• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan Caesar?

Bagaimana Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan Caesar?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bagaimana Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan Caesar?

Halodoc, Jakarta - Menjadi ibu memang merupakan hal yang paling didambakan bagi beberapa wanita. Namun, setelah melahirkan, banyak wanita yang ingin agar berat badannya kembali seperti sebelum hamil. Salah satunya adalah dengan menerapkan cara mengecilkan perut yang masih tersisa setumpuk lemak.

Namun, jika kamu baru saja menjalani operasi caesar, ada baiknya untuk membiarkan tubuh pulih dahulu. Pasalnya, memaksa diri menerapkan cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan ekstra bisa berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi. 

Dokter menyarankan menunggu selama 6 hingga 8 minggu sebelum memulai jenis olahraga apa pun untuk mengecilkan perut. Ingat, jika kamu tidak menunggu tubuh pulih sepenuhnya, ini dapat menimbulkan konsekuensi yang berbahaya semisal cedera, bahkan terbukanya kembali sayatan bedah.

Baca juga: Tips agar Lekas Pulih Setelah Operasi Caesar 

Cara Mengecilkan Perut Usai Operasi Caesar

Mengatasi lemak perut mungkin terlihat seperti pekerjaan yang sangat sulit dilakukan. Namun, jika kamu disiplin menjalankan hal-hal berikut, bukan tidak mungkin perut kamu akan kembali ramping. Beberapa cara mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan antara lain: 

Pijat

Dua minggu setelah melahirkan, kamu bisa mendapatkan pijat pasca kehamilan dengan aman. Pijat ini memecah lemak perut dan membantu menghilangkan cairan dari kelenjar getah bening, sehingga mengurangi lingkar pinggang. Namun, hindari area perut pada hari-hari awal, dan fokuslah hanya pada punggung, tangan, dan kaki. Empat minggu setelah melahirkan, ketika jaringan parut mulai terbentuk, area perut bisa dipijat tanpa rasa sakit.

Lakukan Olahraga Ringan

Operasi caesar memotong beberapa otot perut dan menghasilkan kantung lemak di perut. Hal ini menyebabkan stres pada otot perut dan dasar panggul. Jadi, penting untuk menunggu selama 6-8 minggu sebelum mencoba olahraga berat. Jalan kaki adalah olahraga berdampak rendah yang membakar kalori dengan aman. Kamu juga bisa jalan-jalan dengan bayi setidaknya tiga kali seminggu.

Konsumsi Makanan Sehat

Semua ibu baru membutuhkan banyak energi saat mereka menyusui. Pastikan pola makan kaya karbohidrat, rendah lemak, dan sarat dengan vitamin dan mineral yang cukup. Hindari makanan manis dan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, mentega, dan minuman soda. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan protein tanpa lemak. Buatlah catatan makanan dan catat makanan yang kamu makan dalam sehari dan jumlah kalorinya. Ini akan membantu kamu mempertahankan ukuran porsi yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Habis Lahiran Caesar, Ikuti Pola Hidup Sehat Ini 

Menyusui

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan lemak perut. Menyusui bayi selama 6 bulan setelah operasi caesar bisa membakar sekitar 500 kalori ekstra sehari. Selain itu, menyusui juga akan melepaskan hormon oksitosin yang merangsang kontraksi rahim, dan membantu rahim kembali ke ukuran sebelum kehamilan.

Minum Banyak Air dan Cairan

Minum banyak air setelah melahirkan tidak hanya membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, tetapi juga membakar lemak berlebih di sekitar pinggang. Air lemon adalah obat rumahan yang baik untuk detoksifikasi dan mengurangi berat badan. Kamu bisa mencampurkan jus lemon dan madu dalam air hangat dan meminumnya sekali sehari, sebaiknya di pagi hari.

Tidur Yang Cukup

Salah satu cara untuk mencapai penurunan berat badan adalah dengan menjaga jam tidur, setidaknya 5 jam sehari. Ini memang tampak sulit, tetapi usahakan untuk ikut tidur saat bayi juga sedang tidur. Dengan tidur yang cukup, maka tak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga tetapi juga kesehatan emosional.

Baca juga: Ibu, Ketahui Cara Merawat Luka Setelah Operasi Caesar

Itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah operasi caesar yang bisa dilakukan. Namun, jika kamu masih ingin tahu tips lainnya untuk mendapatkan kembali tubuh ideal setelah melahirkan, kamu juga bisa tanyakan dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan semua saran kesehatan yang berguna untuk membantumu mencapai kembali berat badan dan bentuk tubuh ideal.




Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. Exercises & Tips to Reduce Tummy Post a C-Section.
Up Spring Baby. Diakses pada 2021. Losing Baby Weight: How to Tone Your Tummy after a C-section.