• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Sariawan untuk Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Sariawan untuk Anak

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Sariawan untuk Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Februari 2022

“Sariawan pada anak memang sangat mengganggu kenyamanan Si Kecil, terlebih ketika makan dan minum. Biasanya, sariawan yang dialami anak bisa membaik dengan sendirinya dengan perawatan mandiri. Ibu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk obat sariawan anak.”

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Sariawan untuk AnakBahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat Sariawan untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Sariawan merupakan masalah kesehatan oral yang kerap terjadi pada siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak. Tidak seperti orang dewasa, sariawan yang dialami oleh bayi dan anak membuat mereka terkadang tidak mampu menahan rasa nyeri yang muncul. Akibatnya, anak pasti merasa sangat tidak nyaman, menolak makan, dan terkadang bisa menjadi sangat rewel. 

Meski begitu, ibu tidak perlu cemas. Pasalnya, sariawan yang terjadi pada anak bisa sembuh dengan menggunakan obat antijamur yang diresepkan oleh dokter. Jika sariawan tergolong ringan dan tidak memberikan efek yang membuat Si Kecil sangat tidak nyaman, ibu bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai obat sariawan anak. 

Pilihan Bahan Alami Sebagai Obat Sariawan Anak

Sariawan terjadi karena jamur Candida albicans yang tumbuh secara berlebihan dalam mulut. Memang benar, jamur ini menjadikan mulut dan saluran cerna manusia sebagai salah satu habitat hidup mereka. Akan tetapi, pertumbuhannya yang tak terkendali bisa memicu terjadinya banyak masalah kesehatan pada mulut dan gigi, salah satunya sariawan. 

Sariawan lebih rentan menyerang bayi dan anak yang punya imunitas tubuh lemah karena membuat tubuh lebih rentan mengalami tumbuhnya jamur yang berlebihan dan tidak mampu dikendalikan. Beberapa kasus sariawan yang terjadi pada bayi dan anak tidak membutuhkan penanganan medis, tetapi bisa diredakan dengan memanfaatkan bahan alami di rumah sebagai obat sariawan anak. Berikut beberapa pilihannya: 

  1. Baking Soda

Natrium bikarbonat atau lebih akrab disebut sebagai baking soda punya banyak manfaat, salah satunya bisa membantu meredakan gejala sariawan yang pastinya sangat mengganggu. Guna bisa mendapatkan manfaatnya, ibu cukup melarutkan baking soda sebanyak setengah sendok teh dalam gelas yang berisi air hangat. Lalu, sentuhkan larutan tadi dengan kapas dan usapkan pada bagian mulut yang mengalami sariawan. 

Sementara pada bayi, ibu bisa mengobati sariawan dengan bahan alami ini dengan cara mengoleskan pasta baking soda pada puting sebelum memberikan ASI pada bayi. Lalu, untuk anak yang usianya sudah lebih besar, air larutan baking soda bisa langsung dipakai untuk berkumur. 

  1. Yoghurt

Bakteri sehat atau probiotik yang terkandung dalam yoghurt bisa membantu menjaga keseimbangan pertumbuhan jamur pada mulut anak. Artinya, bahan satu ini secara efektif mampu mencegah sariawan menyebar ke area mulut lainnya. Pastikan pilih yoghurt tawar yang tidak mengandung pemanis atau perasa tambahan, ya!

Pasalnya, jamur Candida yang mengakibatkan sariawan sangat menyukai gula. Apabila usia anak masih belum cukup untuk bisa mengonsumsi yoghurt, ibu bisa membantunya dengan mengoleskan yoghurt dengan menggunakan kapas pada area mulut anak yang mengalami sariawan. Selain itu, pemberian probiotik yang aman untuk bayi juga bisa membantu, lho!

  1. Air Garam

Selain sebagai antiseptik atau pembunuh kuman dan bakteri, air garam juga bisa membantu meringankan gejala sariawan yang sangat membuat tidak nyaman. Larutkan satu setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu gunakan kapas untuk mengoleskan larutan tersebut pada bagian mulut anak yang mengalami sariawan. Jika usia anak sudah lebih besar, ibu bisa memintanya untuk berkumur dengan menggunakan larutan air garam tersebut. 

  1. Minyak Kelapa

Bahan alami satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk obat sariawan anak karena kandungan asam kaprilat yang dimilikinya. Oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian mulut anak dan bayi dengan menggunakan kapas. Namun, pastikan sang buah hati tidak memiliki alergi dengan kepala, ya!

Itu tadi empat bahan alami yang bisa dipakai sebagai alternatif obat sariawan anak. Jika sariawan yang dialami Si Kecil tidak membaik, ibu bisa segera memeriksakan kondisinya ke rumah sakit terdekat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan booking rumah sakit, pastikan ibu sudah download aplikasi Halodoc terlebih dahulu di ponsel ibu, ya!

Referensi: 
Medicine Net. Diakses pada 2022. How Can I Treat My Baby’s Thrush at Home?.
Parents. Diakses pada 2022. Home Remedies for Thrush in Babies.
Healthline. Diakses pada 2022. Oral Thrush: 10 Home Remedies to Manage Your Symptoms