• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja?

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian besar orang, pekerjaan adalah bagian utama dari hidup. Melalui pekerjaan, kamu menghabiskan sebagian besar waktu, untuk mendapatkan penghasilan dan menjalin relasi dengan banyak teman. Sudah pasti, memiliki pekerjaan yang memuaskan bisa baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Akan tetapi, lingkungan kerja juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental kamu. Sederhana saja, lingkungan kerja yang tidak sehat sudah pasti ikut merusak kesehatan mental kamu. Inilah mengapa, meski sedang bekerja, kamu tetap perlu memberikan perhatian pada kondisi mentalmu. Jangan sampai pekerjaan membuat kamu terbebani dan merusak kondisi psikismu. 

Baca juga: Alami Masalah Kesehatan Jiwa, Kenali Ciri-Ciri Ini

Nah, sebenarnya, bagaimana sih cara menjaga kesehatan mental ketika sedang bekerja atau berada di lingkungan kantor? Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa kamu coba: 

  • Bicarakan Apa yang Kamu Rasakan

Membicarakan tentang perasaanmu dapat membantu menjaga kesehatan mental dan menghadapi saat-saat ketika kamu merasa bermasalah. Berbicara tentang perasaan bukanlah tanda kelemahan kok. Mungkin sulit untuk membicarakan perasaan di tempat kerja. Jika kamu memiliki teman yang dapat diajak bicara, itu bisa sangat membantu.

Jika kamu merasa tidak mampu membicarakan perasaan di tempat kerja, pastikan ada seseorang yang dapat kamu ajak berdiskusi tentang tekanan pekerjaan-pasangan, teman, dan keluarga. Kamu bahkan bisa bercerita langsung pada psikolog melalui aplikasi Halodoc tanpa merasa takut atau cemas.

Baca juga: 10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

  • Tetap Aktif Bergerak

 Olahraga teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu kamu berkonsentrasi, tidur lebih nyenyak, serta merasa lebih baik. Berolahraga tidak hanya pergi ke pusat kebugaran. Setidaknya, lakukan latihan sekitar 30 menit lima hari seminggu. Cobalah menjadikan aktivitas fisik yang kamu sukai sebagai bagian dari harimu.

Jika bekerja di kantor, akan sangat bermanfaat jika kamu keluar jalan-jalan atau mengikuti kelas saat makan siang, atau berolahraga sebelum atau sesudah bekerja, untuk memudahkan menjalani hari atau menciptakan ruang antara waktu kerja dan waktu pribadi.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Apa yang kamu makan bisa berpengaruh pada suasana hati baik secara langsung atau dalam jangka panjang. Membiasakan penerapan pola makan yang baik untuk fisik sudah pasti baik untuk kesehatan mental. Jadi, jagalah pola makan meski kamu memiliki pekerjaan yang padat. Usahakan tidak makan di meja kerja jika kantor menyediakan ruang untuk beristirahat dan makan. Sediakan selalu camilan sehat untuk mengisi perut di antara waktu makan. 

Baca juga: 5 Gangguan Mental yang Kerap Dialami Anak Milenial

  • Cukup Istirahat 

Beristirahat sangat baik untuk menunjang kesehatan mental, meski hanya sesaat. Meluangkan waktu untuk tidur siang di antara waktu istirahat kerja, atau bahkan mengambil jatah cuti untuk berlibur sangat membantu menjaga kesehatan mentalmu. Malam hari, hindari membuka kembali pekerjaan yang belum selesai dan fokuskan diri untuk tidur atau meditasi, sehingga tubuh tetap fit dan segar setiap hari. 

  • Luangkan Waktu

Berikan waktu untuk diri sendiri, seperti berlibur di akhir pekan. Kamu bisa juga melakukan hobi atau hal lain yang kamu senangi untuk membantu memperbaiki suasana hati. Suasana hati yang positif tentu akan membuat kesehatan mental menjadi lebih terjaga. 

Menjaga kesehatan mental memang sangat penting, terutama jika pekerjaanmu menuntut banyak hal. Tanpa disadari, tuntutan ini akan membuat kamu merasa tertekan dan stres yang berujung pada depresi. Jika sudah merasa begitu, mungkin saatnya kamu berhenti. 



Referensi:
Mental Health Foundation. Diakses pada 2021. How to support mental health at work.