• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh setelah Vaksinasi COVID-19?

Bagaimana Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh setelah Vaksinasi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting dilakukan sebelum, selama, bahkan setelah vaksinasi COVID-19. Sebelum mendapatkan vaksin, menjaga daya tahan tubuh dilakukan untuk mempersiapkan diri dan mengurangi kemungkinan munculnya efek samping dari vaksin corona. Selain itu, daya tahan tubuh juga perlu dijaga setelah vaksinasi COVID-19. 

Daya tahan tubuh yang baik juga disebut bisa membantu meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin corona. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh setelah vaksinasi COVID-19. Lantas, bagaimana caranya?

Baca juga: Sudah Vaksin Boleh Bebas Bepergian? Ketahui Dulu Faktanya

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh sebelum dan setelah Vaksin 

Vaksinasi COVID-19 diberikan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan virus corona dan menurunkan risiko munculnya gejala penyakit. Nah, agar manfaat dari pemberian vaksin menjadi lebih maksimal, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya setelah vaksinasi, menjaga daya tahan tubuh juga penting dilakukan sebelum atau menjelang pemberian vaksin. 

Vaksin COVID-19 diberikan untuk mengurangi risiko infeksi virus corona. Vaksin juga penting untuk membantu mencegah gejala penyakit yang bisa dipicu oleh virus ini. Sama dengan jenis vaksin lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah vaksinasi COVID-19, termasuk efek samping serta cara menjaga daya tahan tubuh untuk meningkatkan efektivitas vaksin. 

Baca juga: Sudah Suntik Vaksin Corona Tetap Bisa Tertular dan Menularkan Virus, Ini Penjelasannya

Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh sebelum dan setelah vaksinasi COVID-19? Coba lakukan beberapa hal ini! 

1. Jangan Sembarangan Minum Obat

Vaksin corona mungkin menimbulkan efek samping, salah satunya alergi. Apakah artinya konsumsi obat anti alergi bisa menurunkan risikonya? Jawabannya belum tentu. Maka dari itu, dokter tidak menyarankan untuk sembarangan mengonsumsi obat sebelum maupun setelah mendapatkan vaksin. 

Bukannya mencegah alergi, konsumsi obat malah dikhawatirkan bisa memengaruhi kinerja vaksin dan membuatnya menjadi tidak efektif. Hal ini juga dikhawatirkan malah akan memicu efek samping berbahaya. Selain obat antialergi, sebaiknya hindari juga konsumsi obat pereda nyeri golongan NSAIDs. 

2. Hindari Minuman Beralkohol 

Sebelum dan setelah vaksin sebaiknya hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Sebab, hal ini disebut bisa memengaruhi kondisi tubuh dan efektivitas dari vaksin. Minuman yang mengandung alkohol juga dikhawatirkan bisa memicu munculnya reaksi alergi. Biar aman, sebaiknya hindari konsumsi alkohol selama 24 jam sebelum vaksin dan 24 jam setelah mendapat vaksin corona. 

3. Jangan Olahraga Berlebihan 

Olahraga memang bisa menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh. Namun, sebaiknya hindari berolahraga secara berlebihan sebelum vaksinasi COVID-19. Jangan melakukan olahraga berat selama 2 jam sebelum vaksin dan 2 jam setelah vaksin. Selain itu, hindari juga mandi dengan air panas sebelum dan setelah vaksinasi corona.

4. Utamakan Imunitas 

Imunitas alias daya tahan tubuh adalah hal yang paling penting dan harus dijaga sebelum maupun setelah mendapatkan vaksin corona. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya konsumsi vitamin dan suplemen, seperti vitamin C, vitamin E, zinc, dan vitamin D. 

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Belum mengetahui apa saja vitamin dan suplemen yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Coba cari tahu dengan menggunakan layanan Halofit dari Halodoc. Dengan Halofit, apoteker akan membantu kamu dalam menemukan paket vitamin dan suplemen yang sesuai, misalnya Immune Booster Package

Suplemen yang diberikan memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh serta dosis yang dibutuhkan. Kemasan harian yang dikemas langsung oleh apoteker akan memudahkan konsumsi vitamin, sehingga daya tahan tubuh sebelum maupun setelah vaksin akan selalu terjaga.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. COVID-19 Vaccine: How Best to Prepare.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Understanding How COVID-19 Vaccines Work.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What to Do if You Have an Allergic Reaction After Getting A COVID-19 Vaccine.
PsyBlog. Diakses pada 2021. How To Boost Your Immune Response To The COVID Vaccine.