• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahaya Masturbasi Berlebihan pada Kesehatan Penis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahaya Masturbasi Berlebihan pada Kesehatan Penis

Bahaya Masturbasi Berlebihan pada Kesehatan Penis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2022

“Masturbasi berlebihan bisa menyebabkan banyak dampak buruk pada penis, seperti menyebabkan nyeri, edema, dan lain-lain. Tidak hanya itu, perilaku seksual yang berlebihan tersebut juga bisa menyebabkan kecanduan seks dan mengganggu hubungan dan juga kehidupan seseorang.”

Bahaya Masturbasi Berlebihan pada Kesehatan PenisBahaya Masturbasi Berlebihan pada Kesehatan Penis

Halodoc, Jakarta – Ada tantangan atau challenge yang saat ini sedang ramai di media sosial TikTok, yaitu DDD challenge. Merupakan singkatan dari “Destroy Dick December”, tantangan ini ditujukan pada para pria untuk melakukan masturbasi selama satu bulan yakni selama bulan Desember.

Tantangan seperti DDD biasanya digunakan untuk menarik penonton atau pengunjung media sosial. Namun, melakukan masturbasi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan penis mereka yang melakukannya. 

Bahaya Masturbasi Berlebihan pada Penis

Menurut banyak peneliti, masturbasi dianggap sebagai perilaku seksual yang sehat dan merupakan proses yang sepenuhnya normal bagi semua orang. Bagi pria, aktivitas seksual tersebut bisa menjadi pereda stres. Namun, bila dilakukan secara berlebihan, masturbasi bisa berbahaya bagi kesehatan penis.

Menurut berbagai penelitian, pria tidak boleh melakukan masturbasi lebih dari 2 hingga 3 kali seminggu. Nah, mengikuti tantangan DDD dengan masturbasi sebanyak 31 kali dalam sebulan bisa menyebabkan banyak dampak buruk pada penis. Berikut bahaya masturbasi berlebihan untuk kesehatan:

1. Melukai penis

Masturbasi adalah tindakan merangsang alat kelamin dengan cara seksual untuk mendapatkan orgasme. Melakukan aktivitas seksual tersebut terlalu sering, atau terlalu kencang dan terburu-buru bisa menyebabkan rasa sakit dan memar pada penis.

2. Menyebabkan edema

Bahaya masturbasi berlebihan dalam waktu yang singkat juga bisa menyebabkan edema. Kondisi ini adalah pembengkakan pada penis yang terjadi akibat ada banyak cairan yang terperangkap dalam jaringan alat vital tersebut. Edema biasanya baru akan menghilang setelah beberapa hari.

3. Kandungan sperma berkurang

Masturbasi yang dilakukan terlalu sering, bahkan sampai setiap hari, berisiko membuat kandungan sperma pada air mani menjadi berkurang, akibat terlalu sering ejakulasi. Hal itu bisa memengaruhi kesuburan pria.

4. Berkurangnya sensitivitas

Bila pria melakukan masturbasi yang sering dan dengan metode agresif yang melibatkan cengkraman terlalu erat pada penisnya, lama kelamaan hal itu bisa mengurangi sensasi atau sensitivitas seksual dari organ vital tersebut.

5. Menyebabkan ejakulasi prematur

Bahaya masturbasi yang berlebihan juga dikaitkan dengan ejakulasi prematur. Sangat sulit bagi pria untuk mengontrol pelepasan sperma mereka saat berhubungan seks bila mereka terlalu banyak masturbasi. Sebab, saraf penis yang distimulasi secara berlebihan bisa menyebabkan ejakulasi prematur.

Tidak hanya pada kesehatan penis, bahaya masturbasi berlebihan juga bisa memengaruhi kesehatan mental, yaitu menyebabkan kecanduan seks. Secara bertahap, mereka bisa memiliki perilaku seks yang berlebihan dan hal itu bisa:

  • Mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Mengganggu sekolah, pekerjaan, dan lain-lain.
  • Berdampak buruk pada hubungan romantis dengan pasangan, maupun hubungan dengan keluarga dan teman-teman, karena berkurangnya waktu berkualitas dengan mereka.

Masturbasi adalah hal yang aman dan sehat untuk dilakukan. Namun, bila dilakukan secara berlebihan, masturbasi bisa membahayakan penis, bahkan menghancurkan kehidupan seksual. 

Masturbasi terlalu sering selama satu bulan bisa mengurangi kemampuan orgasme saat berhubungan seksual. Hal itu mungkin juga akan memengaruhi kemampuan melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Jadi, hindari melakukan masturbasi secara berlebihan. Bila kamu kesulitan untuk mengendalikan hasrat untuk masturbasi, berbicaralah pada dokter, konselor atau terapis seks untuk mengetahui cara mengatasi perilaku seksual tersebut. 

Kamu juga bisa mengalihkan hasrat untuk masturbasi dengan berolahraga, menulis jurnal atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Untuk cek kebutuhan obat dan vitamin untuk mengatasi masalah kesehatan kamu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. 

Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2022. What Are The Side Effects Of Excessive Masturbation?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Are there side effects to masturbation?
Kompas. Diakses pada 2022. Viral Tantangan Masturbasi DDD Challenge di Medsos, Apa Itu?