• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Daki

Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Daki

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Daki

“Keberadaan daki di tubuh dapat mengganggu penampilan. Ini juga bisa jadi tanda bahwa kamu kurang menjaga kebersihan diri. Kabar baiknya, daki bisa dihilangkan dengan mandi secara teratur dan melakukan eksfoliasi dengan bahan-bahan alami.”

Halodoc, Jakarta – Kurang menjaga kebersihan tubuh bisa berujung pada timbulnya daki atau kotoran berwarna hitam pada kulit. Daki sebenarnya tidak membahayakan kesehatan, tetapi dapat mengganggu penampilan dan menjadi tanda bahwa kamu perlu membersihkan tubuh.

Cara menghilangkan daki juga cukup mudah, yaitu dengan mandi secara teratur setiap harinya. Agar lebih mudah hilang, kamu juga bisa melakukan exfoliasi, menggunakan lulur atau body scrub dari bahan-bahan alami, yang akan dijelaskan berikut ini!

Menghilangkan Daki dengan Body Scrub Alami

Eksfoliasi dengan body scrub dapat membantu menghilangkan daki dan lapisan sel kulit mati. Selain itu, ini juga dapat merangsang produksi kolagen, agar kulit lebih kencang dan cerah. 

Berikut ini beberapa body scrub dari bahan alami untuk membantu menghilangkan daki membandel:

  1. Body Scrub Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan populer yang sering digunakan untuk body scrub. Butiran-butiran kecilnya lembut di kulit, tetapi efektif mengangkat daki dan sel-sel mati dari permukaan kulit. 

Cara membuatnya pun mudah. Cukup mencampurkan bubuk kopi dan air panas di mangkuk, lalu tambahkan minyak kelapa. Kemudian, oleskan secara metara di kulit yang terdapat daki, dan bilas. 

  1. Body Scrub Gula Merah

Gula merah adalah bahan yang murah dan mudah didapat. Ini juga bisa jadi salah satu pilihan bahan untuk membuat body scrub alami untuk menghilangkan daki. Alasannya adalah karena gula merah lebih lembut di kulit daripada garam laut atau garam Epsom. 

Ini membuatnya menjadi bahan yang ideal untuk kulit sensitif. Butiran gula mungkin membuat kulit terasa lengket, jadi pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh setelah melakukan eksfoliasi.

Cara membuatnya, campurkan gula merah yang dihaluskan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Jika diinginkan, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial favorit kamu, dan aduk ke dalam campuran.

  1. Body Scrub Garam Laut 

Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu untuk beberapa kondisi kulit dan membantu menghilangkan daki. Gunakan garam laut halus, karena garam laut kasar bisa terlalu keras pada kulit. 

Body scrub garam laut mungkin terlalu abrasif untuk kulit sensitif. Juga, berhati-hatilah jika memiliki luka di kulit karena garam bisa menyengat. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan garam dan minyak zaitun atau minyak kelapa. 

  1. Body Scrub Gula dan Madu

Pilihan body scrub alami lainnya untuk menghilangkan daki adalah campuran gula dan madu. Sejak lama madu dipercaya memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antimikroba, sehingga bisa membantu mengatasi masalah kulit, atau sekadar membersihkan daki. 

Cara membuatnya juga mudah. Cukup campurkan madu dengan gula pasir dan minyak kelapa atau minyak zaitun. Lalu, oleskan secara merata ke bagian kulit yang ingin dibersihkan dari daki, dan bilas hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan daki. Dapat diketahui bahwa pada dasarnya daki bisa dihilangkan dengan mudah. Kamu hanya perlu menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur setiap harinya.

Agar lebih bersih, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu, dengan bahan-bahan alami yang tadi dijelaskan. Namun, jika mengalami masalah kulit lainnya, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter spesialis kulit di rumah sakit, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Looking for an Easy-to-Make Body Scrub? Try These 5 DIY Recipes.
WikiHow. Diakses pada 2021. How to Deep Clean Your Body.