23 April 2019

Bahaya, Ini 5 Tanda Kalau Memiliki Toxic Friend

Bahaya, Ini 5 Tanda Kalau Memiliki Toxic Friend

Halodoc, Jakarta - Sebagai makhluk sosial, sahabat menjadi salah satu kebutuhan manusia. Memiliki sahabat merupakan hal yang baik bagi kesehatan mental, mengingat banyak kasus depresi yang bermula dari rasa kesepian dan tidak adanya teman untuk berbagi kisah. Namun, bagaimana jika sahabat yang kita miliki ternyata adalah toxic friend? Kenali tanda-tandanya berikut:

1. Mereka Tidak Pernah Bertanya tentang Dirimu

Dalam menjalani suatu hubungan, termasuk hubungan persahabatan, keseimbangan adalah hal yang sangat diperlukan. Jika kamu memiliki sahabat, tetapi dia selalu hanya berbicara tentang dirinya sendiri, tanpa pernah bertanya atau menunjukkan rasa antusias saat kamu bercerita tentang diri kamu, bisa dipastikan itu tanda bahwa sahabatmu adalah toxic friend.

2. Tidak Pernah Memberikan Kritik yang Membangun

Seorang sahabat tidak harus berpikir bahwa semua yang kamu lakukan adalah hal yang luar biasa. Mereka justru perlu memberikan kritik yang membangun, saat ada sesuatu yang salah dari dirimu. Sahabat sejati tidak akan membuat sahabatnya terjerumus dalam hal yang salah. Memberi kritik yang membangun merupakan salah satu tanda bahwa ia peduli dan menginginkan yang terbaik untuk sahabatnya.

Baca juga: Ini Manfaat Tersembunyi Bergosip Bersama Sahabat

3. Tidak Suka Melihat Keberhasilanmu

Tidak hanya keluarga, sahabat yang benar-benar peduli dan menyayangimu tentu akan turut berbahagia jika melihat kamu berhasil dalam sesuatu. Namun, jika kamu memiliki sahabat yang sepertinya selalu ingin berada selangkah lebih maju atau tidak suka melihat kamu berhasil, sebaiknya tinggalkan saja deh. Itu tanda bahwa dia bukan sahabat yang baik, tetapi hanyalah toxic friend.

4. Mereka Membuatmu ‘Terkuras’, Bukannya Berenergi

Menghabiskan waktu dengan sahabat sejati seharusnya membuat kamu merasa antusias, bersemangat, bahkan terinspirasi. Namun, seorang toxic friend justru akan melakukan hal yang sebaliknya. Membuat kamu lemah, baik secara emosional maupun fisik. Jika kamu cenderung merasa cemas, kesal, lelah, stres, atau bahkan depresi setelah berbicara dengan mereka, hubungan kalian mungkin memiliki masalah.

5. Selalu Gugup dan Takut Melakukan Hal yang Salah di Depan Mereka

Sahabat sejati adalah orang yang membuat kamu merasa nyaman menunjukkan setiap sisi dari dirimu di depan mereka, secara apa adanya. Namun, ketika kamu selalu merasa gugup dan takut akan melakukan atau mengatakan hal yang mungkin tidak disukai sahabatmu, bisa jadi itu tanda hubungan kalian kurang sehat.

Baca juga: Cara Pintar Agar Kamu Engga Keburu Baper dengan Pacar Sahabat

Harus Bagaimana?

Tidak ingin berurusan dengan hubungan yang membuat kamu merasa buruk, tetapi masih ragu untuk mengakhirinya? Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat membantu:

  • Bicara dari hati ke hati. Ungkapkan perasaan dan penilaian kamu tentang dirinya dan hubungan persahabatan kalian, tanpa menuduh.
  • Dengarkan pendapat mereka. Alih-alih memberi tahu sahabat kamu bahwa dia selalu mengabaikanmu ketika kamu berbicara, cobalah sesuatu seperti, "Kadang-kadang ketika kita berbicara, sepertinya kamu tidak mendengarkan saya. Benarkah itu?”. Ini akan memberinya kesempatan untuk mengungkapkan hal-hal dari sudut pandangnya.
  • Akhiri hubungan dengan baik-baik, jika membicarakannya tidak berhasil. Sudah mencoba membicarakannya baik-baik, tetapi sahabat kamu ternyata tidak menunjukkan reaksi yang baik? Jangan pernah takut untuk mengakhiri persahabatan. Namun, jangan lantas jadi menutup diri. Bersikap terbukalah pada persahabatan baru dengan orang-orang baru, yang mungkin lebih baik dari sahabatmu kini.

Baca juga: Menjalin Cinta dengan Mantan Sahabat, Bolehkah?

Itulah sedikit penjelasan tentang toxic friend, tanda dan cara mengatasinya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!