• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimanakah Cara Kanker Pankreas Didiagnosis?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimanakah Cara Kanker Pankreas Didiagnosis?

Bagaimanakah Cara Kanker Pankreas Didiagnosis?

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Februari 2022

“Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di lapisan pankreas bermutasi hingga tak terkendali. Kondisi ini perlu dideteksi sedini mungkin agar bisa segera diobati. Semakin cepat diobati, peluang kesembuhannya semakin besar. Berikut prosedur yang bisa digunakan untuk mendiagnosis kanker pankreas.”

Bagaimanakah Cara Kanker Pankreas Didiagnosis?

Halodoc, Jakarta – Kanker pankreas sering kali sulit didiagnosis karena organ ini letaknya cukup jauh di dalam perut. Namun, mendeteksi kanker sedini mungkin penting dilakukan untuk mencegah perkembangan lebih lanjut. Pankreas adalah salah satu organ penting yang bekerja melepaskan enzim untuk membantu pencernaan dan mengelola gula darah. Munculnya tumor tentu dapat mengganggu proses tersebut. 

Adenokarsinoma duktus pankreas adalah jenis kanker yang paling umum menyerang pankreas. Jenis kanker ini dimulai pada sel-sel yang melapisi saluran pembawa enzim pencernaan keluar dari pankreas. Berikut prosedur pemeriksaan yang sering dilakukan untuk mendiagnosis kanker pankreas.

Diagnosis Kanker Pankreas

Kanker pankreas bisa sulit  didiagnosis karena letaknya jauh dalam perut dan tersembunyi di balik organ lain. Beberapa teknik diagnostik, termasuk tes pencitraan dan tes darah dapat dilakukan untuk mengidentifikasi sel-sel kanker di pankreas. Pemeriksaan dibawah ini bisa menjadi opsi untuk mendiagnosis kanker pankreas:

1. Pemindaian Computerized Tomography (CT-Scan)

Tes pencitraan ini menggabungkan peralatan sinar-X khusus dengan komputer untuk menghasilkan gambar di bagian dalam perut. Melalui CT-Scan, dokter dapat mendeteksi penyebaran kanker pankreas ke hati atau kelenjar getah bening di dekatnya. CT scan sering dilakukan untuk memantau pengidap kanker setelah perawatan untuk menentukan apakah kanker telah kambuh, berubah ukuran atau menyebar ke organ lain.

2. Pemindaian Positron Emission Tomography (PET)

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah kecil gula radioaktif yang disuntikkan melalui pembuluh darah sebelum tubuh dipindai. Gula radioaktif nantinya akan terkumpul di sel kanker, sehingga  muncul pada gambar. Tes ini tidak sespesifik CT scan dan tidak digunakan sendiri untuk mendiagnosis kanker pankreas. Biasanya, PET sering dikombinasikan dengan CT scan.

3. Pencitraan Resonansi Magnetik (MRI)

Pemindaian MRI menggunakan gelombang frekuensi radio dan medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar organ dan jaringan internal yang sangat jelas dan detail. Teknik ini telah terbukti efektif untuk diagnosis berbagai kondisi, termasuk kanker.

4. Ultrasound Endoskopi (EUS) dan Biopsi Jarum Halus

Selama prosedur ini, dokter akan memasukan endoskop ke dalam mulut. Endoskop adalah alat berupa tabung tipis yang dilengkapi oleh lampu. Di ujung endoskop terdapat perangkat yang dilengkapi  gelombang ultrasound untuk  menghasilkan pola gema saat memantul dari organ dalam. Pola ultrasonik ini dapat membantu mengidentifikasi kanker kecil yang tidak dapat dideteksi oleh CT scan. 

Endoskopi ini sering digunakan untuk membantu dokter dalam melakukan biopsi jarum halus. Melalui biopsi, dokter memasukkan jarum yang sangat tipis ke dalam pankreas untuk mengangkat sel-sel abnormal yang nantinya diidentifikasi melalui mikroskop. 

5. USG Transabdominal

Selama prosedur ini, dokter akan menempelkan perangkat ultrasound di perut untuk menghasilkan gambar pankreas. Namun, prosedur ini tidak seakurat jenis pemeriksaan lainnya. 

6. Kolangiopankreatografi Retrograde Endoskopi (ERCP)

Kamu pasti masih asing dengan jenis pemeriksaan yang satu ini. Melalui ERCP, dokter memasukan alat endoskopi melalui mulut pasien, turun melalui perut dan masuk ke bagian pertama dari usus kecil. Tabung kateter yang lebih kecil kemudian dimasukkan melalui endoskopi ke dalam saluran empedu dan saluran pankreas. Kemudian, pewarna disuntikkan melalui kateter ke dalam saluran sehingga sinar-X dapat menangkap gambar yang dibutuhkan.

7. Kolangiografi Transhepatik Perkutan (PTC)

Teknik ini digunakan untuk mengambil gambar dari saluran empedu yang mengalirkan hati. Pewarna disuntikkan melalui jarum tipis yang dimasukkan melalui kulit dan ke dalam hati sehingga sinar-X bisa menangkapnya. Melalui pemeriksaan ini, dokter bisa mendeteksi adanya penyumbatan yang bisa disebabkan oleh kanker. Namun, prosedur ini hanya dilakukan jika ERCP tidak dapat dilakukan.

8. Tes Darah CA 19-9

Tes darah ini dapat membantu diagnosis awal kanker pankreas. Kadar CA 19-9 dapat menunjukkan apakah pengobatan kanker efektif atau tidak. Bukan itu saja, tes darah ini juga bisa membantu deteksi perkembangan penyakit. Namun, hasil tes perlu dianalisis dengan cermat bersama dengan metode diagnostik lainnya.

9. Pemindaian Pankreas

Pemindaian pankreas adalah prosedur radiologi khusus yang digunakan untuk menilai pankreas dan mendeteksi keberadaan tumor. Selama prosedur radiologi, sejumlah kecil bahan radioaktif digunakan untuk membantu pemeriksaan pankreas. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk mengobati tumor ganas pankreas tertentu.

Jika kamu mengalami tanda-tanda kanker pankreas, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, rekomendasinya ada di bawah ini:  

  1. Dr. dr. Samuel Johny Haryono, Sp.B (K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. DR. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  1. dr. Saptadi Setya Basuki, Sp.B (K) Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Hermina Banyumanik, RSI Sultan Agung, RS dr. Soedjono Magelang. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  1. dr. Selamat Budijitno, M.Si.Med., Sp.B (K) Onk., FICS

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Telogorejo Semarang, Columbia Asia Hospital Semarang. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab segala pertanyaan kamu. Jangan tunda untuk menghubungi dokter sebelum kondisinya semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Pancreatic Cancer Diagnosis.
WebMD. Diakses pada 2022. Pancreatic Cancer Diagnosis and Early Detection.
National Health Services. Diakses pada 2022. Pancreatic cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pancreatic cancer.