• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Penanganan Flu pada Kucing Peliharaan?

Bagaimana Penanganan Flu pada Kucing Peliharaan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Flu pada kucing peliharaan harus ditangani dengan tepat. Sebab, kondisi ini bisa memengaruhi kesehatan kucing secara keseluruhan. Secara umum, flu pada kucing ditandai dengan gejala bersin, hidung berlendir, serta mata memerah dan berair. Flu adalah jenis penyakit yang cukup umum menyerang kucing peliharaan. Lantas, apa yang harus dilakukan saat kucing peliharaan mengalami flu? 

Penting untuk mengetahui apa saja tanda dan gejala flu pada kucing. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara pengobatan yang tepat agar penyakit ini tidak memburuk. Saat kucing mengalami flu, salah satu cara penanganan yang bisa dilakukan adalah berusaha membuat kondisi tubuhnya kembali sehat. Nah, biar lebih jelas cari tahu seputar cara menangani flu kucing di artikel berikut ini!

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Mengatasi Penyakit Flu pada Kucing

Saat kucing mengalami flu, ada beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan. Di antaranya: 

1.Bersihkan Tubuh Kucing 

Saat flu menyerang, penting untuk membersihkan tubuh kucing, terutama mata dan hidung. Sebab, flu pada kucing bisa membuat bagian tubuh tersebut kotor dan berlendir. Saat mengalami flu, mata dan hidung kucing menjadi lebih sering mengeluarkan kotoran akibat adanya peradangan. Tidak membersihkan mata dan hidung kucing bisa membuat kotoran bertumpuk dan membuat kucing tidak nyaman. 

2.Jangan Dimandikan 

Hindari memandikan kucing yang sedang flu. Meski kebersihan tubuh kucing harus terjaga, memandikan kucing mungkin bisa membuat kondisi memburuk. Sebab, tubuh kucing yang sedang flu harus tetap hangat. Sebagai gantinya, kamu bisa membersihkan kucing peliharaan dengan lap yang sudah dibasahi atau direndam air hangat. Bersihkan tubuh kucing secara menyeluruh untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit dan mempercepat penyembuhan. 

3.Cukup Istirahat

Agar flu pada kucing cepat sembuh, pastikan peliharaan cukup beristirahat. Hal ini bisa membantu mempercepat pemulihan dan penyembuhan flu. Pastikan kucing beristirahat di tempat yang nyaman dan bersih. 

Baca juga: Ini Lho Bahaya Flu Kucing bagi Manusia

4.Jemur di Bawah Sinar Matahari

Penyembuhan flu pada kucing juga bisa menjadi lebih cepat dengan bantuan sinar matahari. Sebab, hal ini bisa membantu membasmi kuman penyebab penyakit flu pada kucing. Kamu bisa membunuh kuman penyebab penyakit ini dengan menjemur kucing selama beberapa saat. Hal ini juga bisa membantu menjaga kehangatan tubuh kucing peliharaan. Disarankan untuk menjemur kucing di pagi hari, sekitar pukul 8-9 selama 10-15 menit. Sinar matahari pagi sangat baik untuk meningkatkan kekebalan kucing sehingga bisa mempercepat penyembuhan dari flu.

5.Asupan Bernutrisi 

Memberikan asupan makanan yang bernutrisi juga bisa mempercepat penyembuhan flu pada kucing. Kucing membutuhkan asupan nutrisi yang banyak, terutama sakit sakit. Agar flu kucing cepat reda, berikan makanan yang memiliki kandungan vitamin B dan nutrisi lainnya. 

Selain menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kucing, penting juga untuk menjaga kebersihan pemilik dan lingkungan sekitar. Meski flu dari kucing tidak bisa ditularkan ke manusia, menjaga kebersihan tetap perlu dilakukan. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengurus tubuh kucing yang sedang flu. 

Baca juga: Waspada, Ini Bahaya Alergi Terhadap Bulu Kucing

Kalau gejala flu pada kucing tidak membaik atau malah memburuk, sebaiknya segera bawa ke klinik atau dokter hewan terdekat. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa menghubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi 
Pro Plan. Diakses pada 2020. 5 Cara Terbaik Mengobati Kucing yang Terserang Flu.
Pro Plan. Diakses pada 2020. Saat Kucing Terserang Flu, Bagaimana Penanganannya?