nyawa ibu maupun bayi dalam kandungan.

Untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil mencegah preeklamsia menjadi eklampsia. Preeklamsia sendiri merupakan kondisi yang sulit dicegah. Namun, jika ibu didiagnosis mengalami preeklamsia, sebaiknya lakukan beberapa cara ini untuk mencegah preeklamsia menjadi eklampsia:

1.Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Sebaiknya jalani gaya hidup sehat untuk mencegah preeklamsia menjadi eklampsia. Ibu bisa mengurangi asupan garam dan perbanyak istirahat untuk menjaga kondisi kehamilan tetap stabil. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak asupan air putih untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

2.Lakukan Pemeriksaan Kehamilan Rutin

Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke rumah sakit nyatanya sangat diperlukan. Saat pemeriksaan, tekanan darah, berat badan ibu, bahkan kondisi bayi dalam kandungan akan diperiksa secara menyeluruh oleh dokter. 

Dengan begitu, jika ibu diketahui mengalami preeklamsia, kondisi ini dapat ditangani dengan lebih dini, sehingga terhindar menjadi komplikasi yang cukup parah. 

3.Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain dari makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, nyatanya ibu juga bisa mendapatkan vitamin dan nutrisi dari suplemen yang tepat. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai suplemen yang sesuai dengan kondisi ibu.

Untuk mendapatkan suplemen yang dibutuhkan, kini ibu bisa gunakan Halodoc dengan menggunakan layanan beli obat. Ibu bisa menunggu obat dari rumah dan akan diantar dalam waktu 60 menit. Download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: 5 Cara Cegah Preeklampsia Usai Persalinan

Itulah beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah preeklamsia menjadi eklampsia. Jangan abaikan keluhan kesehatan yang ibu alami selama kehamilan. Pemeriksaan dini tentunya dapat membantu ibu dan bayi terhindar dari berbagai gangguan kehamilan.

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Preeclampsia.
Healthline. Diakses pada 2021. Eclampsia.