• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Prosedur Psikoterapi Dilakukan untuk Pengidap Skizofrenia?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Prosedur Psikoterapi Dilakukan untuk Pengidap Skizofrenia?

Bagaimana Prosedur Psikoterapi Dilakukan untuk Pengidap Skizofrenia?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Mei 2021
Bagaimana Prosedur Psikoterapi Dilakukan untuk Pengidap Skizofrenia?

Halodoc, Jakarta – Skizofrenia adalah penyakit mental serius yang membuat seseorang menerjemahkan realita secara tidak normal. Gangguan jiwa ini bisa menyebabkan pengidap mengalami kombinasi halusinasi, delusi, dan memiliki pemikiran serta perilaku yang sangat tidak teratur. Kondisi ini mengganggu pengidap untuk berfungsi sehari-hari, bahkan bisa melumpuhkan.

Sayangnya, skizofrenia tidak bisa disembuhkan, namun perawatan dini bisa membantu mengendalikan gejalanya sebelum komplikasi serius berkembang, serta bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pengidap. Nah, salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati skizofrenia adalah psikoterapi. Lantas, seperti apa prosedur psikoterapi yang akan dijalani oleh pengidap skizofrenia? Berikut ulasannya.

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Skizofrenia yang Perlu Diketahui

Jenis Psikoterapi untuk Skizofrenia 

Perawatan skizofrenia bertujuan untuk mengelola gejala. Pengidap skizofrenia mungkin perlu menjalani pengobatan untuk waktu yang lama, bahkan mungkin seumur hidup. Psikoterapi, yaitu sejenis terapi bicara, merupakan bagian penting dari pengobatan skizofrenia yang bisa membantu pengidap untuk memahami dan mengelola gejalanya. 

Berikut beberapa jenis psikoterapi yang bisa dilakukan pengidap skizofrenia:

1.Psikoterapi Individu

Psikoterapi individu untuk mengobati skizofrenia melibatkan beberapa sesi terjadwal yang dilakukan secara teratur antara pengidap dengan ahli kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog. Sesi-sesi tersebut mungkin berfokus pada masalah, pengalaman, pikiran, perasaan dan hubungan pengidap saat ini atau masa lalu. 

Dengan membicarakan hal-hal tersebut dengan seorang profesional yang berpengalaman, pengidap skizofrenia lambat laun bisa memahami lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan masalah mereka.

Ahli kesehatan mental akan mengajarkan pengidap bagaimana cara mengatasi pikiran dan perilaku mereka tersebut. Pengidap juga akan belajar membedakan antara apa yang nyata dengan yang tidak nyata dan yang menyimpang. Jenis psikoterapi ini bisa membantu pengidap untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

2.Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif bisa membantu pengidap skizofrenia mengubah pemikiran dan perilakunya. Ahli kesehatan mental akan memberi tahu cara-cara untuk mengatasi suara-suara dan halusinasi. Kombinasi sesi terapi perilaku kognitif dan pengobatan dapat pengidap bisa mengetahui apa yang memicu episode psikotik mereka (waktu ketika halusinasi atau delusi terjadi) dan bagaimana mengurangi atau menghentikannya.

3.Terapi Peningkatan Kognitif

Jenis terapi ini disebut juga remediasi kognitif. Terapi ini mengajarkan pengidap bagaimana untuk lebih mengenali isyarat sosial, atau pemicu, dan meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan untuk mengatur pikiran mereka. Terapi peningkatan kognitif menggabungkan pelatihan otak berbasis komputer dan sesi kelompok.

Baca juga: Gangguan Panik Bisa Diobati dengan Psikoterapi, Ini Faktanya

Prosedur Psikoterapi untuk Skizofrenia

Prosedur sebagian besar jenis psikoterapi kurang lebih sama. Terapis akan mendorong pengidap skizofrenia untuk membicarakan pikiran dan perasaannya dan apa yang mengganggunya. Terapis juga bisa membantu pengidap menjadi lebih percaya diri dan merasa nyaman seiring berjalannya waktu.

Karena psikoterapi terkadang melibatkan diskusi emosional yang intens, pengidap skizofrenia mungkin akan menangis, kesal atau bahkan marah dengan meledak-ledak selama sesi. Beberapa pengidap mungkin merasa lelah secara fisik setelah sesi. Namun, terapis akan siap membantu pengidap untuk mengatasi perasaan dan emosi tersebut.

Terapis mungkin juga akan meminta pengidap untuk melakukan “pekerjaan rumah”, seperti aktivitas atau praktik yang berkaitan dengan apa yang sudah dipelajari selama sesi terapi reguler. Seiring waktu, mendiskusikan kekhawatiran yang dirasakan bisa membantu meningkatkan suasana hati pengidap, mengubah cara berpikir dan perasaan pengidap tentang dirinya sendiri, dan meningkatkan kemampuan pengidap untuk mengatasi masalah.

Baca juga: Jenis Terapi untuk Atasi Skizofrenia Paranoid

Itulah penjelasan mengenai prosedur psikoterapi untuk pengidap skizofrenia. Selain psikoterapi, ahli kesehatan mental biasanya juga akan meresepkan obat-obatan untuk membantu pengidap mengontrol gejala gangguan mental tersebut. Nah, kamu bisa membeli obat yang diresepkan dokter melalui aplikasi Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar ke tempat kamu dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Schizophrenia Treatment:Types of Therapies and Medication.
Psych Central. Diakses pada 2021. Psychotherapy & Other Non-Medication Treatments for Schizophrenia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Psychotherapy.