• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Body Scrub

4 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Body Scrub

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Eksfoliasi adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap terlihat cerah dan sehat. Untuk melakukannya, kamu disarankan untuk menggunakan body scrub atau lulur. Cara populer ini bertujuan untuk mengelupas kulit mati dan hampir semua orang pernah melakukannya. 

Body scrub pun banyak dijual di toko, sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun, kadang beberapa orang khawatir terhadap bahan kimia yang bisa terkandung pada produk body scrub. Kabar baiknya, kamu bisa membuat body scrub buatan sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di dapur kamu.

Baca juga: Rahasia Mencerahkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Lulur

Body Scrub dari Bahan-Bahan Alami

Melansir dari American Academy of Dermatology, pengelupasan kulit dapat membuat kulit lebih cerah karena proses ini menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Tindakan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang membantu kulit tetap kencang dan bercahaya. Selain itu, memijat kulit selama mengoleskan body scrub merupakan hal yang baik untuk bersantai dan merasa lebih tenang, terutama jika kamu merasa lelah atau stres.

Namun, jangan berlebihan untuk menggunakan body scrub. Kamu tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari karena bisa membuat kulit kamu menjadi kering, sensitif, dan teriritasi. Paling aman adalah melakukannya dua hingga tiga kali seminggu. Sementara jika kamu adalah pemilik kulit kering dan sensitif, maka dianjurkan hanya melakukannya satu minggu sekali. 

Baca juga: Begini Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Gelap

Nah, berikut ini bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat body scrub di rumah: 

  • Kopi

Kafein dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Konon, kopi juga masih menjadi bahan populer bagi banyak body scrub buatan rumah. Butirannya yang kecil lembut di kulit, dipercaya efektif menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit. Kamu bisa menyiapkan 1/2 cangkir bubuk kopi, 2 sendok makan air panas,dan 1 sendok teh minyak kelapa yang telah dihangatkan. Campurkan bubuk kopi dan air panas ke mangkuk dan aduk rata dengan sendok. Kemudian tambahkan minyak kelapa. Jika dirasa sudah pas, oleskan ke tubuh dengan cara dipijat lembut. Tunggu kira-kira 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

  • Gula Coklat

Gula coklat adalah bahan yang murah, mudah dibeli, dan bermanfaat untuk proses pengelupasan kulit. Gula coklat juga lebih lembut pada kulit daripada garam laut atau garam Epsom sehingga dapat digunakan untuk kulit sensitif. Butiran-butiran gula dapat membuat kulit terasa lengket, jadi pastikan untuk membilasnya dengan bersih setelahnya. Kamu bisa mencampurkan 1/2 gelas gula merah dengan 1/2 cangkir minyak pilihanmu (bisa minyak kelapa, jojoba, zaitun, almond, atau lainnya). Aduklah sampai merata. Setelah itu, oleskan ke tubuh, lalu bilas dengan air bersih. 

  • Madu dan Gula

Madu memiliki sifat antibakteri dengan kandungan antioksidan yang juga tinggi. Tidak hanya membantu memperbaiki jaringan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV, madu membantu membunuh kuman di kulit. Campurkan 1/2 gelas gula coklat dengan 1/4 minyak kelapa dan 2 sendok makan madu. Campur bahan-bahan secara menyeluruh, dan tambahkan lebih banyak minyak kelapa jika konsistensinya kurang pas. Lalu, oleskan ke tubuh dan bilas dengan air bersih.

  • Teh Hijau dan Gula

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk kulit. Kosmetik yang mengandung teh hijau diyakini dapat mengurangi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kamu bisa mencampurkan 2 kantong teh hijau yang diseduh dengan 1/2 gelar air panas, gula coklat, dan minyak kelapa. Aduk merata, namun pastikan tehnya dingin agar gula tidak larut. Tambahkan lebih banyak gula coklat agar konsistensinya sesuai. Setelah itu, oleskan dan pijatkan ke tubuh dan kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Untuk tips kecantikan lainnya, kamu bisa chat dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter berpengalaman di Halodoc akan membantu menjawab setiap permasalahan kesehatan yang kamu alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Looking for an Easy-to-Make Body Scrub? Try these 5 DIY Recipes.
Prevention. Diakses pada 2020. DIY Body Scrubs Dermatologists Want You to Slather on Your Skin.