• Home
  • /
  • 4 Bahan Alami untuk Redakan Asam Urat yang Kambuh

4 Bahan Alami untuk Redakan Asam Urat yang Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Bahan Alami untuk Redakan Asam Urat yang Kambuh

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang adalah asam urat. Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan pada sendi. Asam urat bisa memicu gejala yang muncul secara tiba-tiba, berupa rasa nyeri, serta pembengkakan pada sendi. Tingginya kadar asam urat yang berujung pada peradangan bisa dipicu oleh banyak hal. 

Asam urat bisa menyerang sendi mana pun pada tubuh, tetapi seringnya terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut. Naiknya kadar asam urat dalam tubuh seringnya terjadi karena konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, gangguan metabolisme, pengaruh penyakit, contohnya penyakit ginjal dan penyakit tiroid, efek samping pengobatan jangka panjang, hingga kecanduan alkohol. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Begini Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Mengatasi Asam Urat Secara Alami 

Sayangnya, asam urat tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, perlu dilakukan pengobatan untuk mengendalikan gejala dan mengurangi nyeri yang muncul. Asam urat membutuhkan pengobatan medis yang tepat, sehingga tidak mudah kambuh atau naik. Selain itu, kamu juga bisa menunjang pengobatan dengan memanfaatkan bahan alami. 

Nyatanya, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat. Penggunaan bahan alami disertai dengan perubahan pola hidup disebut ampuh untuk mengendalikan gejala asam urat. Berikut jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan asam urat!

  • Buah dan Sayur 

Salah satu cara alami untuk mengatasi asam urat adalah mengonsumsi makanan tertentu. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol kadar asam urat adalah buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin yang satu ini memang disebut bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Jenis buah yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar asam urat, di antaranya, jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka. Untuk sayuran, kamu bisa mencoba konsumsi bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

Baca juga: Bikin Nyeri Sendi, Begini Tips Mengobati Asam Urat

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai jenis makanan yang bisa membantu meredakan sendi. Ternyata, makanan ini juga bisa menjadi obat asam urat alami. Jahe memiliki kandungan antiradang, sehingga bisa meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan minum air rebusannya atau membuat teh jahe. 

  • Kunyit

Selain dengan jahe, asam urat ternyata juga bisa diatasi dengan kunyit. Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

  • Air putih

Mengonsumsi cukup air putih sudah terbukti bisa membantu mencegah gangguan kesehatan, salah satunya asam urat. Air putih bisa membantu membuang asam urat berlebih dari tubuh, salah satunya melalui urine. Dengan begitu, risiko penumpukan asam urat di dalam tubuh bisa dicegah.

Baca juga: Benarkah Asam Urat Bisa Disembuhkan Total?

Kendati begitu, asam urat yang malah menjadi semakin parah sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout Diet: What's Allowed, What's Not.
Healthline. Diakses pada 2020. Can I Treat the Symptoms of Gout with Turmeric?
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Home Remedies for Gout.