• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara yang Tepat Memandikan Anjing ?

Bagaimana Cara yang Tepat Memandikan Anjing ?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Bukan manusia saja, anjing juga butuh rutin dimandikan supaya terhindar dari berbagai risiko masalah kulit. Memandikan anjing bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk kamu dan hewan kesayangan. Walau begitu, kamu tidak boleh asal memandikan anjing, apalagi jika hewan kesayanganmu ini adalah anjing ras. Ada beberapa teknik tertentu yang harus kamu perhatikan agar bulunya terawat dengan baik. 

Misalnya, selalu sikat bulunya terlebih dahulu sebelum membasahinya. Ini akan menghilangkan rambut kusut atau rontok dari bulunya dan juga akan mempermudah pembersihan dengan sampo. Tingkat pH dalam sampo juga harus diperhatikan. Jangan pernah sekali-kali menggunakan sampo untuk manusia atau sabun sembarangan untuk memandikan anjing, ya!. Nah, berikut beberapa tips lain yang wajib kamu perhatikan. 

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

Cara Tepat Memandikan Anjing Ras

Ketika kamu sudah memilih tempat yang tepat dan produk perawatan terbaik, berikut langkah-langkah yang harus kamu perhatikan dalam memandikan anjing:

  • Bujuk atau letakkan anjing di bak mandi atau tempat cuci. Kamu bisa membujuknya dengan memberikan camilan atau mainan keseukaannya. 
  • Encerkan sampo dengan air. Coba tambahkan sedikit sampo ke dalam mangkuk berisi air atau taruh sampo di botol yang sudah berisi sedikit air. Mengencerkan sampo membantu mengeluarkan busa agar menyebar lebih baik.
  • Basahi anjing dengan air hangat. Periksa suhu air dengan tangan dan pastikan suhunya suam-suam kuku.
  • Keramas anjing dua kali. Keramas yang pertama bertujuan untuk mengikat kotoran dan membantu membuangnya. Sedangkan keramas kedua berfungsi untuk mencuci kulit dan mengeluarkan semua kotoran dan minyak yang tersisa di rambut. Pastikan untuk tidak mengabaikan tempat-tempat seperti bantalan kaki, ketiak, dan perut. Sembari mengusapkan sampo, pijat-pijat tubuhnya secara lembut.

Baca juga: Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

  • Hati-hati saat mencuci kepalanya. Mencuci kepala anjing adalah salah satu bagian tersulit dari proses memandikan anjing. Jangan sampai terkena sabun atau air di area sensitif seperti telinga, hidung, dan mata anjing. Celupkan kain ke dalam air sabun, kemudian cuci kepala dan wajah anjing dengan hati-hati, lalu celupkan waslap bersih ke dalam air jernih dan gunakan untuk membilasnya.
  • Gunakan kondisioner. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas.
  • Bilas bersih sampai tidak ada lagi produk yang menempel di bulunya. Jika sabun tidak dikeluarkan seluruhnya, maka sabun akan menempel di kulit dan bisa mengiritasi.

Apa yang Harus Dilakukan setelah Mandi?

Tentunya kamu harus mengeringkan anjing dengan handuk sebaik mungkin. Setelah cukup kering, gunakan pengering rambut khusus anjing atau manusia dengan pengaturan sedang atau dingin. Kamu juga bisa menyikat anjing saat bulunya mengering. Jika ia tidak terlalu menggigil, kamu dapat mengeringkan anjing dengan udara biasa. 

Baca juga: Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jika kamu mengeringkan anjing dengan udara, sisir setiap 10 atau 15 menit sekali untuk membantu mencegah bulunya menggumpal. Kalau kamu masih merasa bingung dan kesulitan, kamu bisa kok langsung bertanya ke dokter hewan lewat aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call. Mudah sekali bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Daily Paws. Diakses pada 2020. A Pro Groomer’s Top Tips on How to Properly Bathe a Dog.
Pedigree. Diakses pada 2020. How to: Bathing your dog.