• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahayakah Telur Jika Dikonsumsi oleh Anjing Peliharaan?

Bahayakah Telur Jika Dikonsumsi oleh Anjing Peliharaan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Memperhatikan makanan yang tepat bagi anjing kesayangan menjadi hal penting yang perlu dilakukan agar kebutuhan nutrisi dan gizi anjing terpenuhi dengan baik. Bukan hanya bagi manusia, nyatanya telur juga menjadi salah satu makanan tepat yang bisa diberikan pada anjing untuk memenuhi kebutuhan protein.

Baca juga: Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memberikan telur pada anjing untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Diare dan obesitas menjadi hal yang mungkin terjadi jika kamu memberikan telur pada anjing dengan cara yang salah. Untuk itu, simak ulasannya di sini agar manfaat telur untuk anjing kesayangan dapat dirasakan dengan tepat!

Berikan Telur Matang pada Anjing Kesayanganmu

Jangan ragu memberikan telur untuk anjing kesayangan. Selama kamu memberikan telur dengan cara yang tepat, makanan ini justru dapat membantu menjaga kesehatan anjing.

Berikan telur ayam matang pada anjing kesayanganmu. Telur memiliki banyak kandungan baik bagi anjing. Mulai dari protein, asam lemak, hingga beberapa jenis vitamin. Tidak hanya itu, telur juga memiliki kandungan zat besi, folat, protein, selenium, vitamin A, hingga vitamin B12 yang dibutuhkan oleh anjing. Bahkan, beberapa nutrisi tersebut dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit serta bulu anjing.

Jangan sampai salah dalam memberikan telur ayam pada anjing. Sebaiknya berikan telur ayam organik agar anjing terhindar dari berbagai kandungan kimia yang dapat membahayakan kesehatannya.

Kamu bisa memberikan telur sebagai campuran makanan utama anjing. Selain itu, menambahkan telur rebus atau telur dadar yang sudah dipotong kecil di atas makanan utamanya. Hindari memasak telur dengan menggunakan garam, mentega, atau minyak.

Lalu, seberapa banyak porsi telur yang diperbolehkan untuk dikonsumsi anjing? Satu butir telur mengandung sekitar 60 kalori. Pemberian porsi telur yang tepat nyatanya akan berbeda pada tiap anjing dan disesuaikan dengan berat badan, usia, kondisi aktivitas fisik anjing, hingga kondisi kesehatan anjing.

Idealnya, anjing hanya boleh mengonsumsi satu telur per hari. Setelah itu, perhatikan kondisi kesehatan anjing. Jika anjing tidak mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, artinya kondisi anjing baik untuk mengonsumsi telur.

Namun, jika anjing mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya, segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung penanganan tepat pada dokter hewan mengenai keluhan kesehatan yang dialami oleh hewan kesayangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: 7 Variasi Makanan Sehat untuk Anjing Agar Tidak Bosan

Hindari Memberikan Telur Mentah pada Anjing

Sebaiknya hindari memberikan telur mentah pada anjing kesayanganmu. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh pemilik anjing saat memberikan telur mentah pada anjing, seperti:

1.Salmonella

Ketika anjing mengonsumsi telur mentah, kebiasaan ini akan meningkatkan risiko salmonellosis. Kondisi ini terjadi ketika anjing terinfeksi bakteri Salmonella. Salmonellosis menyebabkan anjing mengalami demam, muntah, diare, hingga lesu.

2.Kekurangan Biotin

Saat mengonsumsi telur mentah, kebiasaan ini dapat memicu anjing mengalami kekurangan biotin. Meskipun jarang terjadi, tetapi saat mengalami kondisi ini anjing dapat berisiko alami gangguan kesehatan yang buruk. 

Hal ini disebabkan kandungan avidin pada putih telur, yaitu enzim yang menghambat penyerapan biotin pada anjing. Padahal, biotin sendiri dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga pencernaan. 

3.Infeksi Bakteri

Memberikan telur mentah pada anjing dapat meningkatkan risiko paparan infeksi bakteri yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anjing.

4.Reaksi Alergi

Meskipun telur memiliki banyak manfaat bagi anjing, tetapi ada beberapa anjing yang rentan mengalami reaksi alergi terhadap pengonsumsian telur. Awasi anjing ketika mengonsumsi telur mentah maupun matang. Jika anjing mengalami kondisi bersin, pembengkakan, lebih sering menggaruk tubuhnya, lesu, mengalami masalah pernapasan, hingga batuk, waspadai kondisi ini karena bisa menjadi tanda alergi akibat telur.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

Itulah ulasan mengenai pemberian telur untuk anjing agar dilakukan dengan tepat. Jangan asal dalam memberikan makanan bagi hewan kesayangan karena dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada hewan tersebut.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Eggs?
Purina. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Eggs?
Pet MD. Diakses pada 2021. Can Dogs Eat Eggs?