• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahaya Penyakit Paru Kronis Kambuh saat sedang Bekerja

Bahaya Penyakit Paru Kronis Kambuh saat sedang Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bahaya Penyakit Paru Kronis Kambuh saat sedang Bekerja

Halodoc, Jakarta - Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang terbilang rentan untuk mengalami gangguan, terutama dari kebiasaan buruk yang rutin dilakukan seperti merokok. Salah satu jenis masalah pada organ tersebut yang dapat terjadi adalah penyakit paru kronis. Saat kambuh, penyakit ini dapat menimbulkan masalah yang besar bahkan kematian jika dibiarkan. Hal ini juga dapat terjadi ketika bekerja. Apa saja bahaya yang dapat terjadi? Baca di sini!

Segala Bahaya dari Kekambuhan Penyakit Paru Kronis saat Bekerja

Penyakit paru kronis adalah gangguan pada organ utama dari alat pernapasan manusia yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Awal dari penyakit ini disebabkan oleh oksigen yang kesulitan untuk mengalir sehingga asupan oksigen ke seluruh tubuh tidak tercukupi. Aliran udara yang bermasalah umumnya terjadi secara tiba-tiba, sehingga segala macam dampak berbahaya dapat terjadi.

Penyakit yang dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru ini terjadi dalam waktu yang panjang, terlebih jika tidak mendapatkan pengobatan. Penyakit paru kronis dapat terjadi akibat adanya halangan pada aliran udara dari paru-paru karena terhalang oleh pembengkakan, lendir, atau dahak. Hal ini dapat menyebabkan pengidapnya untuk kesulitan untuk bernapas.

Baca juga: Ini 5 Penyakit pada Paru-Paru yang Perlu Diwaspadai

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa bahaya yang dapat timbul akibat penyakit paru kronis, terutama saat sedang bekerja. Dengan begitu, orang-orang sekitar yang sudah tahu jika kamu mengidap penyakit ini dapat segera waspada akan bahaya yang mungkin terjadi. Nah, berikut ini beberapa bahayanya:

1. Kesulitan untuk Bernapas

Salah satu bahaya yang dapat terjadi akibat penyakit paru kronis adalah pengidapnya dapat kesulitan untuk bernapas. Hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi akibat pneumonia saat tubuh berusaha tidak dapat menghilangkan masalah tersebut. Akhirnya, alveoli menjadi berisi cairan dan nanah yang membuat sirkulasi udara di dalam tubuh terganggu. Jika hal ini dibiarkan, segala dampak buruk mungkin saja sulit dihindari. Selain pneumonia, masalah ini juga dapat disebabkan oleh penyakit asma.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronis

2. Nyeri pada Dada

Seseorang yang telah mengalami penyakit paru-paru dalam waktu yang lama atau disebut juga dengan kronis, dampaknya dapat terasa pada area di sekitarnya. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah penyakit jantung. Hal ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok yang akhirnya mengganggu kerja jantung bahkan menimbulkan serangan jantung. Saat jantung terganggu, kamu mungkin merasakan nyeri pada dada.

3. Detak Jantung Cepat

Kamu juga dapat mengalami hipertensi pulmonal, yaitu tekanan darah tinggi pada paru-paru. Berbeda dengan tekanan darah biasa, masalah ini hanya memengaruhi pembuluh darah antara jantung dan paru-paru. Penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah ini membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga tekanan darah di arteri dan kapiler paru juga meningkat. Hal ini dapat menimbulkan detak jantung menjadi cepat yang disertai sesak napas, nyeri dada, dan pusing.

Baca juga: Bronkitis Akut dan Kronis, Mana yang Menular?

Itulah beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat penyakit paru kronis. Maka dari itu, jika kamu kerap mengalami beberapa bahaya yang disebutkan, ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan paru-paru. Semakin dini penyakit ini didiagnosis dan diobati, semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan kesembuhan.

Kamu juga dapat melakukan pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan pada beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa menentukan sendiri jam dan rumah sakit yang diinginkan agar dapat menyesuaikan jadwal yang ada. Nikmati kemudahannya sekarang juga!


Referensi:
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Penyakit Paru Kronik.
Healthline. Diakses pada 2021. Chronic Lung Diseases: Causes and Risk Factors.