• Home
  • /
  • Ini Bahaya yang Muncul Ketika Tubuh Kekurangan Kalium

Ini Bahaya yang Muncul Ketika Tubuh Kekurangan Kalium

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Bahaya yang Muncul Ketika Tubuh Kekurangan Kalium

Halodoc, Jakarta - Penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan setiap harinya guna menjaga nutrisi pada tubuh. Kandungan-kandungan seperti protein, mineral, karbohidrat dan vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun, kamu juga perlu untuk memastikan tubuh kamu mendapatkan kandungan kalium yang cukup.

Seseorang yang tubuhnya mengalami kekurangan kalium akan mengalami kondisi hipokalemia. Ternyata, tubuh yang kekurangan kalium mampu menyebabkan beberapa bahaya. Dengan itu, penting untuk selalu memastikan tubuh kamu mendapatkan asupan kalium yang cukup. Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi saat tubuh kekurangan kalium!

Baca juga: Waspadai 5 Gejala Ini Saat Kekurangan Kalium

Bahaya yang Timbul saat Tubuh Kekurangan Kalium

Potasium atau kalium adalah salah satu elektrolit utama pada tubuh untuk memastikan sel-sel tubuh tetap berfungsi semestinya. Hanya ada 2 persen dari total kandungan tersebut pada tubuh yang tersedia pada aliran darah. Maka dari itu, perubahan keci lpada kadar kalium sangat dapat memengaruhi fungsi tubuh, sehingga aktivitas terganggu.

Kadar kalium pada darah yang normal berkisar antara 3,5 hingga 5,0 mEq/liter di dalam darah. Dengan asupan potasium yang normal, yaitu 70-100 mEq (270 hingga 390 mg/dl). Setiap harinya juga ginjal harus membuang jumlah yang sama. Jika lebih banyak yang terbuang daripada yang masuk, maka orang tersebut mengidap hipokalemia.

Kandungan kalium sangat penting untuk dijaga karena berhubungan dengan fungsi otot, saraf, dan jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan elektrolit tersebut juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tulang. Maka dari itu, kamu harus tahu bahaya yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan kandungan kalium. Berikut beberapa bahayanya:

  1. Rhabdomyolysis

Salah satu bahaya yang dapat terjadi sebagai dampak ketika tubuh kekurangan kalium atau hipokalemia adalah rhabdomyolysis. Gangguan ini terjadi ketika tubuh mengalami kerusakan atau kematian jaringan pada otot rangka. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan keluarnya isi serat otot ke dalam aliran darah. Hal ini dapat berkembang menjadi gagal ginjal akut.

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Kalium

  1. Ileus Paralitik

Ileus paralitik juga dapat terjadi sebagai bahaya yang disebabkan oleh pengeluaran zat kalium yang lebih rendah daripada yang diasup. Gangguan berbahaya tersebut berhubungan dengan terganggunya atau terjadinya kelumpuhan pada pergerakan usus. Penyakit ini dapat terjadi akibat masalah pencernaan yang terbilang parah.

  1. Gangguan pada Jantung

Hal berbahaya lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami kekurangan kandungan kalium adalah terjadinya gangguan pada jantung. Hal ini dapat berupa jantung yang terasa berdebar-debar karena berdetak lebih cepat atau keras. Kalium pada tubuh berguna untuk membantu tubuh mengatur detak jantung, jika kekurangan maka gangguan tersebut dapat terjadi. Selain itu, kamu juga mungkin saja mengidap aritmia atau detak jantung tidak teratur karena hipokalemia.

  1. Sulit Bernapas

Kamu juga dapat mengalami kesulitan bernapas sebagai dampak akibat kekurangan kalium di dalam tubuh. Kalium berguna untuk membantu mengirimkan sinyal yang akan merangsang paru-paru untuk melakukan fungsinya. Saat hipokalemia terjadi, paru-paru sulit berkembang dan berkontraksi yang berakibat pada sesak napas. Dampak yang berbahaya dapat terjadi adalah tubuh menghentikan fungsi paru-paru yang akhirnya tidak ada oksigen yang masuk ke tubuh.

Itulah beberapa dampak berbahaya yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami kekurangan asupan kalium pada tubuhnya. Penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan kamu layaknya lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, cobalah untuk mengurangi makanan yang berlemak agar tubuh lebih sehat.

Baca juga: Ini Alasan Wanita Rentan Alami Hipokalemia

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa dampak berbahaya yang dapat terjadi ketika tubuh kekurangan kalium. Dengan mendengarkan semuanya dari ahli medis profesional, tentu kamu langsung tahu apa yang harus dilakukan. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. Low Potassium (Hypokalemia) Symptoms, Causes, and Treatment.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Low Potassium Levels in Your Blood (Hypokalemia).