• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Radang Selaput Otak Diobati?

Bagaimana Cara Radang Selaput Otak Diobati?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Radang Selaput Otak Diobati?

Halodoc, Jakarta – Radang selaput otak adalah kondisi peradangan pada cairan dan selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Pembengkakan akibat meningitis biasanya memicu tanda dan gejala seperti sakit kepala, demam, dan leher kaku.

Sebagian besar kasus meningitis disebabkan oleh infeksi virus, tetapi infeksi bakteri, parasit, dan jamur juga bisa jadi penyebab radang selaput otak. Kamu harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika mengalami tanda atau gejala radang selaput otak seperti demam, sakit kepala yang parah, kebingungan, muntah, dan leher kaku. Bagaimana cara mengobati radang selaput otak?

Baca juga: Waspada, Beberapa Hal yang Bisa Memicu Meningitis



Pengobatan Radang Selaput Otak

Perawatan radang selaput otak tergantung pada jenis meningitis yang dialami. Untuk orang yang mengidap radang selaput otak karena bakteri meningitis, dokter mungkin merekomendasikan antibiotik spektrum luas sampai dokter dapat menentukan penyebab pasti dari meningitis.

Dokter mungkin mengeluarkan sinus atau mastoid yang terinfeksi di tulang di belakang telinga luar yang terhubung ke telinga tengah. Kalau radang selaput otaknya disebabkan oleh virus, antibiotik tidak dapat menyembuhkan meningitis virus, dan kebanyakan kasus membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu. 

Pengobatan kasus ringan radang selaput otak karena virus biasanya meliputi:

1. Istirahat di tempat tidur.

2. Konsumsi banyak cairan.

3. Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk membantu mengurangi demam dan meredakan nyeri tubuh.

Dokter mungkin akan meresepkan kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan di otak, dan obat antikonvulsan untuk mengontrol kejang. Jika virus herpes menyebabkan meningitis, obat antivirus jenis lain tersedia sebagai penanganannya.

Jika penyebab meningitis tidak diketahui, dokter akan memulai pengobatan antivirus dan antibiotik sementara penyebabnya ditentukan. Perawatan untuk meningitis kronis didasarkan pada penyebab yang mendasari. 

Obat antijamur mengobati meningitis jamur, dan kombinasi antibiotik khusus dapat mengobati meningitis tuberkulosis. Namun, obat-obatan ini dapat memiliki efek samping yang serius, jadi pengobatan dapat ditunda sampai laboratorium dapat memastikan bahwa penyebabnya adalah jamur.

Baca juga: Gejala Mirip Tipes, Meningitis Bisa Sebabkan Koma

Ada juga radang selaput otak atau meningitis non-infeksi karena reaksi alergi atau penyakit autoimun yang dapat diobati dengan kortikosteroid. Namun, dalam beberapa kasus tidak diperlukan perawatan karena kondisinya dapat sembuh dengan sendirinya. Meningitis terkait kanker membutuhkan terapi untuk kanker tertentu.

Jika kamu mencurigai diri atau orang terdekatmu mengidap meningitis, ada baiknya kamu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis alergi dan imunologi. Mau buat janji ketemu dokter di rumah sakit terdekat, pakai Halodoc saja! Praktis tanpa perlu antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya!

Tim Perawatan untuk Kondisi Radang Selaput Otak 

Radang selaput otak adalah penyakit kompleks yang dalam beberapa kasus dapat mengancam jiwa. Karena kondisinya yang sangat kompleks, pengobatan meningitis memerlukan tim dokter dan profesional perawatan kesehatan untuk mendiagnosis dan mengobati infeksi tersebut.

Profesional perawatan kesehatan yang terlibat dalam perawatan dan perawatan meningitis mungkin termasuk:

1. Dokter penyakit dalam atau dokter keluarga.

2. Dokter Spesialis penyakit menular.

3. Ahli saraf.

4. Teknisi laboratorium.

Sebagai bagian dari tim perawatan meningitis, dokter penyakit dalam atau dokter keluarga dapat mengoordinasikan perawatan dan membantu tim dokter lainnya. Dokter spesialis penyakit menular berspesialisasi dalam diagnosis dan pengobatan infeksi kompleks. Dokter inilah yang memutuskan apakah kamu memerlukan antibiotik dan jenisnya.

Baca juga: 3 Jenis Infeksi Otak yang Perlu Diketahui

Ahli saraf adalah dokter yang berspesialisasi pada penyakit dalam, infeksi otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf. Ahli saraf dapat menafsirkan tes diagnostik, seperti tusukan lumbal, dan memesan tes tambahan. 

Seorang ahli saraf juga dapat mengevaluasi apakah meningitis telah menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf. Beberapa ahli saraf mengkhususkan diri dalam mengobati penyakit saraf dan infeksi pada anak-anak. Kebanyakan ahli saraf memiliki pengalaman dalam mengobati meningitis dan mencegah komplikasi dari infeksi.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Meningitis.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Your Meningitis Treatment Team.