• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengobati Kutu Air di Tangan Si Kecil?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengobati Kutu Air di Tangan Si Kecil?

Bagaimana Cara Mengobati Kutu Air di Tangan Si Kecil?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Agustus 2021
Bagaimana Cara Mengobati Kutu Air di Tangan Si Kecil?

“Kutu air adalah salah satu masalah yang dapat terjadi di banyak bagian tubuh, termasuk juga tangan. Penyakit ini juga rentan terjadi pada anak-anak sehingga perlu penanganan yang tepat. Maka dari itu, ibu perlu tahu cara mengobati kutu air pada tangan anak yang tepat.

Halodoc, Jakarta – Kutu air dapat terjadi pada semua orang, baik anak kecil maupun orang dewasa. Anak kecil rentan terkena penyakit ini akibat tertular dari binatang serta lebih sering bermain di tanah yang terdapat jamur penyebab kutu air. Hal ini juga berisiko tinggi pada anak karena sistem imunitasnya yang masih belum sempurna.

Saat terjadi, penyakit kutu air dapat menimbulkan perasaan gatal, sehingga terus ingin menggaruknya. Biasanya, gangguan ini memang terjadi di kaki, tetapi bisa juga menyerang tangan, lho. Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu beberapa cara yang ampuh untuk mengobati kutu air di tangan anak. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Kaki Jika Terkena Kutu Air?

Cara Ampuh untuk Mengobati Kutu Air di Tangan Anak

Kutu air, atau tinea manuum, adalah infeksi kulit umum yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini juga rentan dialami oleh para atlet sehingga disebut juga dengan kaki atlet. Jamur penyebab penyakit ini dapat ditemukan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh para atlet. Tempat-tempat yang lembap memang rentan menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Meski begitu, bukan berarti kutu air hanya dapat terjadi di kaki. Kamu juga dapat mengalaminya di wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Di tangan, ada beberapa metode yang menjadi penyebabnya, seperti menyentuh bagian tubuh yang terinfeksi, memegang hewan peliharaan, dan menyentuh tanah tanpa sarung tangan.

Maka dari itu, tangan anak-anak rentan mengalami kutu air karena kebiasaan memegang sesuatu lalu tidak mencucinya setelahnya. Masalah ini dapat membuat anak sering menggaruk tangannya sendiri karena rasa gatal yang dirasakan. Jika terus digaruk, masalah yang lebih besar mungkin saja terjadi, sehingga perlu tahu cara penanganan yang tepat.

Nah, berikut ini beberapa cara mengobati kutu air pada anak yang efektif:

1. Miconazole

Salah satu cara mengobati kutu air pada tangan anak adalah dengan mengoleskan miconazole. Obat ini mampu mengatasi infeksi jamur yang menyebabkan Si Kecil mengalami kutu air. Sebelum itu, cobalah untuk membersihkan tangan lalu mengeringkannya. Ibu dapat mengoleskan obat ini 1-2 kali sehari selama 2 minggu. Untuk pemakaian lebih jelas, ada baiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Kutu Air Membandel, Ini Cara Mudah Mengatasinya

2. Clotrimazole

Obat lainnya yang ampuh sebagai cara mengobati kutu air adalah clotrimazole. Tentu saja obat ini ampuh untuk menghilangkan jamur penyebab infeksi. Ibu bisa mendapatkan obat ini di apotek tanpa resep, lalu oleskan ke area kulit tangan yang mengalami kutu air. Sama seperti Miconazole, oleskan 2 kali sehari selama beberapa minggu. Jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Ketoconazole

Sama ampuhnya seperti dua obat sebelumnya, ketoconazole juga ampuh sebagai salah satu cara mengatasi kutu air di tangan. Cara pemakaiannya pun sama, yaitu oleskan 2 kali per hari. Oleskan dengan takaran yang tepat dan jangan berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping. Gunakan hingga benar-benar sembuh agar tidak menimbulkan kekambuhan.

Baca juga: Punya 5 Tanda Ini, Awas Kutu Air

Itulah beberapa obat yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi kutu air di tangan pada anak. Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk mencegah daripada mengobati. Sebagai langkah pencegahan, ibu dapat memastikan anak selalu rutin mencuci tangan sehabis main di luar rumah. Dengan begitu, segala jamur yang ada di tangannya dapat hilang.

Selain itu, ibu juga dapat bertanya lebih jauh pada dokter dari Halodoc terkait cara mengatasi kutu air yang paling baik untuk tangan anak. Caranya mudah saja, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan dalam akses kesehatan hanya dengan penggunaan smartphone. Unduh sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Tinea Manuum.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What’s to know about tinea manuum?