• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengobati Pilek di Rumah?

Bagaimana Cara Mengobati Pilek di Rumah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Mengobati Pilek di Rumah?

“Pilek merupakan gejala dari berbagai penyakit yang umumnya disertai dengan sakit tenggorokan atau hidung tersumbat. Tentunya, kondisi ini membuat pengidapnya mengalami kondisi tidak nyaman. Namun jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa cara mengobati pilek di rumah. Memenuhi kebutuhan istirahat, hidrasi tubuh, dan mengonsumsi makanan sehat menjadi cara yang bisa dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Pilek adalah kondisi saat hidung mengeluarkan ingus atau lendir. Baik dalam frekuensi yang jarang maupun cukup sering. Pilek sendiri merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit dan biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti batuk, bersin, sakit tenggorokan, dan juga hidung tersumbat.

Pilek umumnya merupakan kondisi yang dapat sembuh dengan perawatan tepat di rumah. Untuk itu, simak beberapa cara mengobati pilek di rumah agar kondisi kesehatan semakin membaik.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Penuhi Kebutuhan Istirahat

  1. Sebaiknya saat kamu mengalami kondisi pilek, penuhi kebutuhan istirahat agar tubuh dapat kembali optimal. Memenuhi kebutuhan istirahat juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. 
  2. Pilek bisa menjadi tanda penyakit yang menular, seperti influenza atau bahkan COVID-19. Untuk itu, pastikan kamu melakukan isolasi mandiri hingga kondisi kesehatan kembali pulih. Hindari kerumunan untuk sementara.
  3. Agar tidur semakin nyaman, kamu bisa tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala agar pernapasan menjadi lebih nyaman.

Hidrasi Tubuh dengan Baik

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya untuk meringankan pilek yang kamu alami. Kamu bisa mengonsumsi air hangat dengan campuran jahe atau lemon. Selain menurunkan gejala pilek, minuman sehat ini juga bisa membantu kamu meringankan gejala lain yang menyertai, seperti hidung tersumbat atau sakit tenggorokan.
  2. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, soda, atau alkohol.
  3. Air putih, air kelapa, dan jus buah tanpa gula bisa menjadi beberapa pilihan untuk menghidrasi tubuh saat pilek.
  4. Mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka dan jeruk juga bisa dilakukan.

Baca juga: Terserang Pilek, Hindari Beberapa Hal Ini

Konsumsi Makanan Sehat

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh agar imun tubuh menjadi lebih optimal. Hal ini tentunya dapat membantu pemulihan tubuh.
  2. Kamu bisa mengonsumsi sup sayur atau sup ayam. Selain dapat menghidrasi tubuh, makanan ini juga bisa membantu kamu meningkatkan imun tubuh.
  3. Bawang putih juga menjadi makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh selama pilek. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan menjadikan bawang putih bumbu pada masakan yang akan kamu konsumsi.
  4. Sayuran hijau, seperti kale, brokoli, dan bayam juga bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala pilek. Hal ini disebabkan sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C dan E yang cukup tinggi.

Berkumur dengan Air Garam

  1. Pilek umumnya disertai dengan sakit tenggorokan. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa berkumur dengan air garam untuk meringankan gejala tersebut.
  2. Siapkan satu cangkir air hangat dan campurkan dengan 1 sendok teh garam. Aduk secara perlahan. Setelah garam larut, gunakan air untuk berkumur.
  3. Berhati-hati saat berkumur. Hindari menelan air garam yang digunakan untuk berkumur.

Baca juga: 5 Tindakan Efektif yang Dapat Menjadi Obat Pilek Anak

Lakukan Hidup Bersih di Rumah

  1. Jangan lupa untuk mencuci tangan atau membersihkan tangan sebelum dan sesudah mengeluarkan ingus atau lendir dari hidung.
  2. Tutup hidung dan mulut saat akan bersin untuk mencegah penularan penyakit. Setelah itu, bersihkan tangan dengan tepat.
  3. Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut dengan tangan.
  4. Gunakan masker saat bertemu dengan orang yang sehat.
  5. Kamu juga bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier jika udara di rumah terasa kering. Penggunaan alat ini bisa membantu kamu meredakan hidung yang tersumbat.

Itulah beberapa cara mengobati pilek di rumah. Jika pilek masih mengganggu dan menyebabkan demam, segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung kondisi kesehatanmu pada dokter. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. The Flu: Caring for Someone Sick at Home.
Web MD. Diakses pada 2021. 9 Tips to Ease Flu Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2021. Flu Diet: 9 Foods to Eat When You Have the Flu and 4 Things to Avoid.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Influenza (Flu).