• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga?

Bagaimana Cara Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga?

“Rasa malas untuk berolahraga adalah hal yang wajar kamu alami. Namun, jika rasa malas ini datang terus menerus, maka kamu harus mencari cara untuk mengusirnya. Ada banyak jenis cara yang ampuh untuk mengusir rasa malas tersebut, seperti mengajak teman, mempersiapkan kebutuhan olahraga di malam sebelumnya, dan lainya.”

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan dengan rutin. Apalagi jika kamu sudah memiliki jadwal dan tujuan tertentu, seperti menurunkan berat badan, menambah stamina, atau untuk membentuk massa otot, maka kamu perlu disiplin untuk mengikuti jadwal yang sudah ada. 

Namun, kadang rasa malas untuk berolahraga datang dan membuat kamu kurang motivasi untuk melakukannya. Mungkin kamu kekurangan waktu atau mungkin merasa sulit untuk memulainya lagi setelah beberapa kali kamu tidak berolahraga. 

Berikut ini beberapa cara agar kamu berhenti malas untuk berolahraga yang mungkin bisa menolong kamu untuk kembali disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat sebelumnya: 

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Cukup Tidur Efektif Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga

Kedengarannya sederhana, bukan? Cobalah tidur sedikit lebih awal setiap malam jika esok hari adalah jadwal kamu untuk berolahraga. Selain itu, untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, hindari apa pun yang dapat membuat kamu terjaga di malam hari, seperti kopi atau alkohol.

Persiapkan dengan Baik

Jika kamu kesulitan untuk menjalankan rutinitas pagi sesuai jadwal sehingga kemudian muncul rasa malas untuk berolahraga, maka cobalah trik ini untuk bersiap-siap berolahraga lebih cepat. 

  • Letakkan pakaian olahraga pada malam sebelumnya (atau tidurlah dengan menggunakan pakaian olahraga, sehingga ketika terbangun kamu hanya perlu membersihkan wajah dan sikat gigi kemudian bisa langsung mulai berolahraga. Kamu juga bisa meletakkan sepatu olahraga atau tas di samping tempat tidur.
  • Persiapkan sarapan atau bahkan air di malam sebelumnya sehingga ketika bangun tidur kamu tidak kehabisan waktu untuk membuatnya. Apapun itu, seperti air putih, susu protein, atau sarapan sehat lainnya, sebaiknya sudah dipersiapkan sejak malam sebelumnya. Dengan begitu, di pagi hari kamu tidak kehilangan banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkannya dari awal. 

Namun jika suplemen olahraga atau vitamin lainnya habis, kamu bisa pesan langsung di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu lagi repot keluar rumah untuk mendapatkan suplemen atau vitamin karena pesanan kamu akan dikirim kurang dari satu jam.

Baca juga: Senang Olahraga di Malam Hari? Perhatikan 5 Tips Ini

Mencoba Sesuatu di Luar Zona Nyaman Ampuh Usir Malas untuk Berolahraga

Jika kamu merasa bosan dengan rutinitas olahraga yang itu-itu saja, cobalah sesuatu di luar zona nyaman. Jika kamu bosan selalu joging di pagi hari, kamu bisa coba ikuti gerakan olahraga HIIT (high intensity interval training) atau jenis olahraga lainnya yang sama-sama membakar kalori. Atau jika kamu bosan olahraga sendiri, coba ajak beberapa teman untuk melakukan olahraga beregu, seperti futsal, basket, atau lainnya.

Ikuti Tantangan 

Motivasi dan tujuan adalah teman terbaik. Kamu pun bisa mencoba mengikuti tantangan olahraga tertentu yang biasanya ramai dilakukan orang-orang di internet. Tidak hanya membantu kamu mencapai tujuan olahraga, tetapi ini akan terus memberimu motivasi untuk melakukan yang terbaik. 

Istirahat Seminggu Akan Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga Setelahnya

Nyatanya, ketidakhadiran bisa membuat kamu merasa rindu untuk melakukan aktivitas tertentu. Jika kamu telah berolahraga keras tanpa hari istirahat, otot juga bisa lelah dan benar-benar bosan. Beri mereka istirahat dan kamu akan mengejutkan mereka ketika kamu kembali ke rutinitas olahraga seminggu kemudian. Namun, jangan terlalu lama atau kamu akan lebih sulit untuk kembali olahraga. 

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

Perbarui Daftar Lagu yang Biasa Menemani Olahraga

Jika lagu yang kamu gunakan saat berolahraga mulai membuat jenih dan membuat tingkat energi menurun selama latihan, maka cari referensi musik baru untuk menemani kamu berolahraga. 

Sewa Pelatih atau Ajak Teman 

Sewa pelatih pribadi atau ajak teman atau pasangan untuk olahraga juga bisa membantu meningkatkan latihan. Kamu dan teman juga bisa menyewa pelatih untuk kalian berdua, selain bisa hemat anggaran, kalian juga bisa saling menyemangati.

Referensi:
Filling The Jars. Diakses pada 2021. How to Stop Being Lazy and Exercise: 20 Tips for When You Have No Motivation.
Men’s Journal. Diakses pada 2021. 10 Ways to Overcome Workout Laziness.
My Virtual Mission. Diakses pada 2021. How to Overcome Workout Laziness.