• Home
  • /
  • Bagaimana Cara Mengobati Ulkus?

Bagaimana Cara Mengobati Ulkus?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bagaimana Cara Mengobati Ulkus?

Halodoc, Jakarta – Ulkus bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, ulkus sering muncul di bagian perut yang sering disebut dengan tukak lambung. Tukak lambung terjadi ketika ada luka terbuka di dalam lapisan lambung. Luka terbentuk akibat jumlah asam yang ada dalam lambung cukup tinggi. Tukak lambung juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID).

Cara untuk mengobati ulkus lambung, seseorang perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dikombinasikan dengan gaya hidup sehat. Nah, berikut ini perawatan ulkus lambung yang perlu kamu ketahui. 

Baca juga: Benarkah Sering Konsumsi Makanan Asam Bisa Picu Ulkus?

Begini Cara Mengobati Ulkus

Pengobatan untuk tukak lambung tergantung pada penyebabnya. Biasanya pengobatan berfokus untuk membunuh bakteri H. Pylori jika penyebabnya bakteri atau mengganti atau mengurangi penggunaan NSAID. Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini obat-obatan yang sering diresepkan untuk mengobati ulkus lambung, yaitu:

  1. Antibiotik

Obat antibiotik ditujukan untuk tukak lambung akibat infeksi bakteri. Antibiotik dapat  membunuh H. Pylori dalam saluran pencernaan. Contoh antibiotik yang sering diresepkan, yakni amoksisilin, klaritromisin, metronidazole, tinidazole, tetrasiklin atau levofloxacin. Kamu perlu menghabiskan dan minum antibiotik selama dua minggu. Antibiotik biasanya dikombinasikan dengan obat untuk mengurangi asam lambung.

  1. Obat Penghambat Produksi Asam

Inhibitor pompa proton (PPI) adalah obat-obatan untuk mengurangi asam lambung dengan menghalangi kerja bagian sel yang menghasilkan asam. Obat-obatan ini termasuk omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole dan pantoprazole.

  1. Obat untuk Mengurangi Produksi Asam

Obat-obatan untuk mengurangi produksi asam yang juga disebut blocker histamin (H-2) – bertujuan untuk mengurangi jumlah asam lambung yang dilepaskan ke saluran pencernaan. Obat ini dapat  mengurangi rasa sakit maag dan mempercepat penyembuhan.

  1. Obat Penetral Asam Lambung

Dokter biasanya memasukkan antasida ke dalam resep obat-obatan untuk mengatasi ulkus lambung. Antasida bekerja menetralkan asam lambung dan dapat menjadi penghilang rasa sakit yang cepat. Antasida mampu meredakan gejala, tetapi umumnya tidak digunakan untuk menyembuhkan maag.

Baca juga: Diagnosis Ulkus dengan Pemeriksaan Ini

  1. Obat untuk Melindungi Selaput Perut dan Usus Kecil

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat yang disebut agen sitoprotektif yang membantu melindungi jaringan yang melapisi perut dan usus kecil.

Hindari mengonsumsi obat-obatan di atas tanpa pengawasan dokter. Apabila kamu ingin mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc terkait keamanan, keefektifan dan dosisnya. Lewat aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Pola Hidup untuk Mencegah Ulkus Lambung

Selain mengonsumsi obat-obatan, kamu juga perlu melakukan gaya hidup sehat berikut ini untuk mempercepat penyembuhan dan terbebas dari rasa sakit, yaitu:

  • Terapkan pola makan sehat. Perbanyak konsumsi buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin A dan C, sayuran, dan biji-bijian. 

  • Perbanyak konsumsi probiotik, seperti yogurt, keju, miso, dan asinan kubis.

  • Kurangi susu. Terkadang minum susu dapat meringankan maag, tetapi kemudian menyebabkan kelebihan asam yang meningkatkan rasa sakit. 

  • Pertimbangkan pereda nyeri. Jika kamu menggunakan penghilang rasa sakit secara teratur, tanyakan kepada dokter apakah obat tersebut perlu diganti atau dikurangi dosisnya.

  • Kendalikan stres. Stres memperburuk tanda dan gejala tukak lambung. Stres mungkin tidak dapat dihindari, tetapi kamu bisa belajar mengatasi stres dengan berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman-teman atau menulis dalam jurnal.

  • Jangan merokok. Merokok dapat mengganggu lapisan pelindung perut yang membuat perut lebih rentan terhadap maag. Merokok juga meningkatkan asam lambung.

  • Batasi atau hindari alkohol. Penggunaan alkohol yang berlebihan mampu mengiritasi dan mengikis lapisan mukosa di perut dan usus, sehingga bisa menyebabkan peradangan dan pendarahan.

  • Cukup tidur. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Munculnya Penyakit Ulkus

Tidak hanya mencegah ulkus lambung, gaya hidup di atas juga dapat mencegah kamu dari penyakit berbahaya lainnya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Natural and Home Remedies for Ulcers.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Peptic ulcer.