• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Sindrom Noonan Ditangani?

Bagaimana Cara Sindrom Noonan Ditangani?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Salah satu kelainan genetik yang bisa menyerang anak adalah sindrom noonan. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan pada beberapa bagian tubuh menjadi tidak normal. Sindrom ini bisa mengakibatkan pengidapnya memiliki bentuk wajah yang tidak normal, mengalami kelainan pertumbuhan dan postur tubuh, serta cacat jantung.

Kabar buruknya, hingga kini belum ada metode pengobatan yang secara pasti bisa mencegah maupun mengobati penyakit ini. Sindrom nooman disebabkan oleh mutasi genetik. Kendati begitu, ada beberapa penanganan yang bisa diberikan untuk mengatasi gejala yang muncul dan mencegah kondisi ini menjadi semakin buruk. Lantas, bagaimana cara sindrom nooman ditangani? Simak jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Deteksi Dini Sindrom Noonan dengan Tes Genetik Molekuler

Penanganan Sindrom Nooman 

Seperti dikatakan sebelumnya, belum ada pengobatan yang bisa mengatasi kondisi ini. Namun, penanganan perlu diberikan sesuai dengan gejala atau kondisi yang muncul akibat sindrom nooman, di antaranya: 

  • Cacat Jantung

Sindrom noonan bisa menyebabkan seseorang mengalami cacat jantung. Untuk menangani kondisi ini, disesuaikan dengan tipe kondisi yang muncul. Pengidap sindrom nooman bisa mengalami stenosis katup pulmonal yang dalam kondisi ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kondisi ini tergolong berat, dokter akan melakukan pembedahan guna melebarkan katup yang menyempit atau menggantinya.

Cacat jantung juga meliputi hypertrophic cardiomyopathy. Kondisi ini biasanya diobati dengan obat penghambat beta. Namun pada kondisi tertentu, mungkin akan dilakukan pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan kelebihan otot jantung. Masalah cacat jantung lain mungkin akan terjadi, untuk menanganinya, dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan. 

  • Pertumbuhan Lambat 

Kondisi lain yang juga bisa muncul adalah pertumbuhan anak lambat. Dalam menanganinya, dokter akan rutin memeriksa tinggi serta berat badan anak. Jika anak menunjukkan gejala sindrom noonan, dokter akan menganjurkan terapi hormon yang biasanya dimulai pada usia 4–5 tahun.

  • Gangguan Pergerakan Mulut 

Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pergerakan mulut akibat lemahnya otot mulut. Hal ini kemudian juga akan mengganggu kemampuan anak dalam berbicara dan makan. Untuk menanganinya, dokter akan menyarankan latihan khusus alias terapi. Tujuannya untuk melatih otot-otot yang ada di mulut agar dapat digunakan secara efektif.

Baca juga: Pengidap Sindrom Noonan Berisiko Alami Kelainan Jantung Ini

  • Gangguan Penglihatan dan Pendengaran

Pengidap sindrom noonan rentan mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran. Untuk menangani gangguan penglihatan yang dialami, pengidap penyakit ini disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan mata setiap 2 tahun. Penglihatan yang menjadi tidak jelas alias kabur biasanya dapat diatasi hanya dengan pemberian kacamata. Namun, ada kemungkinan kondisi ini berkembang menjadi berbahaya, seperti katarak. Jika itu yang terjadi, dokter akan menganjurkan tindakan operasi. 

Selain penglihatan, pemeriksaan rutin juga dilakukan jika pengidapnya mengalami gangguan pendengaran. Pemeriksaan pendengaran umumnya dilakukan secara rutin tiap tahun. Terapi obat mungkin diberikan untuk mengatasi gejala gangguan pendengaran. Namun, pembedahan dapat dilakukan apabila gangguan pendengaran yang dirasakan pasien disebabkan oleh bentuk tulang yang tidak normal pada telinga bagian dalam.

  • Gangguan Sistem Limfatik 

Sindrom noonan juga bisa memicu pengidapnya mengalami gangguan sistem limfatik. Penanganan pada gangguan sistem limfatik akan disesuaikan dengan kondisi dan lokasi kerusakan yang terjadi.

Baca juga: Komplikasi Sindrom Noonan yang Perlu Diketahui

Cari tahu lebih lanjut seputar sindrom noonan dan bagaimana cara menanganinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Noonan Syndrome. 
Web MD. Diakses pada 2020. What is Noonan Syndrome?
NHS Choices. Diakses pada 2020. Noonan Syndrome.