• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengetahui Berat Badan Ideal untuk Kucing?

Bagaimana Cara Mengetahui Berat Badan Ideal untuk Kucing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 Bagaimana Cara Mengetahui Berat Badan Ideal untuk Kucing?

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu, kucing juga perlu mendapatkan berat badan ideal? Masalahnya pemilik hewan peliharaan kerap memanjakan kucingnya dengan memberikan makanan yang berlebihan. 

Kebiasaan ini sesuatu yang harus dianggap serius. Penambahan beberapa kilogram ekstra saja dapat membuat kucing peliharaan berisiko mengalami diabetes tipe atau penyakit seperti radang sendi. Bagaimana cara mengetahui berat badan ideal untuk kucing?

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Mainan Terbaik untuk Kucing

Berat Badan Ideal untuk Kucing

Sebagian besar kucing rumahan dewasa biasanya memiliki berat sekitar 3,6-4,5 kilogram, meskipun ini dapat bervariasi berdasarkan ras, umur, dan jenis kelamin. Seekor kucing Siam beratnya hanya 2,2 kilogram, sedangkan Maine Coon bisa beratnya 11 kilogram dan ini tergolong sehat.

Dokter hewan dapat memberi tahu kamu jika kucing mengalami kelebihan berat badan. Kalau kamu penasaran dan ingin tahu lebih jelas mengenai berat badan sehat untuk kucing, bisa ditanyakan ke dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan terbaik akan memberikan jawabannya untukmu.

Meski begitu, ada beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan sendiri. Untuk menentukan apakah kucing kamu berat badannya sudah ideal atau tidak, kamu bisa melihat melihat tabel body conditioning score (BCS) untuk kucing. Amati dan cocokkan bentuk tubuhnya dengan melihat poster BCS khusus kucing yang bisa kamu lihat di internet atau dokter hewan. 

Idealnya kucing memiliki BCS 3 dari skala 5 atau 4-5 dari skala 9, di mana tulang rusuknya mudah diraba dengan tangan tanpa menekan terlalu keras. Kucing yang terlalu kurus biasanya berskala 1 dari 5 atau 1 dari 9, dan biasanya tulang rusuk sudah terlihat menonjol keluar. Sedangkan kucing obesitas dengan BCS 5/5 atau 9/9 memiliki lapisan lemak yang banyak dan tulang rusuk sudah tidak bisa diraba.

Penambahan berat badan kucing biasanya tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang diberikan, serta kebosanan si kucing. Kalau kucing merasa bosan, kucing akan berpikir untuk makan. Ketika kucing merengek minta makan, banyak pemilik yang menyerah untuk membuat hewan peliharaan senang.

Pola Makan untuk Menjaga Berat Ideal Kucing

Kebiasaan ini sejatinya tidak boleh dibiarkan. Untuk mencegah keinginan memberi kucing makanan berlebihan dan menghindari rengekan tak perlu dari si kucing, kamu bisa mengakalinya dengan cara:

Baca juga: Inilah yang Perlu Diketahui tentang Kehamilan Kucing

1. Mengganti makanan kering dengan makanan kaleng, yang cenderung memiliki lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat. Makanan kaleng juga merupakan cara yang baik untuk menentukan waktu makan yang berbeda untuk hewan peliharaan. Banyak kucing yang bertambah berat badannya saat pemiliknya meninggalkan semangkuk kibble kering, sehingga mereka bisa makan sepanjang hari.

2. Kurangi kudapan. Kucing juga bisa mendapatkan hadiah lain, seperti waktu bermain denganmu. Buat kucing aktif saat makan. Kucing lebih sehat dan lebih tenang ketika pemiliknya menggunakan "teka-teki makanan", yang harus digulung atau dimanipulasi oleh kucing untuk mendapatkan camilan. 

Kamu dapat menyembunyikan beberapa camilan di kompartemen kotak anggur atau memotong satu atau lebih lubang kecil di botol plastik dan mengisinya dengan kibble. Teka-teki tersebut memperlambat pola makan mereka sambil memanfaatkan naluri alami mereka untuk berburu dan mencari makan.

3. Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, kamu mungkin perlu memberi makan kucing yang kelebihan berat badan di ruangan terpisah atau meletakkan makanan kucing yang beratnya sehat di tempat yang tidak sama dengan kucing obesitas.

4. Sebelum melakukan diet pada kucing, lakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan mereka tidak memiliki masalah medis yang mendasarinya. Kucing yang obesitas mungkin perlu beralih ke makanan diet kaleng atau diet resep khusus yang memiliki lebih banyak protein, vitamin, dan mineral per kalori.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 4 Mitos Mengenai Kloning Hewan yang Beredar

Mengembalikan berat badan kucing ke berat yang ideal butuh waktu. Bisa jadi memakan durasi enam bulan atau lebih. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah membuat kucing kelaparan. Kucing, terutama yang lebih besar, dapat mengalami gagal hati jika tidak makan bahkan selama beberapa hari saja. Pastikan kamu mendapatkan informasi kesehatan hewan di Halodoc ya. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Pets Web MD. Diakses pada 2021. A Healthy Weight for Your Cat.
Royal Canin. Diakses pada 2021. Identifying weight gain or loss in your cat.