• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mendukung Teman yang Mengidap Bipolar?

Bagaimana Cara Mendukung Teman yang Mengidap Bipolar?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Memiliki teman dengan gangguan mental bipolar bisa menjadi hal yang cukup sulit. Pasalnya, perubahan suasana hati yang terjadi cukup cepat memengaruhi semua orang di sekitarnya. Ini bisa membuat hubungan kalian menjadi tegang dan mengganggu semua aspek kehidupan.

Selama episode manik, kamu harus menghadapi hal-hal sembrono, tuntutan yang keterlaluan, perasaan yang meledak-ledak, dan keputusan yang tidak bertanggung jawab dari mereka yang mengidap bipolar.

Ketika episode manik berlalu, seringkali pengidapnya dan kamu sebagai orang terdekatnya harus berurusan dengan konsekuensinya. Selama episode depresi, kamu harus memakluminya saat mereka tiba-tiba kehilangan gairah untuk melakukan aktivitasnya. 

Kabar baiknya, kebanyakan orang dengan gangguan bipolar bisa menstabilkan suasana hati mereka dengan perawatan, pengobatan, dan dukungan yang tepat. Kesabaran, kasih sayang, dan pengertian dari kamu sebagai temannya berperan penting dalam perawatan dan pemulihannya. Ini karena saat pengidap bipolar memiliki seseorang untuk diajak bicara, ini bisa membuat perbedaan bagi pandangan dan motivasi mereka.

Baca juga: Mengidap Bipolar, Kapan Sebaiknya Hubungi Psikolog?

Namun, kamu perlu ingat bahwa merawat seseorang dengan gangguan bipolar juga bisa menimbulkan risiko jika kamu mengabaikan kebutuhan diri sendiri. Jadi, penting untuk menemukan keseimbangan antara mendukung temanmu yang mengidap bipolar dan merawat diri sendiri.

Cara Mendukung atau Membantu Seseorang dengan Bipolar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Pahami Lebih Jauh tentang Bipolar

Semakin banyak kamu tahu tentang gangguan bipolar, semakin banyak kamu dapat membantu. Misalnya, memahami gejala manik dan depresi dapat membantu kamu paham bagaimana harus bereaksi dengan tepat.

Kamu juga bisa menanyakan hal-hal seputar bipolar disorder dengan psikolog di Halodoc lho. Psikolog di Halodoc akan menjelaskan semua hal yang perlu kamu pahami mengenai gangguan bipolar melalui smartphone

  • Berusaha untuk Mendengarkan

Kamu tidak selalu perlu memberikan jawaban atau saran untuk membantu. Menjadi pendengar yang baik adalah hal penting yang dapat dilakukan untuk seseorang dengan gangguan bipolar. Terutama ketika mereka ingin berbicara tentang tantangan yang mereka hadapi. Menerima dan mengerti mereka dapat membantu orang itu merasa lebih nyaman dengan kondisi mereka. Kamu juga bisa menjadi pendengar yang lebih baik dengan cara:

  • Aktif memperhatikan apa yang mereka katakan;
  • Tetap tenang selama percakapan;
  • Menghindari argumen;
  • Menghindari topik apa pun yang tampaknya membuat mereka jengkel atau frustrasi.

Baca juga: Kenali Fase Gejala Gangguan Bipolar

  • Pengertian dan Dukung Mereka

Bagi mereka yang alami gangguan bipolar, kadang-kadang bisa terasa seperti seluruh dunia menentang mereka. Meyakinkan bahwa kamu berada di pihak mereka dapat membantu mereka merasa lebih stabil. Kamu tidak harus setuju dengan perilaku dan tindakan orang tersebut.

Namun, kamu bisa selalu mendukung mereka karena orang dengan gangguan bipolar sering merasa tidak berharga atau putus asa. Menegaskan kekuatan dan kualitas positif mereka membantu mereka pulih dari episode depresi dengan lebih mudah.

  • Aktif dalam Perawatan Mereka

Perawatan untuk orang dengan gangguan bipolar biasanya terdiri dari banyak sesi terapi dan kunjungan dokter. Meskipun kamu tidak harus menghadiri janji temu ini, kamu bisa membantu seseorang dengan gangguan bipolar dengan datang bersama mereka dan kemudian menunggu mereka sampai janji mereka berakhir.

Sesi terapi bisa tampak rumit atau menakutkan bagi orang dengan gangguan bipolar. Memiliki seseorang di sana yang menawarkan dukungan dan berbicara dengan mereka dapat membantu mengurangi stres atau kecemasan yang mungkin mereka rasakan.

  • Sabar

Ingat, menjadi lebih baik membutuhkan waktu, bahkan ketika seseorang berkomitmen penuh untuk perawatan. Jangan mengharapkan pemulihan cepat atau penyembuhan permanen. Bersabarlah dengan kecepatan pemulihan dan bersiaplah untuk kemunduran dan tantangan. Mengelola gangguan bipolar adalah proses seumur hidup.

Baca juga: Bipolar Disorder Terjadi karena Faktor Genetik?

Itulah beberapa cara mendukung teman dengan gangguan bipolar. Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait hal ini, jangan sungkan untuk mendiskusikannya dengan psikolog di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Help and Support Someone with Bipolar Disorder.
HelpGuide.org. Diakses pada 2020. Helping Someone with Bipolar Disorder.
National Alliance of Mental Illness. Diakses pada 2020. Living With Someone With Bipolar Disorder.